.

Sabtu, 11 Agustus 2018

SIFAT-SIFAT BAHAN PELEDAK



@PROYEKG03

ABSTRAK

Bahan peledak industry adalah bahan peledak yang dirancang dan dibuatk husus untuk keperluan industri, misalnya industri pertambangan, sipil, dan industri lainnya, di luar keperluan militer. Sifat dan karakteristik bahan peledak (yang akan diuraikan pada pembelajaran 2) tetap melekat pada jenis bahanpeledak industri. Dengan perkataan sifat dan karakter bahan peledak industry tidak jauh berbeda dengan bahan peledak militer, bahkan saat ini bahan peledak industri lebih banyak terbuat dari bahan peledak yang tergolong ke dalam bahanpeledak berkekuatan tinggi (high explosives).

KEYWORDS: Bahan Peledak Industri,karakteristik bahan peledak

PENDAHULUAN

Bahan peledak (explosive) adalah bahan yang berbentuk padat, cair, menjadi zat-zat lain yang lebih stabil, yang sebagian atau seluruhnya berbentuk gas dan perubahan tersebut berlangsung dalam waktu yang sangat singkat disertai efek panas dan tekanan yang sangat tinggi. (Nurbudhi,1993:1)
Bahan peledak memiliki peranan yang tidak kalah pentingnya dalam bidang industri modern, misalnya dapat menaikkan produksi tambang batubara, kapur, bijih besi, emas, tembaga, dll. Selain itu juga untuk pembuatan jalan raya, waduk – waduk, bahkan untuk pertambangan minyak dan gas bumi.

PEMBAHASAN

Bahan peledak adalah barang yang relatif peka (Mudah terbakar/mudah meledak terhadap panas, api, benturan, gesekan dll). Oleh karena itu bahan peledak harus ditangani oleh orang – orang yang mengerti, penuh kewaspadaan, dan hati – hati serta disimpan ditempat yang dingin (suhu 0-350C) dimana bahan peledak yang higroskopis harus disimpan ditempat kering karena bahan peledak tersebut mudah rusak dengan adanya air (lembab).
Sifat bahan peledak mempengaruhi hasil peledakan, diantaranya yaitu :
  1. Kekuatan (Strength) Kekuatan suatu bahan peledak berkaitan dengan kandungan energi yang dimilikioleh bahan peledak tersebut dan merupakan ukuran kemampuan bahan peledaktersebut untuk melakukan kerja, biasanya dinyatakan dalam %.
  2. Kecepatan DetonasiKecepatan Detonasi (velocity of detonation = VOD) merupakan kecepatangelombang detonasi yang menerobos sepanjang kolom isian bahan peledak,dinyatakan dalam meter/detik. kecapatannya tergantung dari : jenis bahanpeledak (ukuran butir, bobot isi), diameter dodol (diameter lubang ledak), derajatpengurungan (degree of confinement), penyalaan awal (initiating)
  3. Kepekaan (Sensivity)Kepekaan (Sensivity) adalah ukuran besarnya impuls yang diperlukan oleh bahan peledak untuk mulai bereaksi dan menyebarkan reaksi peledakan keseluruh isian. Kepekaan ini tergantung pada : komposisi kimia, ukuran butir, bobot isi, pengaruh kandungan air, dan temperatur.
  4. Bobot Isi Bahan Peledak (density)Bobot Isi Bahan Peledak (density) adalah perbandingan antara berat dan volume bahan peledak, dinyatakan dalam gr/cm3. Bobot isi ini biasanya dinyatakandalam specific gravity (SG). stick count (SC) atau loading density (de)
  5. Tekanan Detonasi (Detonation Pressure)Tekanan Detonasi (Detonation Pressure) merupakan penyebaran tekanangelombang ledakan dalam kolom isian bahan peledak, dinyatakan dalam kilobar (kb)
  6. Ketahanan Terhadap Air (Water Resistance)Ketahanan Terhadap Air (Water Resistance) merupakan kemampuan bahanpeledak itu sendiri dalam menahan air dalam waktu tertentu tanpa merusak,merubah atau mengurangi kepekaannya, dinyatakan dalam jam. 
  7. Sifat Gas Beracun (Fumes)Bahan peledak yang meledak menghasilkan dua kemungkinan jenis gas yaitusmoke atau fumes. Smoke tidak berbahaya karena hanya terdiri dari uap atauasap yang berwarna putih. Sedangkan fumes berwarna kuning dan berbahayakarena sifatnya beracun, yaitu terdiri dari karbon monoksida (CO) dan oksidanitrogen (Nox). fumes dapat terjadi jika bahan peledak yang diledakkan tidakmemiliki keseimbangan oksigen, dapat juga jika bahan peledak itu rusak atausudah kadaluwarsa selama penyimpanan dan oleh sebab lain. 

KESIMPULAN
Bahan peledak merupakan salah satu yang di butuhkan dalam industry tambang,bahan peledak bisa berupa padat dan gas.

DAFTAR PUSTAKA
Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil (2017). Kimia, Industri dan Teknologi Hijau. Penerbit Pantona Media. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar