.

Sabtu, 11 Agustus 2018

Radioaktif

Pengertian
Menurut Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Radioaktivitas adalah kemampuan inti atom yang tak-stabil untuk memancarkan radiasi dan berubah menjadi inti stabil. Proses perubahan ini disebut peluruhan dan inti atom yang tak-stabil disebut radionuklida. Materi yang mengandung radionuklida disebut zat radioaktif. Menurut Suratman (1996) dalam Nugraheni dkk. (2012), radioaktivitas adalah peristiwa peluruhan (disintegrasi) secara spontan inti atom tidak stabil menjadi inti atom stabil. Sedangkan menurut Susetyo (1988) dalam Nugraheni dkk.(2012), radioaktivitas adalah proses perubahan keadaan inti atom secara spontan yang disertai radiasi berupa zarah atau gelombang elektromagnetik.

Pemanfaatan Radioaktif
            Menurut Hilmy (1995) teknik nuklir adalah suatu ilmu teknik yang mempergunakan radiasi atau radioisotop serta sifat lainnya telah banyak dikenal dan dimanfaatkan secara luas dalam berbagai bidang di Indonesia untuk kesejahteraan masyarakat tanpa mengabaikan segi keselamatan dan kelestarian lingkungan, misalnya di bidang kedokteran dan kesehatan lingkungan, industri, pertanian dan petemakan. Pada saat ini sedang dikaji pemakaian teknik tersebut untuk pelestarian lingkungan dan energi.

            Menurut Hilmy (1995), sifat dari radioaktif adalah:
1)      Sifat dapat membunuh mikroba atau organisme lainnya sehingga dapat digunakan untuk proses sterilisasi.
2)      Mempercepat reaksi kimia.
3)      Mengubah DNA untuk melakukan rekayasa biologi dan genetika.
4)      Kekuatan radiasi berubah ketika melewati bahan, digunakan untuk uji non destruktif di bidang industry, kedokteran dan pertanian.
5)      Waktu paruh berbeda, digunakan untuk menentukan umur bahan.



Daftar Pustaka
BATAN.Radioaktivitas. Diakses Sabtu 11 Agustus 2018, dari https://www.batan.go.id/ensiklopedi/08/01/01/03/08-01-01-03.html.
Nugraheni dkk. 2012. PENENTUAN AKTIVITAS UNSUR RADIOAKTIF THORIUM YANG TERKANDUNG DALAM PROTOTIPE SUMBER RADIASI KAOS LAMPU PETROMAKS. Jurnal MIPA 35 (1):  32-37.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar