.

Sabtu, 11 Agustus 2018

Yuk! Jaga Bumi Kita Dari Pemanasan Global


NUR SOFIYAN 41617110118 @Proyek04









ABSTRAK

Pemanasan Global (Global Warming) memberikan dampak atau akibat yang sangat luas dan memengaruhi kehidupan di bumi baik itu hewan, tumbuhan, dan manusia. Dampak pemanasan global dapat terjadi karena berbagai penyebab-penyebab dari tingkahlaku manusia memanfaatkan segala sumber daya alam, dan tidak mengenal batas serta kesehatan Bumi ini. Pemanasan Global sudah lama dan telah terjadi, dilihat dari gejala-gejala yang ditimbulkan ini dapat dilihat dari berbagai perubahan-perubahan yang tidak biasa, yang sebelumnya telah ketahui. Namun dari Dampak Pemanasan Global hal tersebut menjadi berubah dan sulit diprediksi.

KEYWORD : PEMANASAN GLOBAL

PENDAHULUAN

Sudah menjadi rahasia umum bahwasannya pemanasan global merupakan salah satu kondisi yang buruk bagi Bumi. Belakangan ini pemanasan global menjadi ancaman yang serius bagi Bumi dan juga makhluk hidup yang ada di dalamnya. Karena pemanasan global ini merupakan kondisi yang sangat buruk maka bisa dikatakan bahwa pemanasan global merupakan salah satu jenis bencana alam. Pemanasan global ini dapat memunculkan berbagai macam dampak atau akibat. Hampir semua dampak atau akibat yang ditimbulkan oleh pemanasan global merupakan akibat yang bersifat negatif.

PERMASALAHAN

Bagaimana dampak pemanasan global terhadap lingkungan ?
Bagaimana cara mencegah pemanasan global ?

PEMBAHASAN

Ada banyak sekali dampak pemanasan global bersifat  negatif yang dapat dirasakan oleh Bumi, manusia dan bahkan makhluk hidup lainnya di dunia ini akibat adanya pemanasan global. Dampak ini bisa dirasakan dalam kehidupan sehari- hari, baik yang disadarai oleh manusia maupun yang tidak disadari oleh manusia. Beberapa dampak atau akibat yang dapat dirasakan akibat pemanasan global antara lain adalah sebagai berikut:
1.      Mencairnya es yang berada di kutub utara dan kutub selatan Bumi
2.      Naiknya permukaan air laut
3.      Banyaknya daratan yang tenggelam
4.      Menipisnya lapisan ozon
5.      Terjadinya pergantian musim yang tidak teratur
6.      Terjadinya ketidakstabilan iklim
7.      Produksi pertanian menurun
8.      Terjadinya perubahan pola hidup binatang dan tumbuhan
9.      Menimbulkan banyak penyakit bagi manusia

Cara Mencegah Pemanasan Global

Pemanasan global merupakan peristiwa yang tidak baik. Pemanasan global ini dapat menyebabkan berbagai macam dampak yang negatif untuk Bumi dan isinya, seperti yang telah kita ketahui sebelumnya. Oleh karena itulah sebagai manusia yang menjadi penghuni Bumi, kita wajib melindungi dan menjaga kesehatan Bumi, termasuk juga melindungi Bumi dari adanya pemansan global. Ada berbagai macam cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya pemanasan global ini. Cara- cara yang dapat dilakukan bisa dari diri kita pribadi maupun berkelompok. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya pemanasan global antara lain adalah sebagai berikut:

1.      Menghemat listrik
2.      Menanam pohon
3.      Membiasakan menggunakan transportasi umum
4.      Mengganti bahan bakar dengan bahan bakar yang ramah lingkungan
5.      Mengganti bahan pembersih dengan pembersih ramah lingkungan
6.      Melestarikan hutan
7.      Menggunakan energy alternative
8.      Mengurangi penggunaan CFC



KESIMPULAN
Pemanasan global (Global Warming) adalah proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18°C (1.33 ± 0.32°F) selama seratus tahun terakhir.Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC)menyimpulkan bahwa, sebagian besar peningkatan temperatur rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca. Berikut ini beberapa hal-hal yang menyebabkan pemanasan global, antara lain gas metana pada peternakan & pertanian,polusi karbondioksida ,aktivitas penebangan pohon & penggunaan pupuk kimia yang berlebihanAkibat-akibat pemanasan global diantaranya adalah wabah penyakit, penurunan hasil pertanian, naiknya permukaan air laut, dan punahnya berbagai jenis hewan. Beberapa cara untuk mengurangi pemanasan global adalah menghemat listrik, mengurangi bangunan kaca, mengurangi penggunaan plastik, & menanam pohon.

DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil (2017). Kimia, Industri dan Teknologi Hijau. Penerbit Pantona Media. Jakarta
Prince , Kevin . 2015 . https://princekevin019.blogspot.com/2015/04/makalah-pemanasan-global_2.html ( diunduh tanggal 11 Agustus 2018 )
Wawan , Nanswata . 2013 . http://dampakglobalwarming.blogspot.com/2013/07/dampak-global-warmingpenyebab-dan-cara.html ( diunduh tanggal 11 Agustus 2018 )
Pemanasan global blogspot . 2016 . https://carapemanasanglobal.blogspot.com/2016/04/dampak-dan-cara-mengatasi-pemanasanglobal.html ( diunduh tanggal 11 Agustus 2018 )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.