.

Sabtu, 17 Februari 2018

Selamatkan Lingkungan dengan Teknologi Hijau

Oleh : Jonathan Budhiawan ( @G16-Jonathan )
Sumber : Dok. Pribadi - Jonathan Budhiawan

Abstrak
   Tergerusnya kondisi lingkungan yang semakin memprihatinkan membuat setiap pihak berupaya mencari solusinya. Salah satu solusinya adalah dalam bidang teknologi, yaitu Teknologi Hijau. Dari banyaknya permasalahan lingkungan yang sebagian besar timbul dari kegiatan industri, penerapan Teknologi Hijau dapat menjadi salah satu solusinya. Dan ini adalah salah satu opsi terbaik untuk kita dapat mengatasi masalah lingkungan akibat industri. Perkembangan industri harus diimbangi oleh perkembangan teknologi yang ramah lingkungan juga. Maka dengan begitu perkembangan Teknologi Hijau akan sangat berpengaruh dengan perkembangan industri sekarang.

Kata Kunci : Teknologi Hijau; Teknologi Ramah Lingkungan; Selamatkan Lingkungan

Sumber: http://greenlookme.blogspot.co.id
Dalam perkembangannya, penggunaan energi fosil, terutama minyak bumi dan batubara, kecuali gas, baik dalam industri maupun dalam kegiatan sehari-hari menjadi sumber persoalan pemanasan global dan perubahan iklim, berupa peningkatan suhu bumi, peningkatan permukaan air laut anomali  cuaca yang sangat mengakhawatirkan. Itu semua mengakibatkan banyak bencana alam yang semakin sering terjadi diantaranya adalah banjir dan kekeringan, sering munculnya badai, puting beliung, dan timbulnya hama penyakit.

      Pertemuan PBB tentang Perubahan Iklim ke-21 Desember 2015 telah menyepakati Paris Agreement menyatakan bahwa setiap negara berkewajiban mempertahankan suhu bumi 20C. Kesepakatan ini bersifat mengikat secara hukum. Untuk melaksanakannya diperlukan rencana aksi penurunan GRK. Antara lain komitmen Indonesia untuk mereduksi GRK sebesar 29%  dari BAU (Business as usual) dan 41% jika ada bantuan asing, dengan periode 2020-2030. Selain komitmen, SDM dan kelembagaan, peraturan perundangan dan pendanaan, teknologi ramah lingkungan atau teknologi hijau menjadi satu faktor utama mendukung  upaya mengatasi persoalan Lingkungan, termasuk Perubahan Iklim. ( MSI, 2016)

      Menurut Nuris (2015) Teknologi hijau adalah teknik untuk menghasilkan energi dan/atau produk yang tidak mencemari atau meracuni lingkungan hidup. Tujuannya adalah untuk memelihara alam sekitar dan meminimalkan dampak negatif dari aktivitas manusia. Teknologi Hijau adalah teknologi rendah karbon dan lebih ramah lingkungan. Dengan begitu sangat diharapkan penggunaan teknologi hijau dapat segera direalisasikan di setiap bidang. Menurut Hidayat (2017) Prinsip utama dalam Teknologi Hijau meliputi 3 aspek, yaitu: Kenyamanan Sosial; Ekonomis dan Ramah Lingkungan. dari ketiga prinsipnnya Teknologi Hijau akan membawa banyak sekali keuntungan bagi manusia. Dalam buku  "Manajemen Lingkungan" Hidayat (2017) menyatakan bahwa "Hanya dalam kondisi lingkungan yang optimal bisnis dapat berkembang dengan baik, dan hanya dengan bisnis yang baik lingkungan akan berkembang kearah yang optimal." Dari moto yang dituliskan Hidayat kita dapat dengan sangat jelas dapat menyimpulkan bahwa Teknologi Hijau adalah salah satu solusi terbaik untuk mengembangkan bisnis atau industri yang tetap selaras dengan perkembangan dan pelestarian lingkungan. Misal contohnya adalah pabrikan mobil Ford, Selama empat tahun terakhir ini Ford sedang bekerja keras mencoba melakukan sesuatu yang ‘hijau’. Ford telah bekerja pada teknologi untuk menangkap aliran CO2 yang berasal dari pabrik dan pembangkit listrik, CO2 tersebut diubah menjadi busa dan plastik yang dapat digunakan untuk pembuatan mobil (emma, 2017).

     Ruang lingkup dari Teknologi Hijau tidak hanya terbatas dari bidang industri, bahkan kepada setiap rumah tangga dan individu dapat menerapkan Teknologi Hijau misal contoh projek Sun Roof, kendaraan elektrik, pembangkit listrik energi terbarukan, dan masih banyak lagi. Ketika Teknologi Hijau semakin berkembang dan di gunakan secara masive secara langsung kita akan merasakan dampak nya. Yaitu bumi kita akan semakin sehat, lingkungan bersih dan kualitas kesehatan serta hidup pun akan meningkat.

Daftar Pustaka
- Hidayat, Atep Afia, dan M. Kholil.2017.Manajemen Lingkungan dengan Berfikir Hijau. Yogyakarta: Wahana Resolusi
- Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil.2017.kimia,industry dan teknologi hijau. Jakarta : Pantona Media
- MSI. 2017. Teknologi Hijau Ramah Lingkungan. Majalah Sains Indonesia. Web. Diakses 19 Feb 2018. <http://www.sainsindonesia.co.id/index.php/rubrik/kolom/2518-teknologi-hijau-ramah-lingkungan>
Nuris, Dini. 2015. Teknologi Hijau, Solusi Cerdas Bagi Pemanasan Global. Kompasiana. Web. Diakses 19 Feb 2018. <https://www.kompasiana.com/dininuris/teknologi-hijau-solusi-cerdas-bagi-pemanasan-global_552931adf17e61824a8b458f>
- Emma. 2017. 6 Teknologi Hijau Yang Ramah Lingkungan. Web. Diakses 19 Feb 2018. <https://iniemma.com/6-teknologi-hijau-yang-ramah-lingkungan/>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar