.

Sabtu, 10 Februari 2018

Dampak Pemanasan Global

Oleh : Ardian Sarwo Adi Sutrisno (G03-Ardian)

Abstrak
Pemanasan global merupakan isu lingkungan yang sangat penting mengingat dampaknya yang sangat berbahaya. Dampak dari pemanasan global antara lain :Pengaruh terhadap cuaca; Kenaikan permukaan laut; Pengaruh terhadap pertanian; Pengaruh terhadap hewan dan tumbuhan; Pengaruh terhadap kesehatan manusia.

Kata Kunci : Pemanasan Global, Dampak


Belakangan ini, isu mengenai masalah lingkungan menjadi suatu hal yang sangat penting bagi masyarakat dunia. Bahkan organisasi dunia yaitu PBB pun memiliki perhatian yang sangat tinggi terhadap isu lingkungan salah satunya Global Warming atau Pemanasan Global. Pemanasan global merupakan isu lingkungan hidup yang mengakibatkan perubahan iklim global yang mengerikan.

Mengetahui dampak yang akan muncul sangat berbahaya, PBB membentuk IPCC (Intergovermental Panel on Climate Change) pada tahun 1988. IPCC adalah sebuah panel ilmiah yang terdiri dari para ahli klimatologi untuk mengkaji perubahan iklim, walau perubahan iklim akan berdampak jangka panjang antara 50 - 100 tahun.

Menurut Kusumaningrum (2008) mengatakan bahwa Pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfir, laut dan daratan bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan bumi telah meningkat 0.74 ±0.18°C selama seratus tahun terakhir.

Maka dari itulah pemanasan global merupakan peristiwa yang sangat penting dan sangat perlu kita perhatikan demi menyelamatkan kondisi bumi dan juga kehidupan makhluk hidup yang ada di dalamnya, mengingat pemanasan global dapat menimbulkan dampak yang sangat signifikan dan mencakup dalam berbagai segi.

Menurut Achmad (2011) Dampak Pemanasan Global antara lain adalah sebagai berikut:
1. Pengaruh terhadap cuaca.
Terjadinya pemanasan wilayah bagian utara bumi (kutub utara) akan mengakibatkan, antara lain berikut ini.
a.       Gunung-gunung es akan mencair.
b.      Daratan akan menyempit.
c.       Akan lebih sedikit es yang akan mengapung di perairan utara.
d.      Temperatur pada musim dingin dan malam hari akan cenderung meningkat.
e.   Daerah tropis akan menjadi lebih lembab karena lebih banyak air yang menguap dari lautan.
2.      2. enaikan permukaan laut.
Ketika temperatur atmosfer naik karena terjadinya pemanasan global, lapisan permukaan lautan juga akan naik sehingga volumenya bertambah dan menambah tinggi permukaan laut. Kenaikan permukaan air laut ini 30% berasal dari pencairan es di daerah kutub dan sisanya berasal dari pemuaian air akibat peningkatan temperature.

3.      3. Pengaruh terhadap pertanian.
Di Indonesia pengaruh dari pemanasan global ini mengakibatkan perubahan iklim terhadap ketahanan pangan, antara lain:
  • Menurunkan produktivitas pertanian khususnya pada wilayah pantai;
  • Terjadinya iklim ekstrem yang meningkat menyebabkan sektor pertanian akan kehilangan produksinya karena bencana kering dan banjir yang silih berganti yang mengakibatkan terjadinya kekacauan pangan.

4.  Pengaruh terhadap hewan dan tumbuhan.
Hewan dan tumbuhan tidak terkecuali mengalami dampak pemanasan global. Dengan terjadinya pemanasan global, hewan-hewan akan berpindah mencari tempat yang lebih dingin, sedangkan tumbuhan karena tidak dapat bergerak sendiri akan menyesuaikan dengan iklim yang sudah berubah, tetapi tumbuhan yang tidak dapat menyesuaikan diri akan punah.

5.     5Pengaruh terhadap kesehatan manusia.
Terjadinya perubahan iklim memberikan dampak terhadap kesehatan manusia, antara lain
  • mempengaruhi kesehatan tubuh akibat penyakit tular vektor, seperti demam berdarah dan malaria mengingat kehidupan vector kedua penyakit tersebut dipengaruhi oleh curah hujan/jumlah hari hujan dan peningkatan temperatur udara;
  • terkena penyakit pernapasan karena udara yang lebih panas memperbanyak polutan, spora mold dan tepung sari dari tumbuhan;
  • mengakibatkan penyakit-penyakit tropis lainnya, seperti demam kuning


Daftar Pustaka
Hidayat, Atep Afia dan Muhammad Kholil.2017. Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Pantona Media.
Achmad, Rukaesih. 2011. Isu Lingkungan Global. Diunduh pada tanggal 10 Februari 2018. http://repository.ut.ac.id/4658/2/PEKI4312-M1.pdf
Kusminingrum, Nanny. 2008. Potensi Tanaman Dalam Menyerap CO2 dan CO Untuk Mengurangi Dampak Pemanasan Global. Jurnal Pemukiman. Diunduh tanggal 10 Februari 2018. http://222.124.202.172/uploads/services/infopublik20131119123830.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.