.

Sabtu, 17 Februari 2018

DAMPAK ENERGI FOSIL

Oleh : Fatkhur Rokhman (F05-Fatkhur)
ABSTRAK
Seiring perkembangan zaman ini seperti kita ketahui yaitu zaman sudah modern.Segala sesuatu bisa kita peroleh atau kita dapatkan dimanapun dan kapanpun sehingga mempermudah kita untuk lebih kreatif dan berkarya lagi. Seperti kita ketahui banyak sekali energi fosil yang sudah terbarukan dengan diganti oleh bahan bakar Biomasa. Indonesia adalah negara yang terletak diantara gari katulistiwa yang mempunyai keanekaragaman hayati. Keanekaragaman hayati ini banyak dilirik oleh negara tetangga yang ingin memanfaatkannya. Adapun dampak dari bahan bakar fosil itu sendiri membuat negara-negara yang memakainya bisa terkontaminasi oleh bahan bakar fosil tersebut.
Kata kunci : Energi Fosil


Isi / Pembahasan
Menurut Fitriani ada terdapat tiga bahan bakar yang menjadi tulang punggung pemenuhan energi dan listrik di dunia sekarang ini, mereka adalah batu bara, gas alam dan minyak bumi.Ketiga bahan bakar tersebut merupakan bahan bakar yang bersumber dari fosil. Bahan bakar fosil merupakan bahan bakar yang berasal dari fosil tanaman dan hewan yang berusia  jutaan tahun.
  • ·         Terdapat dampak negatif dari penggunaan bahan bakar fosil yang berlebihan.

1.      Pencemaran lingkungan
Kondisi tersebut merupakan salah satu dampak yang serius dari bahan bakar fosil. Ketika bahan bakar fosil dibakar ia melepaskna gas karbondioksida, biasanya gas ini dihasilkan oleh kendaraan bermotor.Banyaknya gas karbondioksida yang dihasilkan dari aktivitas manusia ini dapat mengakibatkan pemanasan global.Suhu bumi naik mengakibatkan mencairnya es di kutub, banjir terjadi di daerah dataran rendah dan kenaikan air laut.
2.      Hujan asam
Saat bahan bakar fosil dibakar ia akan melepaskan zat sulfur dioksida.Zat tersebut merupakam salah satu polutan yang menjadi penyebab utama terjadinya hujan asam.Dampak dari hujan ini antara lain menyebabkan kerusakan bangunan yang terdiri dari bata, juga berpengaruh pada tanaman karena pengasaman tanah liat.
3.      Berdampak pada kesehatan manusia
Polusi dari kendaraan, pembangkit listrik batubara, maupun asap-asap pabrik dapat menyebabkan bahaya lingkungan yang serius.Polusi udara dapat menyebabkan asma hingga gangguan pernafasan yang parah seperti kanker paru-paru.
  • ·       Dampak Lingkungan Pembangkit Listrik Berbahan Bakar Fosil

Dampak terhadap Sumber Daya Alam (SDA)
Dengan meningkatnya kebutuhan energi listrik maka akan dibutuhkan pembangunan pembangkit yang lebih banyak sehingga akan berakibat pada eploitasi SDA yang semakin meningkat. Hal ini akan berdampak pada menurunnya cadangan SDA yang ada. Sumber daya energi khususnya yang tidak terbarukan seperti minyak, gas, batubara (energi fosil) semakin lama akan terus berkurang sesuai dengan pemakaian yang terus meningkat. Hal ini akan menimbulkan krisis energi dikemudian hari khususnya untuk generasi yang akan datang.(Harjanto 2008)
Daftar Pustaka
Hidayat, Atep Afia dan Muhammad Kholil (2017) Kimia, Industri dan Teknologi Hijau. Pantona Media. Jakarta.
Fitriani Sofia (2008), Dampak Negatif Penggunaan Bahan Bakar Fosil yang Berlebihan, https://tandapagar.com/bahan-bakar-fosil/
Harjanto Nur Tri,  PIN Pengelolaan Instalasi Nuklir  Vol 1, No 01 (2008): April 2008, DAMPAK LINGKUNGAN PUSAT LISTRIK TENAGA FOSIL DAN PROSPEK PLTN SEBAGAI SUMBER ENERGI LISTRIK NASIONAL, http://download.portalgaruda.org/article.php?article=434972&val=4545&title=DAMPAK%20LINGKUNGAN%20PUSAT%20LISTRIK%20TENAGA%20FOSIL%20DAN%20PROSPEK%20PLTN%20SEBAGAI%20SUMBER%20ENERGI%20LISTRIK%20NASIONAL

(Diunduh 17 Feb 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar