.

Sabtu, 18 November 2017

TINDAKAN PENCEGAHAN POLUSI


Polusi saat ini sangat membuat bumi semakin rapuh. Masyarakat jaman sekarang lebih mengandalkan menggunakan mesin-mesin yang berasap atau berpolusi. Dan tanpa mereka sadari, mesin-mesin yang mereka gunakan sangatlah merusak bumi. dalam artikel saya kali ini, saya akan membahas "Tindakan Pencegahan Polusi". 

APASIH POLUSI ITU?

Polusi memiliki 1 arti. Polusi memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga polusi dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Polusi berarti pengotoran (tentang air, udara, dan sebagainya); pencemaran: gubernur tidak mengizinkan pembangunan industri yang banyak menimbulkan polusi. 

maka, Polusi adalah proses terjadinya pencemaran lingkungan yang akan mengakibatkan menurunnya kualitas lingkungan dan terganggunya kesehatan dan ketenangan dari makhluk hidup termasuk manusia.

DARI MANA YA POLUSI ITU BERASAL?

Sumber Polusi Udara
Secara umum terdapat 2  sumber pencemaran udara yaitu pencemaran akibat sumber alamiah (natural sources), seperti letusan gunung berapi, dan yang berasal dari kegiatan manusia (aniropogenic sources), seperti yang berasaldaritransportasi, emisipabrik, dan lain-lain.
SumberPolusi Air
Pencemaran air terjadi apabila dalam air terdapat berbagai macam zat atau kondisi (misal Panas) yang dapat menurunkan standar kualitas air yang telah ditentukan, sehingga tidak dapat digunakan untuk kebutuhan tertentu.Suatu sumber air dikatakan tercemar tidak hanya karena tercampur dengan bahan pencemar, akan tetapi apabila air tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan tertentu, Sebagai contoh suatu sumber air yang mengandung logam berat atau mengandung bakteri penyakit masih dapat digunakan untuk kebutuhan industri atau sebagai pembangkit tenaga listrik, akan tetapi tidak dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga (keperluan air minum, memasak, mandi dan mencuci). Ada beberapa penyebab terjadinya pencemaran air antara lain apabila air terkontaminasi dengan bahan pencemar air seperti sampah rumah tangga, sampah lembah industri, sisa-sisa pupuk atau pestisida dari daerah pertanian, limbah rumah sakit, limbah kotoran ternak, partikulat-partikulat padat hasil kebakaran hutan dan gunung berapi yang meletus atau endapan hasil erosi tempat-tempat yang dilaluinya.
Sumber BahanPencemar Tanah
Karena pencemar tanah mempunyai hubungan erat dengan pencemaran udara dan pencemaran air, makan sumber pencemar udara dan sumber pencemar air pada umumnya juga merupakan sumber pencemar tanah.Sebagai contoh gas-gas oksida karbon, oksida nitrogen, oksida belerang yang menjadi bahan pencemar udara yang larut dalam air hujan dan turun ketanah dapat menyebabkan terjadinya hujan asam sehingga menimbulkan terjadinya pencemaran pada tanah. Air permukaan tanah yang mengandung bahan pencemar misalnya tercemari zat radioaktif, logam berat dalam limbah industri, sampah rumah tangga, limbah rumah sakit, sisa-sisa pupuk dan pestisida dari daerah pertanian, limbah deterjen, akhirnya juga dapat menyebabkan terjadinya pencemaran pada tanah daerah tempat air permukaan ataupun tanah daerah yang dilalui air permukaan tanah yang tercemar tersebut.
DAMPAK POLUSI!
Mekanisme terjadinya gangguan kesehatan akibat polusi udara secara umum :
Berikut ini beberapa mekanisme biologis bagaimana polutan udara mencetuskan gejala penyakit :
  1. Timbulnya reaksi radang/ inflamasi pada paru misalanya akibat PM atau ozon.
  2. Terbentuknya radiakal bebas / stress oksidatif. Misalnya PAH ( polyaromatic hydrocarbons ).
  3. Modifikasi ikatan kovalen terhadap protein penting intraselular seperti enzim-enzim yang bekerja dalam tubuh.
  4. Komponen biologis yang menginduksi inflamasi / peradanagn dan gangguan sistem imunitas tubuh, misalnya golonagan glukan dan endotoksin.
  5. Stimulasi sistem saraf otonom dan nasioreseptor yang mengatur kerja jantung dan saluran nafas.
  6. Efek adjuvant ( tidak secara langsung mengaktifkan sistem imun ) terhadap sistem imunitas tubuh , misalnya logan golongan trasnsisi dan DEP / diesel exhaust particulate.
  7. Efek procoagulant yang dapat mengganggu sirkulasi darah dan memudahkan penyebaran polutan ke seluruh tubuh, misalnya ultrafine PM.
  8. Menurunkan sistem pertahanan tubuh normal ( misalnya: dengan menekan fungsi alveolar makrofag pada paru ).
Dampak polusi tanah terhadap kesehatan
Dampak pencemaran tanah terhadap kesehatan tergantung pada tipe polutan, jalur masukkedalam tubuh dan kerentaan populasi yang terkena. Kronium, berbagai macam pestisida dan herbisida merupakan bahan karsinogenik untul semua populasi. Timbal sangat berbahaya pada anak-anak, karena dapat menyababkan kerusakan otak, serta kerusakan ginjal pada seluruh populasi.
Paparan kronis (terus menerus) terhadap benzena pada konsentrasi tertentu dapat meningkatkan kemungkinan terkena leukimia. Merkuri (air raksa) dan siklodiena dikenal dapat menyebabkan  kerusakan ginjal, beberapa bahkan tidak dapat diobati. PCB dan siklodiena terkait pada keracunan hati. Organofosfat dan karmabat dapat menyebabkan gangguan pada saraf otot. Berbagai pelarut yang mengandung klorin merangsang perubahan pada hati dan ginjal serta penurunan sistem saraf pusat. Terdapat beberapa macam dampak kesehatan yang tampak seperti sakit kepala, pusing, letih, iritasi mata dan ruam kulit untuk paparan bahan kimia yang disebut di atas. Yang jelas, pada dosis yang besar, pencemaran tanah yang dapat menyebabkan kematian.
Akibat yang ditimbulkan oleh polusi air :
  1. Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kandungan oksigen
  2. Terjadinya ledakan ganggang dan tumbuhan air (eurotrofikasi)
  3. Pendangkalan dasar perairan
  4. Tersumbatnya penyaring reservoir dan menyebabkan perubahan ekologi
  5. Dalam jangka panjang adalah kanker dan kelahiran cacat
  6. Akibat penggunaan pestisida yang berlebihan yaitu selain membunuh hama dan penyakit juga membunuh serangga dan makhluk terutama predator
  7. Kematian biota kuno, seperti plankton, ikan, bahkan burung
  8. Mutasi sel, kanker, dan leukimia
PENYEBAB TERJADINYA POLUSI

Unsur-unsur yang dapat Menyebabkan Terjadinya Polusi(polutant) dapat digolongan ke dalam dua hal :
 
Pertama, Yang bersifat Kuantitatif yaitu terdiri dari unsus-unsur yang secara ilmiah telah terdapat di dalam alam tetapi jumlahnya bertambah sedemikian banyaknya, sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan. Hal ini terjadi disebabkan oleh bencana alam, perbuatan manusia dan lain-lain. Sebagai contoh polusi demikian ialah unsur seperti karbon, nitrogen, fosfor dan lain-lain.
 
Kedua, Yang bersifat Kualitatif yaitu terdiri dari unsur-unsur yang terjadi diakibatkan berlangsungnya persenyawaan yang dibuat secara sintesis, contohnya : pestisida, detergen dan lain-lain.
 
 
Pada umumnya polusi lingkungan ditujukan kepada faktor-faktor fisik seperti polusi oleh radiasi, suhu, penerangan dan faktor-faktor kimia melalui debu, uap, gas, larutan, awan kabut yang derajatnya sedemikian besarnya sehingga merupakan gangguan pada lingkungan hidup dari makhluk hidup.

CARA MENCEGAH POLUSI

Mengurangi polusi merupakan hal yang penting bagi keberlangsungan planet kita dan kesehatan serta kesejahteraan umat manusia. Udara yang kita hirup dipenuhi oleh zat-zat kontaminan berbahaya, dan lautan serta perairan kita telah dipenuhi oleh bahan-bahan kimia beracun. Apabila dibiarkan begitu saja, polusi dapat melenyapkan kecantikan, kehidupan, dan keanekaragaman hayati planet Bumi. Berikut adalah cara-cara praktis yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi polusi.

1. MEMILIH SARANA TRANSPORTASI RAMAH LINGKUNGAN
Gunakan sepeda atau berjalan kaki kapan pun Anda bisa. Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi polusi adalah dengan berhenti menggunakan mobil pribadi untuk perjalanan jarak dekat. Apabila cuacanya bagus dan Anda tidak berniat untuk pergi terlalu jauh, keluarlah dengan berjalan kaki atau mengendarai sepeda. Anda akan membantu mengurangi polusi udara sembari melatih tubuh Anda serta mendapatkan udara segar.

2. MEMILIH MAKANAN RAMAH LINGKUNGAN
Pilihlah makanan lokal sebisa mungkin. Transportasi makanan dari ujung negeri dan berbagai tempat di dunia membutuhkan bahan bakar yang cukup banyak. Penggunaan bahan bakar yang berlebih tersebut akan berkontribusi terhadap polusi udara. Alih-alih membeli makanan yang telah menempuh perjalanan sejauh ribuan kilometer untuk mencapai meja Anda, pilihlah makanan yang berasal dari pertanian terdekat dan yang ditumbuhkan dengan metode ramah lingkungan. Sebelum Anda membeli, tanyakanlah kepada para petani atau pemilik lahan mengenai teknik yang mereka gunakan untuk mencari tahu upaya yang telah mereka lakukan untuk mengurangi polusi.[9]
  • Kunjungi warung lokal atau pasar tani untuk memperoleh buah-buahan atau sayur-mayur langsung dari orang-orang yang menanamnya.
  • Belanjalah di koperasi tani dekat rumah Anda untuk menemukan makanan lokal.
  • Periksalah warung di dekat rumah Anda untuk memperoleh hasil tani lokal serta produk-produk lainnya.
3. MEMILIH ENERGI YANG RAMAH LINGKUNGAN
Padamkan lampu dan peralatan elektronik apabila Anda sedang tidak berada di dalam ruangan. Anda juga bisa mencabut steker untuk lebih menghemat energi. Menghubungkan peralatan elektronik dalam satu soket listrik juga merupakan strategi yang bagus karena Anda dapat dengan mudah memadamkan soket listrik guna memadamkan seluruh peralatan elektronik dalam satu waktu.

4. DAUR ULANG, KURANGI SAMPAH, DAN GUNAKAN KEMBALI
Sebisa mungkin, belilah barang-barang bekas. Dengan membeli barang bekas, Anda akan membantu mengurangi permintaan bahan baru untuk produksi. Anda juga akan menghemat uang. Periksalah toko loak, mebel bekas, dan perabot bekas di dekat rumah, dan cek iklan-iklan lokal untuk menemukan barang-barang bekas.

5. JAUHI BAHAN KIMIA DARI SUPLAI AIR
Kurangi penggunaan bahan kimia. Bahan kimia yang kita gunakan untuk mencuci rumah, mobil, atau tubuh kita sendiri akan tersapu dan terbawa oleh air ke dalam sistem pembuangan, tapi seringkali mereka juga berakhir di tempat persediaan air. Bahan-bahan kimia tersebut tidaklah bagus untuk tanaman maupun hewan yang membentuk ekosistem kita, dan mereka juga tidak sehat untuk konsumsi manusia. Kapan pun dimungkinkan, gunakanlah bahan-bahan alami alternatif yang lebih sehat.[28]
  • Contohnya, alih-alih menggunakan bahan pembersih untuk membersihkan dapur atau kamar mandi, gunakanlah campuran cuka dan air atau soda dan pasta garam. Bahan-bahan alami rumah tangga tersebut akan berfungsi baik untuk membersihkan, dan mereka takkan mengakibatkan polusi pada air apabila Anda menyapunya ke sistem pembuangan.
  • Cobalah membuat detergen dan sabun pencuci piring Anda sendiri. Apabila Anda tidak punya waktu untuk melakukannya, belilah detergen yang dibuat dengan bahan-bahan alami sepenuhnya.
  • Apabila Anda tidak bisa menemukan alternatif yang bagus atas suatu bahan beracun, gunakanlah jumlah sesedikit mungkin yang masih bisa Anda pakai.
6. AKTIF TERLIBAT DAN MENGAJARI SESAMA
Pelajari pihak-pihak pembuat polusi besar di wilayah Anda. Pergilah ke perpustakaan, lakukan pencarian di internet, dan berdiskusilah dengan orang-orang yang dapat memberi tahu Anda mengenai sumber-sumber polusi besar di tempat Anda tinggal. Pembelajaran yang maksimal akan membantu Anda memahami lebih dalam mengenai polusi.
  • Tiap-tiap orang dapat bertindak sendiri-sendiri untuk menjaga kebersihan air dan udara, namun perusahaan yang dalam operasinya merusak lingkungan adalah para pelaku utama. Demi melindungi air dan udara di lingkungan Anda, sungguh penting untuk mencari tahu sumber ancaman utama.

Mungkin cukup sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat bagi para pembaca!




DAFTAR PUSTAKA
2.      Purnama, noor. Sumber polusi air udara dan tanah. 2015
3.      Adel, dampak-dampak polusi.
https://adelkudel30.wordpress.com/education/ilmu-pengetahuan-alam/dampak-dampak-polusi/
4.      Anonym, 2014, pengertian polusi udara dan penyebabnya.
5.      https://id.wikihow.com/Mengurangi-Polusi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.