.

Selasa, 21 November 2017

Pelarut Hijau

@D14-Humairoh, @proyekB08
Oleh: Humairoh














    It is commonly acknowledged that the process efficiency is highly dependent on the solvent type. Owing to their special properties, green solvents improve chemical processes, lower the use of solvents and decrease the processing steps.Water, supercritical fluids, ionic liquids, non-toxic liquid polymers and their diverse combinations are part of the class of green solvents. They are characterized by low toxicity, convenient accessibility and the possibility of reuse as well as great efficiency. An ideal green solvent would also mediate reactions, separations or catalyst recycling

      An idea of green chemistry is aiming for replacement of commonly used solvent with ‘green’ ones, resulting in a reduced environmental impact. However, it leads to discussions about supremacy of one green solvent over another . Ionic liquids have been especially negated for their complicated synthesis and toxicity.  although so has water A choice of an optimal solvent for a reaction is crucial and it significantly affects the outcome(Tarczykowska,2017)
Prinsip kelima kimia hijau berpendapat bahwa penggunaan zat pembantu seperti pelarut "harus dibuat tidak perlu bila memungkinkan dan tidak berbahaya bila digunakan."Pelarut adalah prioritas utama saat menghijaukan kimia, karena digunakan tinggivolume dan biasanya senyawa organik volatil (VOC), yang menyebabkan risiko tinggi untuk besar jumlah limbah, polusi udara, dan masalah kesehatan lainnya. Menemukan lebih aman, lebih efisien alternatif atau menghapus pelarut sama sekali adalah salah satu cara yang paling efektif untuk dampak keamanan dan efisiensi suatu proses atau produk. Antara tahun 1996 dan 2014,Presiden Green Chemistry Awards telah mengenali pendekatan yang mengurangi penggunaan konvensional pelarut, termasuk pelarut alternatif, ramah lingkungan, dan proses yang menggunakan karbon dioksida atau air atau hindari penggunaan(Betts, 2015)

        Pelarut dan senyawa pembantu yang ramah lingkungan atau yang disebut pelarut hijau. Meskipun sebagai zat yang tidak langsung berkontribusi langsung terhadap produk, tetapi diperlukan untuk terjadinya reaksi kimia dalam proses produksi. Dengan demikian pelarut hijau perlu menjadi pilihan utama, dengan kriteria aman dan penggunaannya sehat mungkin. Hal itu selajan dengan pendapat Santoso(2008) dan Reyes (2015).

        Menurut Santoso(2008), kebanyakan pelarut bersifat mudah terbakar dan beracun dan semuanya merupakan senyawa organik yang mudah menguap sehingga berkontribusi terhadap polusi udara. Pelarut sangat diperlukan untuk pencampuran, transfer panas dan terkadang kontrol relativitas pereaksi. Sehgn besar pelarut juga digunakan untuk isolasi, pemisahan dan pemurnian. Beberapa contoh pelarut hijau seperti karbondioksida super kritis (dimana gas ditekan sampai kondisinya serapat cairan), cairan ion (pada suhu kamar garam organik berada dalam wujud cairan) dan air.

       Pelarut hijau atau istilah asingnya “Green Solvent” ̄ sesungguhnya bukanlah pelarut yang berwarna hijau tapi hanya sebuah istilah yang kini sedang populer dibidang teknologi ramah lingkungan. Pelarut hijau adalah pelarut yang benar-benar memberikan dampak negatif seminimal mungkin terhadap mahluk hidup dan lingkungan. Tentu saja pelarut yang paling memenuhi syarat tersebut adalah air sebagai pelarut universal. Sayangnya sifat kimia dari air membatasi penggunaannya sebagai pelarut dalam proses produksi. Sedangkan teknologi yang berkembang seiring dengan isyu “green chemistry” adalah ionic liquids, fluida superkritis dan yang paling mutakhir adalah sistem pelarut dua fasa menggunakan turunan senyawa fluor. Walau demikian, kedua sistem yang disebutkan terakhir masih menemukan kendala dalam pemanfaatannya secara massal disebabkan masalah teknis sehingga ionic liquids merupakan satu-satunya kandidat yang layak dan siap digunakan oleh industri terutama sebagai sistem pelarut dalam reaksi kimia(Wonoyoso.2011)

       Dalam beberapa tahun terakhir, produsen deterjen cucian, pembersih semprotan, dan pembersih lainnya produk untuk rumah dan industri telah menambahkan pelarut ramah lingkungan untuk memperbaiki produk mereka kinerja, baik untuk alasan lingkungan dan kesehatan manusia. Procter & Gamble dan DuPont telah mengumumkan rencana untuk menggunakan etanol selulosa yang berasal dari tongkol jagung dan tangkai di TideColdwater Clean. Etanol selulosa diproduksi oleh tanaman yang sedang ditanam DuPont di Iowa akan menggantikan etanol yang berasal dari biji jagung. Campurkan etanol selulosa ini ke dalam Tide Coldwater akan mereproduksi lebih dari 7.000 ton limbah pertanian setahun mitra mengatakan, dan dalam prosesnya akan menghemat jumlah energi yang dibutuhkan untuk mencuci semua pakaian di rumah California selama sebulan.DuPont juga menjual bahan kimia berbasis bio,1,3-propanadiol, sebagai pelarut, stabilisator, dan pembawa enzim. Propanediol ditemukan di produk pembersih merek Metode ramah lingkungan, termasuk pembersih semprot dan a deterjen deterjen. Metode produk, serta produk brand Seventh Generation, juga termasuk yang lain pelarut hijau yang ditujukan untuk ceruk serupa, etil levulinate gliserol ketal. Pelarut itu diproduksi oleh bahan kimia berbasis bio kimia Segetis; Peran utamanya adalah membantu melarutkan minyak wangi dan menjaga agar formula pembersih secara keseluruhan tetap stabil, bukan untuk melarutkan tanah atau lemak. Pelarut hijau lainnya yang digunakan dalam produk Metode meliputi, propanadiol, etil levulinate gliserol ketal, gliserin dan metil ester(Betts, 2015)

Daftar pustaka
Betts, K. 2015. How Industrial Applications in Green Chemistry Are Changing Our World
Tarczykowska Agata. 2017. Green solvents. Journal of Education, Health and Sport. 2017;7(9):224-232. eISSN 2391-8306. DOI http://dx.doi.org/10.5281/zenodo.893346 , http://ojs.ukw.edu.pl/index.php/johs/article/view/4831
Santoso. 2008 dalam buku Hidayat. A.A, dan Kholil. M. 2017. Kimia, Industri dan teknologi hijau. Pantona Media. Jakarta. Hal.128-129
Wonoyoso.2011. Reaksi Kimia Dalam “Pelarut Hijau” dalam http://kliwonanwonoyoso.blogspot.co.id/2011/01/reaksi-kimia-dalam-pelarut-hijau.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.