.

Minggu, 19 November 2017

Dampak Sanitary Landfill Terhadap Lingkungan


Dampak Sanitary Landfill Terhadap Lingkungan
Oleh: Lucia Debby Gracella Sihombing
@E07-Lucia @ProyekA08
         
       
          1.      Pengertian

Berdasarkan KBBI, pemusnahan sampah dengan metode Sanitary Landfill adalah membuang dan menumpuk sampah ke suatu lokasi yang cekung, memadatkan sampah tersebut kemudian menutupnya dengan tanah. Metode ini dapat menghilangkan polusi udara. Definisi lainnya yaitu sistem sanitary landfill merupakan sarana pengurugan sampah ke lingkungan yang disiapkan dan dioperasikan secara sistematis. Ada proses penyebaran dan pemadatan sampah pada area pengurugan dan penutupan sampah setiap hari. Penutupan sel sampah dengan tanah penutup juga dilakukan setiap hari. Metode ini merupakan metode standar yang dipakai secara internasional. Kebanyakan dari masyarakat memanfaatkan cara ini untuk mengurangi polusi di lingkungan mereka agar tidak tercemar. Namun banyak juga usaha pemerintah dalam menanggulangi sampah. Sabitary landfill adalah salah satu cara penanggulangan yang dipakai pemerintah.

2.      Pemanfaatan Sanitary Landfill

Sanitary landfill sudah digunakan oleh banyak tempat dengan prosesnya masing-masing. Kemungkinan alat dan waktu yang diperlukan lah yang membedakan satu sama lain, misalkan penduduk suatu desa yang melakukan sanitary landfill ringan dengan cara menyangkul tanah hingga memiliki kedalaman tertentu dan kemudian memasukkan sampah yang ada ke dalam cekungan tanah yang sudah digali. Sedangkan kota besar ataupun pemerintahan menggunakan alat besar seperti truk atau derek sampah hingga ekspator untuk penggalian  hingga penimbunan sampah.

3.      Contoh Relevansi Penerapan Sanitary Landfill

Banyak yang sudah menggunakan cara ini dalam mengurangi polusi udara contoh penerapannya saja seperti desain sanitary landfill pada topografi extrem di Desa Donowarih Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang, perencanaan TPA Buluminung Kabupaten Penajam Paser Utara dengan sistem sanitary landfill. Menurut Lestari (2014), setiap jenis aktifitas manusia seperti industri dan transportasi harus diterapkan standar baku mutu emisi yang berbeda, tergantung kepada zat pencemar apa yang dihasilkan dari kegiatan tersebut dan apa dampaknya bagi kesehatan.

4.      Keuntungan dan Kerugian Sanitary Landfill
Keuntungan seperti operasi yang singkat, dapat membasmi hama jika dirancang dengan baik, sedangkan kekurangan akan mengakibatkan perluasan tempat sampah yang berantakan jika tidak dirancang dengan baik.   

5.      Daftar Pustaka
 Diharto. 2012. Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan. Studi Perencanaan Tpa Buluminung Kabupaten Penajam Paser Utara Dengan Sistem Sanitary Landfill. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=136773. Diunduh 06 Maret 2012.
Wardhana, dkk. 2013. Jurnal Presipitasi. Studi Pengembangan Teknis Tpa Jeruklegi Kota Cilacap Jawa Tengah Dengan Sistem Sanitary Landfill. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=406019. Diunduh 13 Mei 2013.
Zamzami Septiropa. 2012. Jurnal Gamma. Desain Sanitary Landfill Pada Topografi Extrem Di Desa Donowarih Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=98111. Diunduh 3 Mei 2012.
Fellner, Johann. 2013. Jurnal Rekayasa Kimia & Lingkungan. Sanitary Landfilling – A Key Component of Waste Management. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=111475. Diunduh 10 Januari 2013.
Sutarti, dkk. 2015. Jurnal Sosial Budaya. Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas X MAN 2 Kudus. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=339281. Diunduh 06 Agustus 2015.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.