.

Kamis, 19 Oktober 2017

PENCEMARAN LIMBAH TAMBANG TIMAH DI BELITUNG TIMUR


@E08-wulan; @proyekA06; 
Oleh: Wulan Dari Mulia

Pencemaran adalah masuk atau dimasukkannya mahluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam air atau udara. Pencemaran juga bisa berarti berubahnya tatanan (komposisi) air atau udara oleh kegiatan manusia dan proses alam, sehingga kualitas air atau udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.

Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Di mana masyarakat bermukim, di sanalah berbagai jenis limbah akan dihasilkan. 

Ada sampah, ada air kakus (black water), dan ada air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya (grey water). Limbah padat lebih dikenal sebagai sampah,yang seringkali tidak dikehendaki kehadirannya karena tidak memiliki nilai ekonomis. Bila ditinjau secara kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia Senyawa organik dan Senyawa anorganik. Dengan konsentrasi dan kuantitas tertentu, kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia, sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah. Tingkat bahaya keracunan yang ditimbulkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah.

Pencemaran lingkungan merupakan salah satu peristiwa yang sangat sering terjadi di bumi. Pencemaran ligkungan terdiri dari berbagai aspek misalnya pencemaran udara, pencemaran  air, pencemaran tanah. Contoh dari pencemaran udara yaitu asap kendaraan bermotor, asap pabrik,dll. Sedangkan untuk pencemaran lingkungan terhadap tanah yaitu Sampah plastik, pecahan kaca, logam maupun karet yang ditimbun dalam tanah. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pencemaran lingkungan di provinsi Bangka Belitung yang terkenal dengan pertambangan timahnya.

Pengertian Pencemaran Lingkungan. Pencemaran, menurut SK Menteri Kependudukan Lingkungan Hidup No 02/MENKLH/1988, adalah masuk atau dimasukkannya mahluk hidup, zat,energi, dan/atau komponen lain ke dalam air/udara, dan/atau berubahnya tatanan (komposisi) air/udara oleh kegiatan manusia dan proses alam, sehingga kualitas air/udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya. Untuk mencegah terjadinya pencemaran terhadap lingkungan oleh berbagai aktivitas industri dan aktivitas manusia, maka diperlukan pengendalian terhadap pencemaran lingkungan dengan menetapkan baku mutu lingkungan. Baku mutu lingkungan adalah batas kadar yang diperkenankan bagi zat atau bahan pencemar terdapat di lingkungan dengan tidak menimbulkan gangguan terhadap makhluk hidup, tumbuhan atau benda lainnya. Pada saat ini, pencemaran terhadap lingkungan berlangsung di mana-mana dengan laju yang sangat cepat. Sekarang ini beban pencemaran dalam lingkungan sudah semakin berat. (Ranu syahputra, 2014)

Indeks Pertambangan adalah salah satu indeks saham di Bursa Efek Indonesia yang berbasis di bagian usaha Pertambangan. Usaha - usaha yang tercantum adalah usaha di bidang tambang batubara, migas, logam dan batu - batuan. Ada 21 perusahaan yang tercantum di indeks Pertambangan.

Sayang, potensi timah yang bisa membawa Indonesia menuai pendapatan berlimpah untuk kemakmuran rakyatnya belum diatur secara optimal. Masih sering terjadi penyelundupan timah melalui penambangan ilegal. Bayangkan saja, penambangan ilegal mampu menghasilkan 60 ribu ton per tahun, tak begitu beda jauh dengan jumlah produksi penambangan legal sebesar 71.610 per tahun. Hasil penambangan ilegal tentu tak masuk ke dalam kas negara, terutama dalam bentuk royalti dan pajak.(Muhammad Nuh, 2010).

Koba (Antara Babel) - Tiga sungai di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tercemar limbah tambang dan rumah tangga.
"Pencemaran itu terjadi di hilir sungai karena adanya aktivitas tambang di hulu," kata Kepala Bidang Pengawasan dan Pemulihan Kualitas Air pada Badan Lingkungan Hidup Daerah Beltim, Suparman di Manggar, Senin.
Ia menjelaskan, tiga sungai yang sudah tercemar itu adalah Sungai Pala di Kecamatan Dendang, Sungai Lenggang di Kecamatan Gantung dan Sungai Manggar di Kecamatan Manggar."Dari hasil penelitian pihak BLHD ditemukan limbah yang paling menonjol berasal dari kandungan timah hitam,"ujarnya.
Ia mengatakan, penelitian dilakukan setiap tiga bulan pada tiga sungai tersebut yang sampelnya diambil dari empat tempat yakni hulu, tengah hulu, tengah hilir dan hilir sungai.  (Ahmadi, 2016).

Seharusnya pemerintah lebih teliti dalam memberikan izin tambang bagi perusahan-perusahan tambang di sekitar Bangka Belitung. Hal ini juga menjadi celah bagi para penambang liar yang tidak mendapatkan izin tambang dari pemerintah yang membuang limbah tambang yang langsung mengalir dan tercampur dengan air sungai pasti akan memberikan begitu banyak dampak bagi masyarakat baik kesehatan maupun pendapatan nelayan sekitar sungai yang tercemar.

 Quote of The Day: 
"The foundation stones for a balanced success are honesty, character, integrity, faith, love and loyalty." -Zig Ziglar


Daftar pustaka:
Ahmadi, 2016. Tiga sungai di Belitung timur tercemar limbah tambang. 
Anonim. Pengertian pencemaran. https://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran
Anonym. Pengertian pertambangan. https://id.wikipedia.org/wiki/Indeks_Pertambangan
Anonim. Penegrtian Limbah.  https://id.wikipedia.org/wiki/Limbah
Nuh, Muhammad . 2010. Menyelamatkan kehancuran pertambangan timah Bangka Belitung. https://www.eramuslim.com/berita/laporan-khusus/menyelamatkan-kehancuran-pertambangan-timah-bangka-belitung-2.htm
Syahputra, randu . 2014. Pencemaran ligkungan Bangka Belitung. http://randusyaputra.blogspot.co.id/2014/05/pencemaran-lingkungan-bangka-belitung.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.