.

Selasa, 26 September 2017

UREA


@D09-Huda, @ProyekB04
oleh : Muhammad Huda

UREA

Urea adalah senyawa organik yang tersusun dari unsur karbon, hidrogen, oksigen dan nitrogen dengan rumus CON2H4 atau (NH2)2CO.

Urea merupakan pupuk nitrogen yang paling mudah dipakai. Zat ini mengandung nitrogen paling tinggi (46%) di antara semua pupuk padat. Urea mudah dibuat menjadi pril (butiran) dan mudah diangkut dalam bentuk curah maupun dalam kantong dan tidak mengandung bahaya ledakan. Zat ini mudah larut di dalam air dan tidak mempunyai residu garam sesudah dipakai untuk tanaman. Kadang-kadang zat ini juga digunakan untuk pemberian makanan daun (Austin, 1996).

Urea untuk pertama kali dibuat oleh Wochler pada tahun 1828, yaitu dengan memanaskan ammonium karbamat (NH2COONH4) sehingga berubah menjadi urea (NH2CONH2)

Bahan baku utama dalam proses produksi urea adalah gas alam, air dan udara. Ketiga bahan baku utama tersebut diolah untuk menghasilkan nitrogen (N2), hidrogen (H2), dan karbon dioksida (CO2).
MANFAAT PUPUK UREA
1.      Membuat daun tanaman lebih hijau, rimbun, dan segar.
2.      Mempercepat pertumbuhan tanaman.
3.      Menambah kandungan protein di dalam tanaman
4.      Pupuk urea bersifat universal, sehingga dapat digunakan untuk berbagai jenis tanaman.
Kerugian yang diakibatkan oleh penggunaan pupuk urea yang terlalu banyak.
1.      Yang pasti dengan penggunaan urea yang berlebihan akan mengakibatkan pemborosan biaya usaha tani kita.
2.      Akan merusak tanah, dengan pemberian bahan kimia yang berlebih dan terus menerus akan sangat merusak kesuburan tanah kita. Jika urea diberikan ke tanah akan mengakibatkan tanah menjadi masam. Tanah yang masam  mengakibatkan penyerapan unsur hara tertentu  menjadi terhambat.
3.      Akan mengancam kelangsungan hidup mikroorgansme yang berada dalam tanah
4.      Menjadikan ketergantungan petani terhadap pupuk urea. Seperti kondisi sekarang ini sebagian besar petani seperti kecanduan urea.
5.      Jika pemupukan urea terlalu banyak akan menjadikan tanaman sukulen  sehingga tanaman akan menjadi mudah terserang hama maupun penyakit.

PENGETAHUAN UMUM :
Diaminomethanal
Nama lainnya
carbamide
(NH2)2CO
NC(=O)N
60.07 g/mol
Penampakan
padatan berwarna putih tanpa bau
[57-13-6]





                    





 DAFTAR PUSTAKA :
·        Haris. 01 Maret 2011. Dalam http://artikelkimia.blogspot.co.id/2011/01/urea.html , (diakses tanggal 26 September 2017)
·        Yoush Yahya 8 November 2015. Dalam  http://yusranyahya.blogspot.co.id/2015/08/pengertian-kegunaan-dan-manfaat-pupuk.html , (diakses tanggal 26 September 2017)
·        Maspary. 18 Maret 2011. Dalam http://www.gerbangpertanian.com/2011/03/5-kerugian-penggunaan-urea-berlebih.html , (diakses tanggal 26 September 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.