.

Selasa, 26 September 2017

Natrium Hidroksida (Industri Anorganik)

Natrium Hidroksida (Industri Anorganik)

 Disusun oleh : Yan Setianur @E11-Yan, @ProyekA04

Pengertian dan Sifat

Natrium Hidroksida ( NaOH ) merupakan salah satu senyawa ion yang bersifat basa kuat, kaustik dan memiliki sifat korosif dan higroskopik ( suka menyerap air ). Dalam kehidupan kita sehari-hari,senyawa ini biasa kita sebut dengan nama "soda api" atau "kaustik soda",namun untuk nama resmi atau nama perdagangnganya senyawa ini biasa disebut dengan nama "Sodium Hidroksida". Tingkat kelarutan senyawa natrium hidroksida di dalam air cukup tinggi. Pada suhu 0 C, kelarutan natrium hidroksida berada pada kisaran 418 g/L. Pada suhu  20 C, kelarutan natrium hidroksida berada pada kisaran 1150 g/L.Jika dilihat dari data diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa senyawa ini memiliki tingkat kelarutan yang sangat tinggi.

Kegunaan

Senyawa alkali ini dapat dimanfaatkan dalam berbagai jenis produk yang digunakan di rumah serta di bidang manufaktur dan  industri lainnya. Di sekitar rumah,natrium hidroksida digunakan untuk membuatyang sabun digunakan untuk mandi, mesin pencuci piring dan pencuci pakaian mengandung beberapa jumlah natrium hidroksida. pembersih rumah tangga untuk karpet dan ubin juga mungkin memiliki beberapa sejumlah kecil senyawa juga. Jumlah tersebut sebenarnya digunakan dalam jenis produk sangat sedikit, sehingga sangat tidak mungkin bahwa kontak dengan kulit akan menyebabkan  iritasi.
Natrium hidroksida digunakan dalam banyak industri. Salah satunya adalah digunakan dalam pembuangan gas dengan cara menghilangkan asam sebelum membuang gas tersebut ke udara atau lingkungan terbuka. Misalnya gas yang dikeluarkan dari pembakaran bahan bakar fosil yang mengandung banyak gas digunakan secara luas adalah menghilangkan gas tersebut dengan larutan natrium dan kalsium hidroksida. Teknik ini juga digunakan dalam proses pemurnian bahan kimia seperti pada pemurnian bauksit di bawah ini
Penggunaan utama lain dari natrium hidroksida adalah dalam pembuatan kertas dari kayu. Dalam proses kertas yang paling sering digunakan adalah proses Kraft, kayu diperlakukan dengan larutan yang mengandung campuran antara natrium sulfida dan natrium hidroksida. Sebagian besar bahan yang tidak diinginkan dari kayu seperti lignin, larut dalam campuran larutan tersebut, sedangkan selulosa bahan utama kertas yang relatif murni dapat disaring. Dan selulosa setelah pemurnian ini  lebih lanjut menjadi dasar kertas.
Kegunaan lain termasuk produksi surfaktan, sabun dan pemutih, untuk pemutih biasanya diproduksi dengan melewatkan gas klorin ke dalam larutan natrium hidroksida, yang menghasilkan larutan yang mengandung natrium klorat (I) (natrium hipoklorit)

Natrium hidroksida digunakan dalam pembuatan bahan kimia organik, salah satu yang paling penting adalah epoxypropana (propilena oksida), yang digunakan selanjutnya untuk membuat poliuretan. Propena diperlakukan dengan klorin dalam air untuk membuat campuran 1-chloropropan-2-ol dan 2-chloropropan-1-ol. Bentuk Epoxypropane terbentuk pada penambahan larutan baik natrium hidroksida atau kalsium hidroksida.

Bahaya

·                     Iritasi berat bila terhirup, bersin, radang tenggorokan/pilek, bahkan pneumonitis berat.
·                     Tertelan : luka bakar serius pada mulut, tenggorokan dan perut. Kerusakan pada jaringan dan kematian. Pendarahan, mual, diare, tekanan darah rendah.
·                     Kontak pada mata : korosif, iritasi dan luka bakar yang dapat berakibat pada kerusakan penglihatan secara permanen, bahkan pada kebutaan.

                                                                                            


 Daftar Pustaka:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.