.

Senin, 04 September 2017

Peranan Kimia Dalam Berbagai Bidang

Peranan Kimia Dalam Berbagai Bidang 
 @E12-Guntur
oleh : Guntur Wahyu Prasetiyo


Ilmu kimia berperan pada berbagai bidang yang lain, disini kita akan membahas apa saja peranan ilmu kimia dalam berbagai bidang

     1.) Peranan Kimia Dalam Bidang Kesehatan
      Ilmu kimia berperan sangat penting dalam bidang kesehatan, karena kemajuan ilmu kimia berperan dalam penemuan/eksperimen dan penelitian obat obatan untuk manusia.
2.) Peranan Kimia Dalam Bidang Pertanian
     Kimia di bidang pertanian sangatlah penting pada era modern seperti ini. Kemajuan ilmu kimia berperan dalam penemuan dan pembuatan komposisi baru pada pertanian seperti pada pembuatan obat pembasmi hama yang notabene terdiri dari bahan-bahan kimia, kemudian sekarang ini telah berkembang banyak jenis dari pupuk-pupuk kimia di pasaran yang juga hasil dari kemajuan ilmu kiia di bidang pertanian. 
3.) Peranan Kimia Dalam Bidang Geologi
     Peran ilmu kimia di bidang geologi adalah mempermudah geolog dalam mempelajari kandungan  material bumi seperti logam maupun minyak bumi dalam sifat-sifat kimia dalam berbagai material bumi dan teknik analisisnya.
     4.) Peranan Kimia Dalam Bidang Hukum
     Di Bidang Hukum manfaat di bidang hukum yaitu ketika terjadi kejahatan-kejahatan ataupun pembunuhan, dengan begitu di butuhkan sample hasil tes DNA, yang menggunakan ilmu kimia.
     5.) Peranan Kimia Dalam Bidang Pertenakan
     Ilmu kimia kimia pada bidang peternakan sangatlah berperan khususnya untuk peternakan  di era modern ini, Kemajuan dari ilmu kimia mendorong terobosan-terobosan baru yang dapat meningkatkan nilai ekonomis dari hasil peternakan, contohnya pada penggunaan hormon penggemuk sapi, proses pengolahan limbah itu sendiri menjadi pupuk, dll yang di dalam nya mengandung proses proses senyawa kimia seperti gas methane, ammonia dan gas organic lainnya.
     6.) Peranan Kimia Dalam Bidang Biologi
      Peranan kimia di bidang Biologi  tak bias di lepaskan, mengingat dari objek2 biologi yang terdiri dari unsur2 senyawa kimia. Pembelajaran enzim, hormon, dll termasuk dari adanya peranan kimia dalam bidang biologi
     7.)Peranan Kimia Dalam Bidang Industri
      Penerapan ilmu kimia di bidang industri, ilmu kimia sering kali sangat di butuhkan. Mesin- mesin di industri membutuhkan logam yang baik dengan sifat tertentu yang sesuai dengan kondisi dan bahan-bahan yang di gunakan. Seperti semen, kayu, cat, beton, dsb. Dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu kimia.
      8.)Peranan Kimia Dalam Bidang Arsitektur
      Kimia berperan penting dalam bidang arsitektur. Dengan kemajuan ilmu kimia maka berkembang pula keragaman arsitektur, fariasi model dan bahan-bahannya. Contohnya dengan adanya penggunaan semen, cat dinding dalam desain pewarnaan, dll.


Daftar Pustaka :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.