.

Kamis, 15 Desember 2016

Isu Lingkungan Seputar Industri Kimia

Isu-isu lingkungan seperti perubahan iklim, polusi air, dan energi terbarukan membuat berita utama dan telah menjadi semakin penting dalam kehidupan sehari-hari.
Banyak orang yang menganggap Kimia dan Industri Kimia sebagai hal yang berbahaya bagi lingkungan.
Namun, banyak kemajuan baru yang dan penelitian di bidang ilmiah di bidang kimia yang membantu kita untuk mengembangkan bahan yang lebih ramah lingkungan dan aplikasi, sambil menjaga kualitas dan gaya hidup yang kita terapkan.

Selama bertahun-tahun, perusahaan industri dan masyarakat luas telah menjadi sadar akan efek merusak kehidupan dari beberapa praktek masalalu dan kebutuhan untuk melindungi lingkungan. Di masa lalu, hanya beberapa orang yang menyadari efek berpotensi negatif atas gaya hidup modern kita yang mungkin terjadi terhadap lingkungan, dan hanya melihat potensi positif untuk menciptakan sesuatu yang baru, bahan yang berguna dan produk.

Penelitian dalam ilmu biologi dan kimia telah mengungkapkan bahwa proses industri kimia dan petrokimia bisa memainkan peran dalam mengembangkan solusi untuk masalah lingkungan seperti perubahan iklim, pengolahan sampah, daur ulang, efisiensi energi, dll. Tanpa Kimia, kita mungkin tidak akan pernah benar-benar memahami masalah ini. Perubahan besar telah di buat dan masih sedang dilakukan untuk memberikan solusi alternatif.
Ahli kimia dan petrokimia sekarang meneliti metode baru yang berkelanjutan dan ramah lingkungan sambil mempertahankan pembangunan ekonomi dan industri. Seperti :
·         BahanBakarBio : Bahan bakar transportasi yang berasal dari BioMassa. Berbagai macam BioMassa seperti  tebu, jagung, jerami, kayu, hewan, dan limbah bisa diubah menjadi bahan bakar untuk transportasi
·         BioPlastik : produksi bahan plastik dengan menggunakan sumber-sumber alam seperti tanaman.
·         Insolasi : Secara arti Insolasi adalah, radiasi pancaran sinar matahari yang mencapai ke bumi. Dengan itu di tingkatkan material untuk mengubahnya menjadi sumberdaya yang lebih berguna.
·         Komposit plastik ringan : Membantu mengurangi konsumsi bahan bakar mobil dan pesawat.
·         Sel bahan bakar : Bila di gunakan untuk mobil listrik atau sepeda motor, sel bahan bakar hidrogen menghasilkan uap air bukan gas buang.
·         Teknologi pencahayaan baru :Teknologi pencahayaan seperti OLED (Organic Light Emiting Dioda) yang bisa menghasilkan lebih banyak cahaya dengan sedikit listrik.
·         Turbin angin dan panel surya : Keduanya bergantung pada bahan yang di produksi oleh industri Kimia. Baling-baling logam turbin angin sebagian besar telah di gantikan oleh pisau yang terbuat dari polyester fiberglass, yang diperkuat untuk berdiri dengan cuaca yang berat.

Penguatan ilmu kimia melalui penelitian dan pengembangan yang di perlukan untuk memungkinkan kita mempertahankan kehidupan yang nyaman dalam harmoni dengan lingkungan dan alam. Ini menggambarkan tantangan terbesar dari semua ilmu pengetahuan modern, dan terutama dengan orang-orang yang berkaitan lingkungan.

Sumber :





9 komentar:

  1. @A32-VARATRI

    poin 3

    tanaman jenis apa yg dgunakan untuk bioplastik?

    BalasHapus
  2. @A17-DHICO
    Poin 3
    Artikelnya bagus, jika penulisan diperbaiki akan lebih menarik
    Apa dampak positif dan negatif dari industri kimia?

    BalasHapus
  3. @A24 - TANIA

    POIN 3

    Artikel sudah baik dan bermanfaat

    contoh tanaman yang digunakan untuk bioplastik

    BalasHapus
  4. @A16-SITI
    POIN 3

    artikelnya bermanfaat

    sebutkan contoh material dalam proses insolasi

    BalasHapus
  5. @A28-ZAKI

    POIN 3

    LUAR BIASA

    Apakah isu lingkungan industri kimia adalah pengalihan isu ?

    BalasHapus
  6. @A29-Fauzi

    Point 3

    Menarik artikelnya

    BalasHapus
  7. @A07-RONA

    Poin 3

    Artikel bagus dan menarik

    bagaimana cara kita dalam menghadapi isu-isu kimia ?

    BalasHapus
  8. @A12-ZARICA
    POIN 3
    artikelnya bagus
    bagaimana cara komposit plastik ringan membantu mengurangi konsumsi bahan bakar mobil dan pesawat?

    BalasHapus
  9. @A15-Raniyah

    Poin 3

    1. Artikel dan Mindmapnya bagus dan jelas

    2. Sebutkan contoh teknologi pencahayaan baru

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.