.

Rabu, 07 September 2016

OKSIGEN



Pengertian Oksigen
Oksigen adalah gas unsur kimia yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa yang muncul dalam kelimpahan yang besar di bumi, terperangkap oleh atmosfer. Banyak orang yang akrab dengan oksigen, karena merupakan komponen vital dari proses respirasi; tanpa itu, sebagian besar organisme akan mati dalam beberapa menit.


Sejumlah bentuk oksigen dan senyawa yang dapat ditemukan di alam. Gas ini juga dapat diisolasi dan dijual dalam bentuk murni untuk berbagai macam kegunaan, dan pertama kali diisolasi dan diidentifikasi pada tahun 1774. Nomor atom oksigen adalah delapan, dan diidentifikasi oleh simbol O pada tabel periodik unsur.
Selain menjadi sangat luas didistribusikan di Bumi, juga merupakan unsur yang paling melimpah ketiga di alam semesta, dan itu adalah katalis utama dalam banyak reaksi kimia. Oksidasi adalah salah satu reaksi tersebut, dan itu terjadi ketika bercampur dengan unsur-unsur dan senyawa lainnya. Oksigen juga memainkan peran dalam pembakaran.

 

Kenggunaan Oksigen

Dalam pengobatan, oksigen memiliki beberapa manfaat. Hal ini kadang kadang ditawarkan untuk terapi pasien yang mengalami kesulitan bernafas. Oksigen juga digunakan dalam campuran anestesi, memastikan bahwa pasien mendapatkan pasokan yang konsisten dari gas saat tidak sadar. Unsur ini juga berperan dalam pengelasan dan industri, yang dikombinasikan dengan zat asitelin. misalnya untuk membuat obor las.
Meskipun oksigen murni digunakan secara medis dan rekreasional, tetapi dapat juga membawa keadaan euforia ringan, berpotensi berbahaya. Dalam lingkungan tekanan tinggi, toksisitas yang berlebihan dapat merusak paru-paru, seringkali cukup parah. Tergantung pada tekanan, gejala dapat muncul segera, atau mereka mungkin memakan waktu beberapa jam sampai terjadi, di mana pada titik itu bisa terlambat.
Gas tersebut juga merupakan bahaya dalam reaksi pembakaran yang serius, dan beberapa senyawa seperti ozon dan hidrogen peroksida akan sangat beracun. Senyawa ini dapat merusak sel-sel dan DNA jika mereka dibiarkan. Organisme hidup harus mengkonsumsi diet tinggi antioksidan untuk membantu mencegah salah satu bentuk kerusakan ini, yang disebabkan oleh radikal bebas didalam tubuh.

Manfaat  Oksigen Bagi Tubuh

1.Diperlukan dalam sistem pernapasan
Oksigen diperlukan dalam proses pernapasanpada manusia, dikarenakan oksigen memiliki peran sebagai pemenuhan kenutuhan metabolisme tubuh. Bila manusia tidak ada lagi oksigen, kecil harapan untuk hidup. Oksigen diperlukan oleh semua makhluk hidup, bila tidak ada okigen manusia menujuh kepunahan dan menuju kehancuran.
2.Membantu Fungsi Sel Tubuh Manusia
Salah satunya adalah, didalam tubuh manusia ada bakteri aerob yang hanya bisa hidup dikarenakan adanya oksigen yang masuk kedalam tubuh. Bakteri inilah yang bertanggung jawab terhadap terjadinya penguraianlimbah yang dilakukan oleh bakteri aerob didalam usus.
3.Mencegah Pertumbuhan Sel Aerob
Oksigen mencegah pertumbuhan sel aerob pada tubuh. Dimana bakteri aerob pada tubuh, bila kekurangan kadar oksigen, maka perkembangannya akan meningkat. Sehingga limbah yang dihasilkan semakin bertumpuk dan membahayakan tubuh.
4.Membantu Sistem Peredaran Darah
Sistem peredaran darah pada manusia dipengaruhi adanya oksigen. Tubuh membutuhkan oksigen dengan nilai persentase 90% keatas. Karena ketika oksigen didalem darah berkurang, maka akan menyebabkan kesulitan bernafas (sesak nafas).

 

Sifat Umum Oksigen

§    Oksigen adalah tidak berwarna, tidak berbau, gas hambar.
§    Rumus molekul oksigen O2.
§    Nomor atom adalah 8.
§    Massa atom adalah 15,999 g / mol
§    Densitasnya adalah 1,429 kg / m3 pada 20 ° C.
§    Titik didih adalah -183 ° C.
§    Titik lelehnya adalah -219 ° C
§    Oksigen lebih larut dalam air dibandingkan nitrogen; air mengandung sekitar 1 molekul O2 untuk setiap 2 molekul N2, dibandingkan dengan rasio atmosfer sekitar 1: 4.
§    Kelarutan oksigen dalam air tergantung suhu.
§    Pada 25 ° C dan 1 atmosfer standar (101.3 kPa) dari udara, air tawar mengandung sekitar 6.04 mililiter (mL) oksigen per liter, sedangkan air laut mengandung sekitar 4,95 mL per liter.
§    Oksigen mengembun pada 90,20 K (-182,95 ° C, -297,31 ° F). O2 cair dan padat adalah zat yang bening dengan cahaya langit-biru warna yang disebabkan oleh penyerapan warna merah.
§    Oksigen cair juga dapat diproduksi dengan kondensasi dari udara, dengan menggunakan nitrogen cair sebagai pendingin.
§    Ini adalah zat yang sangat reaktif dan harus dipisahkan dari bahan yang mudah terbakar.


DAFTAR PUSAKA :









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.