.

Jumat, 19 Agustus 2016

Teknologi Nano Hijau



Oleh : Muhamad Iqbal
 Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang nano tekonologi, alangkah baik nya kita mengetahui apa itu “Teknologi” lebih bermakna sebagai penerapan pengetahuan untuk tujuan praktis. Sedangkan “teknologi hijau” adalah teknik untuk menghasilkan energi atau produk yang tidak mencemari atau meracuni lingkungan hidup. Teknologi hijau masih terus dikembangkan hingga saat ini.  Untuk masa datang, “teknologi hijau” merupakan suatu bidang yang akan melahirkan banyak inovasi dan perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Boleh dikatakan perkembangan teknologi hijau ini dapat disejajarkan dengan ledakan “teknologi informasi” selama dua dekade terakhir ini. Teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian atau keberlanjutan kehidupan di planet bumi ini. Kelestarian atau keberlanjutan (sustainabilitas) yang dapat diartikan sebagai perihal pemenuhan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan di masa depan tanpa merusak sumber daya alam, atau pemenuhan kebutuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.


Macam Macam Studi Teknologi Hijau

Gambar :  https://greenfreshday.wordpress.com/2013/01/14/teknologi-hijau/
Studi tentang teknologi hijau yang masih terus dikembangkan dan merupakan kecenderungan teknologi di masa datang, antara lain mencakup bidang-bidang, a.l: Energi terbarukan (renewable energy); Bangunan hijau/ramah lingkungan (green building); Kimia hijau (green chemistry) dan Teknologi Nano Hijau (green nanotechnology).
TEKNOLOGI NANO HIJAU
Disini saya hanya akan menjelaskan tentang Teknologi Nano hijau, Teknologi-Nano adalah pembuatan dan penggunaan materi atau devais pada ukuran sangat kecil. Materi atau devais ini berada pada ranah 1 hingga 100 nanometer (nm). Satu nm sama dengan satu-per-milyar meter (0.000000001 m), yang berarti 50.000 lebih kecil dari ukuran rambut manusia. Saintis menyebut ukuran pada ranah 1 hingga 100 nm ini sebagai skala nano (nanoscale), dan material yang berada pada ranah ini disebut sebagai kristal-nano (nanocrystals) atau material-nano (nanomaterials). Skala nano terbilang unik karena tidak ada struktur padat yang dapat diperkecil. Hal unik lainnya adalah bahwa mekanisme dunia biologis dan fisis berlangsung pada skala 0.1 hingga 100 nm. Pada dimensi ini material menunjukkan sifat fisis yang berbeda; sehingga saintis berharap akan menemukan efek yang baru pada skala nano dan memberi terobosan bagi teknologi.
Menurut Kaehler (1994) pengertian dari Nano Teknologi adalah, “Molecular nanotechnology is an engineering discipline in which the goal is to build devices and structures that have every atom in the proper place. By means of this general purpose material-processing technology it will be possible to build almost any rigid, covalently bonded structure. Identical parts will be truly identical, enabling energy conversion and computation systems to have extremely high performance and reliability”

Gambar :http://nanosmartfilter.com/tag/filter-air-limbah-industri-nano-teknologi/
“nanoteknologi molekul adalah disiplin teknik di mana tujuannya adalah untuk membangun perangkat dan struktur yang memiliki setiap atom di tempat yang tepat . Dengan cara tujuan teknologi pengolahan bahan umum ini akan mungkin untuk membangun hampir semua kaku , struktur kovalen . bagian yang identik akan benar-benar identik , memungkinkan sistem konversi energi dan komputasi untuk memiliki kinerja yang sangat tinggi dan kehandalan “.

APLIKASI TEKNOLOGI NANO

Teknologi Nano adalah teknologi masa depan. Diperkirakan dalam 5 tahun kedepan seluruh aspek kehidupan manusia akan menggunakan produk-produk yg menggunakan teknologi nano yg diaplikasikan dalam bidang : 

      1. Medis dan pengobatan

      2. Home apliance

      3. Farmasi

      4. Lingkungan hidup

      5. Komputer
      6. Kosmetik
      7. Militer
      8. Tekstil
      9. Konversi energi

 

DAFTAR PUSTAKA
Wibowo, Arif Sony. 2015. Apa Itu Nano Teknologi, https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=4413885301223085724#editor/target=post;postID=9014414797528661306;onPublishedMenu=allposts;onClosedMenu=allposts;postNum=2;src=link
Diakses pada tgl 19-08-2016

Kaehler. 1994. Nanotechnology: basic concepts and definitions, http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8070103
Diakses pada tgl 19-08-2016

Anonimus. 2016. Teknologi Nano Hijau, https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_nano_hijau
Diakses pada tgl 19-08-2016

Shidqi, Fauzul. 2015. Teknologi Nano Dan Teknologi Pangan, http://nanotechb.blogspot.co.id/
Diakses pada tgl 19-08-2016

Nuris, Dini. 2013. Teknologi Hijau Solusi Cerdas Bagi Pemanasan Global, http://www.kompasiana.com/dininuris/teknologi-hijau-solusi-cerdas-bagi-pemanasan-global_552931adf17e61824a8b458f
Diakses pada tgl 19-08-2016   


   

13 komentar:

  1. wida (077)
    artikel yang anda buat sangan baik, tetapi disini tidak dijelaskan terobosan tentang teknologi nano hijau saat ini. yang ingin saya tanyakan yaitu apakah saat ini belum adanya inovasi suatu produk dari teknologi nano hijau?

    BalasHapus
  2. Teddy 049

    Sedikit mengenai teknologi nano hijau , mungkin ini akan jadi terobosan yang bagus untuk kedepan nya bagi kehidupan manusia .

    pertanyaannya : apakah ada dampak dari menggunaan teknologi nano di semua bidang??

    BalasHapus
  3. Stefanie (023)
    Saran : Seharusnya pembahasan mengenai teknologi nano hijau bisa lebih banyak lagi, seperti apa peranan teknologi nano hijau dalam bidang-bidang diatas tidak hanya pembahasan mengenai pengertian dari teknologi nano hijau saja.
    Pertanyaan : apakah sekarang ini sudah ada beberapa dari bidang diatas yang mulai menerapkan teknologi nano hijau ini?

    BalasHapus
  4. wida (077)
    artikel yang anda buat sangan baik, tetapi disini tidak dijelaskan terobosan tentang teknologi nano hijau saat ini. yang ingin saya tanyakan yaitu apakah saat ini belum adanya inovasi suatu produk dari teknologi nano hijau?

    BalasHapus
  5. Pazrin (001)

    Komentar:
    Sangat menarik pembahasan artikel diatas, mengenai teknologi nano hijau saat ini memang berkembang pesat, dari mulai dunia medis sampai informasi. Namun disisi lain kita belum tahu dampak negatif dari penggunaan teknologi nano hijau dan seharusnya para peneliti mencari apa pokok permasalahan dalam pengembangan teknologi nano hijau.

    Pertanyaan:
    Ketika berbicara masalah teknologi nano hijau, masyarakat seperti kebingungan mencernanya. Apakah perlu disebarluaskan mengenai pengembangan teknologi yang pesat ini? atau cukup para ilmuan saja sebagai pengembangnya yang tahu sampai nanti benar-benar "finish" ?

    BalasHapus
  6. bahrul (055). setiap gas bisa dikatakan sebagai polusi jika konsentrasi cukup tinggi untuk menyebabkan terjadinya berbagaidampak negatif akibat polusi udara. secara teoritis, terdapat puluhan gas yang menimbulkan polutan. namun dalam faktanya terdapat sepuluh bahan yang menimbulkan pencemaran udara dengan dampak yang paling membahayakan.

    yang jadi pertanyaan terbesar adalah jika polusi udara tersebut sangat membahayakan. penanganan apa yang yang sudah di lakukan ? jika sudah ada jelaskan langkah-langkah penanganannya !

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Samsul Hadi (037)
    Teknologi nano semakin populer dizaman sekarang bahkan diterapkan dalam industri. penanoan suatu bahan yang berasal dari bahan alami atau nano hijau akan membuat kehidupan manusia lebih berkualitas terlebih lagi banyak bahan-bahan organik yang mulai di nano kan dan di industrikan sehingga kita berharap kedepannya semua produk yang kita gunakan berasal dari nanoisasi bahan-bahan alami yang aman dan dapat diperbaharui.


    Apakah nano teknologi hijau yang digunakan dalam industri farmasi bisa menggantikan nano teknologi sintetis kimia yang selama ini kita gunakan? apakah khasiat dari produk farmasi nya lebih baik? Terimakasih

    BalasHapus
  9. Artikel yang bagus karena dengan artikel ini saya bisa mengetahui apa itu nanoteknologi serta aplikasinya dalam bidang kehidupan manusia.
    Pertanyannya, apa fungsi dan tujuan utama pembuatan produk nanoteknologi ini bagi lingkungan?

    020-BINTANG

    BalasHapus
  10. Riswandi (071)

    Mungkin artikel ini Mind Map Nya kurang mendetail,supaya mind map nya bisa di pahami lagi oleh pembaca

    Pertanyaan :
    1. Apakah di indonesia sudah menerapkan teknologi nano? Dan apakah pengaruh teknologi nano tersebut?

    BalasHapus
  11. Raafi (064)

    mungkin masih banyak yang belum tau tentang tekhnologi nano ini , artikel ini sangat membantu

    brkembang dalam bidang apa saja tekhnologi nano ?

    BalasHapus
  12. apasajakah penerapan yang sudah mulai dilakukan untuk teknologi nano hijau

    BalasHapus
  13. apasajakah penerapan yang sudah mulai dilakukan untuk teknologi nano hijau

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.