.

Sabtu, 06 Agustus 2016

Industri Semen



Semen adalah zat yang digunakan untuk merekatkan  batu, bata, batako, maupun bahan bangunan lainnya.
Sedangkan kata semen sendiri berasal dari caementum, yang artinya "memotong menjadi bagian-bagian kecil tak beraturan".
Terdapat dua jenis material yang penting bagi produksi semen: yang pertama adalah yang kaya akan kapur atau material yang mengandung kapur seperti batu gamping, kapur, dll., dan yang kedua adalah yang kaya akan silika atau material mengandung tanah liat. Batu gamping dan tanah liat dikeruk atau diledakkan dari penggalian dan kemudian diangkut ke alat penghancur.

BAHAN BAKU UTAMA
Bahan baku utama merupakan bahan baku yang mengandung komposisi kimia oksida-oksida kalsium, silika dan alumina. Batuan alam yang tergolong bahan baku utama adalah “Calcareous” dan “Argillaceous”


Calcareous

Calcareous pada dasarnya adalah semua batuan alam yang mengandung semyawa CaCO3 dan  digunakan  sebagai  sumber oksida kalsium.  Batuan alam yang termasuk calcareous dan paling banyak dipakai adalah “limestone” (batu kapur), “chalk” dan “marl”,  ketiga batuan alam tersebut dibedakan berdasarkan kandungan senyawa CaCO3 dan kekerasannya.
Mineral utama dalam batuan ini adalah calcite, berbentuk kristal hexagonal dan aragonit, berbentuk kristal rhombic, karena di alam didapatkan bercampur dengan tanah liat dan oksida-oksida lain, warna batu kapur menjadi abu-abu sampai kuning.

Argillaceous



Argillaceous pada umumnya  terdapat sebagai batuan alam yang mengandung okisda silika dan alumina, secara umum jenis-jenisnya dibedakan berdasarkan kandungan silika (pasir / sand), alumina (clay) dan ukurannya Disamping oksida tersebut terdapat pula senyawa-senyawa lain seperti oksida-oksida besi, kalsium, magnesium, sulfur, kalium, natrium, titanium, chromium, mangan dan phosphor. Batuan alam yang termasuk argillaceous dan paling banyak digunakan adalah tanah liat (clay).



daftar pustaka

Maulhidayat, komposisi kimia semen, 2012

sari maya, manfaat semen, 2015,
http://manfaat.co.id/manfaat-semen



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.