.

Jumat, 29 Juli 2016

BAHAN BAKAR FOSIL


BAHAN BAKAR FOSIL

Bahan bakar fosil terbentuk jutaan tahun yang lalu ketika tanaman, hewan dan makhluk lainnya meninggal dan dikubur di bawah bumi. Jasad mereka secara bertahap berubah selama bertahun-tahun karena panas dan tekanan dalam kerak bumi dan dibentuk untuk batubara, minyak dan gas.
Bahan bakar fosil, adalah sumber daya alam yang mengandung hidrokarbon seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam. Penggunaan bahan bakar fosil ini telah menggerakan pengembangan industri dan menggantikan kincir angin, tenaga air, dan juga pembakaran kayu atau peat untuk panas.
Berikut adalah proses pembentukan bahan bakar fosil Minyak bumi, Batu Bara, dan Gas Alam
Bahan bakar ini terbentuk dari tindakan bakteri dan tekanan lapisan tanah pada sisa-sisa organisme renik yang hidup jutaan tahun silam. Energi ini pada mulanya berasal dari Matahari dan tersimpan sebagai energi kimia potensial melalui fotosintesis. Batu bara adalah bahan bakar pertama yang digunakan dalam jumlah sangat besar. Batu bara mentah dapat dibakar untuk menghasilkan panas. Apabila batu bara dipanaskan di dalam tangki tertutup, ia menghasilkan gas yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar.


Minyak Bumi
'Gas batu bara' ini memberikan pasokan energi yang cocok untuk rumah tangga selama abad ke-19 dan awal abad ke-20. 'Gas alam' serupa dengan gas batu bara. Gas ini sering ditemukan di dekat minyak, yaitu bahan bakar fosil yang mendominasi pasokan sumber energi pada abad ke-20. Dari minyak mentah dapat dihasilkan bensin dan bahan bakar lain, yang dapat dibakar agar melepaskan energi. Sekali terbakar, bahan bakar fosil tidak dapat digunakan lagi, dan gas yang dikeluarkan dari bahan bakar fasil yang terbakar dapat mencemari Bumi. Oleh karena itu, perlu diperhatikan untuk menggunakan bahan bakar fosil secara efisien.

Bagaimanakah proses pembentukan Minyak bumi, Batu bara, dan gas sebagai bahan bakar fosil? Pembentukan batu bara di awali ketika bumi lebih kurang 300 juta tahun yang lalu sebagian besarnya terdiri dari rawa dan hutan yang penuh dengan tumbuh-tumbuhan. Tumbuhan tersebut adalah gudang alami energy kimia sebagai hasil fotosintesis. Ketika tumbuh-tumbuhan mati, sebagian di antaranya terkubur. Dalam keadaan yang tepat tumbuh-tumbuhan itu perlahan-lahan berubah menjadi energy yang membatu (batu bara) dalam bentuk seperti sekarang ini.
 
Sedangkan, minyak dan gas alam biasanya ditemukan secara bersamaan. Pembentukan minyak dan gas alam dimulai jutaan tahun yang lalu ketika energy matahari tersimpan dalam organisme renik di laut seperti ganggang dan plankton. Organisme ini terkubur dalam lapisan sedimen atau endapan, seperti pasir dan garam. Selama jutaan tahun itu, zat kimia pembentuk organism berubah menjadi minyak dan gas alam karena bakteri dan tekanan lapisan sedimen yang semakin banyak membelahnya. Tekanan karang 8Bumi yang bergerak menyebabkan lipatan atau pematahan. Minyak dan gas alam sering terkumpul dalam di antara lapisan itu. Karena sifat minyak dan gas yang lebih renggang daripada air, sehingga dapat naik melalui karang berpori. Kemudian minyak dan gas terkumpul di bawah lapisan karang yang tak berpori, yang disebut karang tampungan. Dengan meneliti secara seksama pembentukan karang, maka situs minyak dan gas alam dapat diperkirakan dengan ketepatan yang tinggi
Contoh Bahan Bakar Fosil Minyak
Bahan bakar fosil yang paling penting berasal dari minyak bumi, yang merupakan minyak alami yang ditemukan di bawah tanah. Hal ini tidak banyak digunakan dalam keadaan aslinya tetapi dibuat menjadi bahan bakar seperti bensin, parafin, minyak tanah, minyak menguap minyak dan diesel. Ini diperoleh melalui proses yang disebut distilasi.

Benzole adalah bahan bakar cair seperti bensin diperoleh jika dibuat menjadi gas. Bahan bakar yang disebut gas alam, sering ditemukan di mana ada minyak bumi, adalah senyawa hidrogen dan karbon yang dikenal sebagai metana.Gas alam ditemukan di bawah Laut Utara pada tahun 1965, dan menyediakan sekitar setengah dari kebutuhan gas ke Inggris.

Uranium yang digunakan dalam nuklir dalam reaktor nuklir disebut “bahan bakar” meskipun proses ini tidak salah satu dari pembakaran. Sebuah sel bahan bakar hidrogen yang menggabungkan dengan oksigen dengan cara yang mengubah reaksi kimia adalah sama seperti jika ada pembakaran. Minyak adalah salah satu bahan bakar fosil yang paling umum digunakan. Kata itu berarti “minyak batu”.

Minyak dan produk-produknya sangat bermanfaat dalam kehidupan saat ini. Produk ini termasuk bahan bakar motor, minyak tanah, minyak diesel, lilin dll bensin, tentu saja digunakan dalam kendaraan bermotor. Minyak tanah digunakan dalam lampu minyak, traktor pertanian, jet mesin pesawat dll.

Di desa-desa, minyak tanah memiliki penggunaan yang sangat penting. Minyak Diesel digunakan dalam mesin diesel bus, traktor, truk, kapal dan lebih banyak kendaraan menggunakannya. Pelumas juga dibuat dari produk sampingan dari minyak bumi. Hal ini diperlukan untuk membuat mesin apapun berjalan lancar dan mudah. Bitumen digunakan dalam aspal dan untuk pemeriksaan air.
Bahan bakar fosil juga memilii keleihan ddan kekurangan seperti berikut

Kelebihan Bahan Bakar Fosil
mampu menghasilkan listrik dalam jumlah besar di satu lokasi
relatif lebih mudah untuk ditemukan
relatif hemat biaya
transportasi mudah melalui pipa
bahan bakar ini sangat stabil bila dibandingkan dengan zat lain
untuk saat ini banyak tersedia
memiliki potensi besar untuk melistriki seluruh dunia
telah teruju dan memiliki potensi untuk pembangunan berkelanjutan
jauh lebih murah daripada bentuk-bentuk non- konvensional energy

Kekurangan Bahan Bakar Fosil

·         Bahaya Lingkungan: Pencemaran lingkungan merupakan salah satu kelemahan utama dari bahan bakar fosil. Sudah menjad fakta yang diketahui semua orang bahwa karbon dioksida, yang merupakan gas yang dilepaskan ketika bahan bakar fosil dibakar, merupakan salah satu gas utama yang bertanggung jawab untuk pemanasan global. Kenaikan suhu bumi telah mengakibatkan mencairnya es di kutub, banjir daerah dataran rendah dan kenaikan permukaan air laut. Jika kondisi ini berlanjut, Bumi kita mungkin menghadapi beberapa konsekuensi serius dalam waktu dekat.

·         Hujan Asam: Sulfur dioksida adalah salah satu polutan yang dilepaskan ketika bahan bakar fosil dibakar dan merupakan penyebab utama hujan asam. Hujan asam dapat menyebabkan kerusakan bangunan yang terdiri dari bata. Bahkan tanaman dapat terpengaruh karena pengasaman tanah liat. Pertambangan batubara menyebabkan rusaknya ekosistem dan juga membahayakan nyawa penambang.

·         Dampak tumpahan minyak kepada kehidupan air : Bahan bakar fosil dibutuhkan dalam cadangan besar di mana pun pembangkitnya. Ini mengharuskan bahan bakar untuk diangkut ke lokasi yang diinginkan melalui truk, kereta api, kapal atau pesawat. Sering kita mendengar dari adanya kebocoran di kapal tanker minyak atau kapal tenggelam yang membawa minyak mentah. Dampak dari ini adalah bahwa minyak mentah mengandung beberapa zat beracun yang bila bercampur dengan air menimbulkan dampak serius pada kehidupan air. Transportasi minyak mentah melalui laut dapat menyebabkan tumpahan minyak yang dapat menimbulkan bahaya terhadap kehidupan air dengan mengurangi kandungan oksigen di air.

MIND MAP 


1 komentar:

  1. Nih gue ada solusi mengenai masalah bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan, nih gue kasih solusinya, yaitu pakai Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.