.

Kamis, 13 Juni 2013

Yodium



Yodium adalah halogen yang reaktivitasnya paling rendah dan paling bersifat elektropositif. Yodium terutama digunakan dalam medis, fotografi, dan sebagai pewarna. Seperti halnyasemua unsur halogen lain, yodium ditemukan dalam bentuk molekul diatomik.
 Dalam tubuh terkandung sekitar 25mg yodium yang tersebar dalam semua jaringan tubuh, hampir 80% yodium dalam tubuh ditemukan dalam kelenjar tiroid dan hampir seluruhnya terdapat dalam hormone tiroid.
Sekitar 10% dari populasi dunia memiliki resiko mengalami kekurangan yodium dan menurutdata Global Progress Report WHO tahun 20009, 16% anak-anak Indonesia kekurangan yodium. Jika seorang wanita hamil kekurangan yodium dapat berisiko untuk terjadi keguguran dan bayi lahir mati serta janin dapat mengalami hambatan dalam pertumbuhan dan kelainan otak.
Sedangkan kelebihan mengkonsumsi yodium walaupun biasanya jarang terjadi namun biasanya hal tersebut akibat dari mengkonsumsi supplemen yodium untuk mengobati kekurangan dalam tubuh dalam waktu lama. Terkadang orang-orang yang terlalu sering mengkonsumsi makanan laut dan rumput laut akan mengalami hal tersebut. Mengkonsumsi yodium terlalu banyak juga dapat membuat kelenjar tiroid menjadi kurang aktif.
Gejala kelebihan yodium diantaranya mudah cemas, lemah, sensitif panas, sering berkeringat, hiperaktif,berat badan menurun,nafsu makan bertambah, jari-jaritangan bergetar, jantung berdebar-debar, dsb. Jika tidak segera diobati penderita hipotiroid akan mengalami anemia, sistem pernafasan lemah, kejang-kejang, sampai akhirnya terjadi gagal jantung.
Penderia dianjurkan untuk menggunakan garamyang tidak beryodium dan mengurangi makanan yang mengandung yodium dan rutin melakukan pemeriksaan darah dilakukan untuk mengukur kadar hormone tiroid dan TSH ( Thyroid Stimulating Hormone ).
Contoh yodium yang sering kita jumpai salah satunya adalah garam/ yodium klorida, garam bertugas menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Selama ini kita mendapatkan sodium atau yodium dari garam, tetapi garam bukanlah satu-satunya sumber yodium. Ahli gizi Universitas Indonesia dr. Elvina Karyadi mengatakan makanan laut seperti ikan, kerang, cumi-cumi, dan rumput laut, serta telur, susu, dan daging juga merupakan sumber yodium.

Anjuran yodium untuk ;
1. untuk anak sampai umur 10tahun dianjurkan sekitar 40-120mg/ hari.
2. untuk dewasa dianjurkan sekitar 150mg/ hari.
3. untuk wanita hamil dan menyusui dianjurkan tambahan masing-masing 25mg dan 50mg/ hari.
 
Sumber   :








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.