.

Kamis, 27 Juni 2013

PVC


PVC yang tidak asing ditelinga kita adalah nama dari jenis pipa yang digunakan untuk keperluan pipa buangan domestic maupun buangan industry. Bukan hanya pada pipa saja, akan tetapi banyak pemanfaatan PVC ini juga pada pakaian, kemasan botol, Isolasi kabel dan lain-lain.  Namun Tahukan Sobat, Apa itu PVC serta darimana dan apa bentuk awal dari PVC? Mari kita cari tahu sob.


APA ITU PVC?


PVC atau dalam nama aslinya di sebut dengan Poly Vinil Chloride merupakan polimer thermoplastik urutan ke 3, maksudnya plastic yang digunakan paling banyak ke3 di dunia. Kebanyakan PVC dipakai di bidang konstruksi karena PVC mempunyai sifat relative murah, tahan lama dan mudah di rangkai. Karena ini lah penggunaan PVC dalam pemipaan dan pelengkap pada konstruksi di bangunan banyak digunakan.

DARIMANA PVC BERASAL DAN APA BENTUK AWAL PVC?

PVC dihasilkan dari dua jenis bahan baku utama: minyak bumi dan garam dapur (NaCl). Minyak bumi diolah melalui proses pemecahan molekul yang disebut cracking menjadi berbagai macam zat, termasuk etilena ( C2H4 ), sementara garam dapur diolah melalui proses elektrolisa menjadi natrium hidroksida (NaOH) dan gas klor (Cl2). Etilena kemudian direaksikan dengan gas klor menghasilkan etilena diklorida (CH2Cl-CH2Cl). Proses cracking/pemecahan molekul etilena diklorida menghasilkan gas vinil klorida (CHCl=CH2) dan asam klorida (HCl). Akhirnya, melalui proses polimerisasi (penggabungan molekul yang disebut monomer, dalam hal ini vinil klorida) dihasilkan molekul raksasa dengan rantai panjang (polimer): polivinil klorida (PVC), yang berupa bubuk halus berwarna putih. Masih diperlukan satu langkah lagi untuk mengubah resin PVC menjadi berbagai produk akhir yang bermanfaat.

Karena PVC dalam benruk awalnya adalah berbentuk seperti tepung, maka dalam pemanfaatannya harus diolah dengan pembahan beberapa unsur dan senyawa lain sebelum menghasilkan produk-produk yang kita temuai sekarang. Seperti diibaratkan tepung terigu, tepung PVC ini harus di tambahkan dengan tambahan zat adiktif lainnya, sehingga menjadi adonan/Compound yang bisa di bentuk sesuai dengan keperluan hasil produk akhirnya. PVC dapat direkayasa dengan berbagai bentuk, warna dan pberbagai produk, karena kebanyakan sifat yang dituju pada hasil akhir PVC ini adalah dari segi warna, kefleksibelan, ketahanan terhadap UV dan transpransi. Sehingga sekarang ini banyak produk PVC yang kita temui.

Sekarang tahukan sob, darimana PVC itu berasal. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan sobat semua.
Sumber :
-          http://id.wikipedia.org/wiki/PVC
 di posting juga di blog http://industri22ang.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.