.

Sabtu, 29 Juni 2013

Lipstik Bukan Sekedar Warna

Pertama kali kita akan mulai dengan pelarut utama dalam produknya yaitu minyak. Biasanya adalah minyak kastor yang merupakan minyak nabati. Tetapi tergantung pada jenis produknya, dapat juga berupa minyak mineral atau minyak lanolin atau juga pelarut lain yang akan bercampur dengan baik dengan komponen lain serta pewarnanya. Konsentrasi komponen lain dihitung dari jumlah pelarut utama yang digunakan. Selain itu yang perlu diketahui juga adalah produk yang menggunakan minyak mineral akan kurang berkilau dibandingkan dengan yang menggunakan minyak nabati.



Minyak ini menentukan seluruh sifat dari produk lipstik. Biasanya adalah ester. Ester adalah produk reaksi antara alkohol lemak dan asam lemak. Ester ini juga dapat berada dalam bentuk yang bermacam-macam. Dapat padat, pasta, kental, encer, mudah masuk ke dalam kulit dan lain-lain. Dimungkinkan banyak sekali kombinasinya untuk membentuk sifat yang dapat dirasakan pada bibir. Minyak ini berfungsi sebagai emollient (mempermudah penyebaran atau pengolesan), pelembab, penambah licin, pemberi kilau, agen pembuat tak berkilau (matifying) dan penambah SPF (Sun Protection Factor). Ester dapat pula berupa senyawa aktif seperti tabir surya (oktil metoksisinamat). Persentase tabir surya yang digunakan tergantung pada senyawanya dan SPF produknya. Beberapa ester yang dapat digunakan adalah isopropil palmitat, isostearil neopentanoat dan miristil laktat (ester yang dapat meleleh pada suhu kulit) dan banyak lagi lainnya. Ester-ester ini dapat memberikan karakteristik yang diperlukan dalam sebuah lipstik.

Setelah itu adalah malam atau waxes. Komponen ini merupakan bahan perekatnya yang akan menghasilkan struktur kristal yang kuat. Hal ini merupakan unsur utama untuk membuat lipstik yang baik. Malam yang paling umum digunakan adalah Candelilla, Carnauba dan Beeswax. Semuanya adalah malam alami. Candelilla dan Carnauba akan menghasilkan perekatan dan kilau yang kuat. Tetapi jika terlalu banyak akan membuat lipstik menjadi rapuh, mudah patah. Beeswax sangat baik untuk mencegah kerutan. Konsentrasi malam dalam produk dapat bervariasi tergantung pada seberapa padat produk akhirnya dan berapa harganya. Biasanya berkisar antara 10-25% tergantung pada kekerasan dan titik lebur malam yang dipilih. Pengurangan jumlah malam akan membawa produk lebih ke arah jenis lip gloss.

Selanjutnya adalah basis warna dibentuk dari pigmen dan mutiara. Pigmen memberikan warna pada lipstick dan kemampuan  melapisi. Konsentrasi pigmen murni dapat bervariasi dari 1% hingga 10 % bergantung pada tipe poroduk (lip gloss hingga lipstick gelap). Pigmen yang sering digunakan adalah mineral (titan ium dan besi oxida) dan pigmen organik (pigmen sejati, toner, dan lakes). Pada mutiara, bahan ini tidak harus ada pada komposisi lipstick tapi dapat ditambahkan agar tampak satin, efek warna-warni dan gemilap.

Dan yang paling penting adalah zat berbahaya yang terkandung . "Timbal adalah salah satu bahan yang sering ada pada lipstik, semakin sering Anda mengoleskan, semakin tinggi tingkat eksposur terhadapnya," ujar  Mitchell, wakil ketua The Environmental Health Task Force untuk National Medical Association. Seperti dijelaskan dalam Wall Street Journal, zat pewarna dalam lipstik merupakan zat aditif yang berbasis mineral. Karenanya, kadar timbal pasti mengikutinya, zat ini merupakan unsur yang secara alami ditemukan di tanah, air, dan udara.
Jadi sangat jelas dipaparkan dalam artikel ini untuk wanita yang sering menggunakan lipstik dan merupakan kebutuhan sehari-hari, jangan lupa dipertimbangkan bahan-bahan yang terkandung dalam lipstik tersebut. Terimakasih semoga bermanfaat.



Sumber Informasi :


http://www.scribd.com/doc/45476794/Wax 

1 komentar:

  1. perlu diwaspadai dengan maraknya penggunaan rodamin maupun zat pewarna tekstik lainnya pada kosmetik khususnya lipstik yang beredar di indonesia..
    bahan tersebut merupakan zat kimia yang dapat memicu terjadinya berbagai penyakit seperti kanker.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.