.

Selasa, 11 Juni 2013

ASAM FOLAT

Asam folat. Pernahkah anda mendengar asam folat? Mungkin ada akan berkata pernah tapi entah diproduk apa atau dimana ada kata “asam folat” tersebut. Pada pembahsan ini saya akan menjabarkan tentang asam folat secara rinci.
Asam folat (bahasa Inggrisfolic acid, folate, folacin, vitamin B9, vitamin BC, pteroyl-L-glutamic acid, pteroyl-L-glutamate, pteroylmonoglutamic acid) adalah vitamin yang larut air. Vitamin B9 sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh mulai dari sintesis nukleotid ke remetilasi homocysteine.


Vitamin ini terutama penting pada periode pembelahan dan pertumbuhan sel. Anak-anak dan orang dewasa memerlukan Asam Folat untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia. Folat dan asam folat mendapatkan namanya dari kata latin folium (daun)
Asam folat sangat sensitif terhadap cahaya, oksigen dan suhu tinggi. Karna dia juga cepat larut dalam air, jika bahan makanan yang mengandung asam folat dicuci, maka sering terjadi asam folatnya akan hilang terbawa dengan air. Maka itu juga sering orang kekurangan Vitamin B9. Folat sebenarnya tergolong vitamin B yang larut dalam air dan cepat rusak bila terkena panas. Karena itu, dianjurkan tidak memasak bahan-bahan makanan yang mengandung asam folat terlalu lama atau menyeduhnya dengan air panas dan dianjurkan mengonsumsi sayur2 yang mengandung asam folat untuk dikonsumsi dalam bentuk mentah seperti di salad.
Kekurangan asam folat juga bisa mengakibatkan anemia dan masalah-masalah lainnya. Kekurangan asam folat biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki masalah pencernaan, ginjal, liver, atau mereka yang kecanduan alkohol. 

Manfaat Asam Folat
Asam folat bermanfaat untuk beberapa kondisi seperti saat hamil, penyakit jantung, kanker, sindrom rasa lelah yang teramat sangat, manfaat asam folat yang lainnya yaitu mencerahkan kulit, menjaga kesehatan mata, mencegah kerusakan syaraf, meningkatkan kadar testosteron, mencegah penyumbatan arteri, meningkatkan mood bahagia, alzheimer, dan depresi.           
Asam folat digunakan untuk mengobati defisiensi, yang dapat menyebabkan beberapa jenis anemia dan masalah lainnya. Ketika digunakan untuk mengobati defisiensi, asam folat harus digunakan bersama dengan vitamin B12. Selain mengobati anemia, mereka bekerja sama untuk meningkatkan kesehatan saraf. Asam folat juga digunakan untuk mengurangi toksisitas obat methotrexate pada pasien psoriasis dan rheumatoid arthritis.
1.             Asam Folat bagi kehamilan
Bagi Anda yang sedang hamil atau berencana ingin hamil, mengonsumsi suplemen asam folat merupakan keharusan, karena pada masa kehamilan itu terjadi pertumbuhan sel-sel baru dan perawatannya. Wanita yang berencana hamil perlu mengonsumsi asam folat secara cukup, minimal 4 bulan sebelum kehamilan. Dan untuk takarannya, Departemen Kesehatan AS, merekomendasikan semua wanita untuk mengonsumsi asam sebesar 400 mikrogram per hari.
Asam folat juga dapat menurunkan risiko preeclampsia dan kelahiran prematur, serta mengurangi risiko cacat lahir hingga 50 – 70 persen. Asam Folat juga sangat penting bagi wanita hamil. Asupan asam folat yang cukup sebelum dan selama kehamilan akan mencegah timbulnya kecacatan tabung saraf (Neural Tube Defects) NTDs pada bayi, yaitu spina bifida (kelainan pada tulang belakang) dan anencephaly (kelainan dimana otak tidak terbentuk). Dengan asupan asam folat yang cukup pada masa sebelum dan selama kehamilan yaitu sekitar 0.4 - 0.8 mg per hari, risiko timbulnya NTDs pada bayi dapat diturunkan hingga 80 %. Apalagi bagi ibu yang pernah melahirkan bayi cacat, harus mengonsumsi asam folat minimal 1-4 miligram per hari atau 10 kali dosis normal.

Asam folat dalam makanan
1. Sayur-sayuran
Sayuran yang mengandung asam folat antara lain bayam, kangkung, brokoli, daun bawang dan kentang.
2. Buah-buahan
Buah yang mengandung asam folat yaitu pisang, jeruk, tomat, buah bit, dll.
3. Kacang-kacangan
Hampir semua jenis kacang-kacangan mengandung asam folat. Kedelai, kacang panjang, kacang polong, kacang tanah, dan kacang lainnya memiliki kandungan asam folat yang cukup banyak.
Selain itu nutrisi asam folat juga banyak ditemukan pada makanan lain seperti sereal dan roti. Makanan yang telah disebutkan memiliki kandungan asam folat yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Apa resiko mengonsumsi asam folat?
- Efek samping. Asam folat umumnya dianggap aman. Efek samping jarang terjadi. Dosis tinggi asam folat dapat menyebabkan mual, kembung, gas, dan insomnia.
- Interaksi. Dosis tinggi asam folat dapat memblokir efek dari beberapa obat kejang. Jika Anda mengambil obat-obatan biasa, tanyakan bagaimana mereka akan mempengaruhi asupan asam folat. Banyak – obat seperti diabetes, obat tidur, dan beberapa antibiotik – dapat menurunkan jumlah asam folat yang Anda serap.
- Resiko. Asam folat kadang-kadang dapat menutupi gejala kekurangan serius dan berbahaya dari vitamin B12.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.