.

Kamis, 20 Februari 2020

PENCEMARAN AIR PADA IRIGASI SUNGAI SEKITAR AREA INDUSTRI CIU JAWA TENGAH


Disusun Oleh : Revy Kisworo

ABSTRAK

Pencemaran air bisa dikatakan masuknya komponen yang bercampur dengan air sehingga menurunkan kualitas air. Komponen tersebut antara lain adalah unsur, energi, dan zat lainnya.Pencemaran air antara lain adalah pencemaran air laut, pencemaran air tanah, air sungai, dan air danau.
Pencemaran air adalah menurunnya kualitas air akibat masuknya makhluk hidup, zat, energi ke dalam air akibat aktifitas manusia. Penurunan kualitas air tersebut dapat disebabkan secara sengaja oleh aktifitas manusia. Contohnya adalah membuang sampah dan limbah di sungai dan lain – lain.

Kata Kunci : Pencemaran, Limbah Industri, Efek Pencemaran air, Pencemaran Lingkungan

PENDAHULUAN
Air dapat membantu anda membersihkan tubuh sehingga tubuh anda terbebas dari kuman dan penyakit. Oleh karena itu, kita harus menjaga lingkungan kita agar tidak tercemar sehingga air yang kita gunakan selalu bersih. Selain itu air dapat membantu dalam bidang pertanian. Bisa disebutkan air adalah sumber utama penghidupan, termasuk di dalamnya adalah tanaman. Apabila tanaman kekurangan air dapat mengganggu proses metabolisme di dalamnya sehingga dapat menyebabkan layu lalu mati. Air sangat penting dalam mengalirkan irigasi.
Dengan contoh limbah industri menjadi salah satu penyebab utama pencemaran lingkungan. Limbah cair industri yang dibuang ke laut atau sungai tanpa diolah terlebih dahulu dapat mencemari lingkungan perairan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika sebelum dibuang limbah diolah terlebih dahulu agar tidak membahayakan lingkungan di sekitar kita.

PEMBAHASAN
Pencemaran dapat terjadi karena industri tidak mengikuti peraturan mulai dari izin lingkungan, termasuk tata cara mengolah air limbah sebelum dibuang, air limbah harus memenuhi baku mutu yang ada dan memiliki izin pembuangan air limbah dari bupati/wali kota setempat. Menerbitkan penetapan daya tampung beban pencemaran (DTBP). Dengan mencantumkan beban pencemaran eksisting dan beban pencemaran yang ideal. Sehingga status mutu air sungai tersebut masuk kelas 2. Juga kontribusi beban pencemaran dari sumber-sumber pencemaran yang ada di segmen dan atau kabupaten/kota. DTBP ini jadi dasar bagi pemda untuk menerbitkan izin pembuangan air limbah. Dengan contoh pencemaran air yang terjadi di daerah Solo Jawa Tengah ini diakibatkan dari perindustrian ciu. Efek bau limbah buangan yang diduga berasal dari industri rumahan pembuat ciu tersebut membuat warga kesal, buangan limbah yang diduga berasal dari Desa Bekonang ini dibuang ke saluran irigasi. Limbah buangan Ciu membuat terganggunya irigasi pada pertanian warga setempat. Adanya limbah Ciu yang dibuang ke saluran irigasi baunya begitu menyengat. Pemerintah setempat meninjau sejauh ini dampak dari pembuangan limbah Ciu itu belum berpengaruh terhadap kesehatan warga. Namun, air limbah yang masuk ke saluran irigasi ditakutkan bisa saja masuk ke area persawahan. Bila sudah masuk ke area persawahan, bisa mengancam hasil pertanian mereka.


                                        https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-50342117
KESIMPULAN DAN SARAN
Dengan optimalisasi instalasi pengolah air limbah, ada baiknya warga dan masyarakat setempat bekerja sama mengadakan konsep suaka ikan di sungai. Ada zona-zona khusus di mana ikan dibiarkan berkembang biak dan melarang siapapun menangkap, apalagi sampai mati karena air tercemar. Konsep suaka ikan ini, katanya, mendorong semua pihak, baik industri, instansi terkait, dan warga, bersama menjaga sungai tetap lestari. Ikan jadi penanda air sungai bersih dan memenuhi ambang batas bagi kehidupan. Konsep suaka ikan makin banyak mendapat dukungan, dan mulai tereplikasi di lokasi berbeda untuk merestorasi sungai. Terutama sungai-sungai dengan tingkat pencemaran tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.