.

Selasa, 18 Desember 2018

Inovasi Industri

Pabrikan harus mengadopsi inovasi yang memaksimalkan sumber daya perusahaan yang dapat menyokong ke arah tingkatan efisiensi dalam seluruh manajemen pembangunan rumah melalui proses redesign rumah yang utuh dikombinasikan dengan mengedepankan teknologi informasi.
Sepanjang rumah dihasilkan bisa memelihara kemampuan mereka, inovasi teknologi bisa membantu industri tumbuh subur. Pada  akhirnya, inovasi dalam proses bangunan, manajemen rantai pasok seperti halnya perencanaan ulang secara utuh akan mengintegrasikan/menggabungkan kualitas terbaik dari pabrik/industri pembuat dan lokasi rumah yang dibangun bahkan dapat memimpin/mempelopori menuju pabrik atau industri pembuatan rumah yang berperan.(Puspita, 2012)
Perkembangan industri jasa dan manufaktur akan mendorong pertumbuhan ekonomi, selain juga menambahkan persaingan yang sangat kuat antara perusahaan satu dengan perusahaan lain yang sejenis. Dengan demikian perusahaan benar--benar dituntut untuk bekerja keras agar tidak tersisih dari persaingan. Industri manufaktur adalah suatu kegiatan ekonomi yang melakukan kegiatan mengubah suatu barang dasar secara mekanis, kimia atau dengan tangan sehingga menjadi barang jadi atau setengah jadi dan atau barang yang kurang nilainya menjadi barang yang lebih tinggi nilainya dan sifatnya lebih dekat pada pemakai akhir, termasuk dalam kegiatan jasa industri dan pekajian perakitan (Prakosa, 2005)
Semakin agresifnya pelaku pasar dalam merebut porsi pasar yang menyebabkan industri kecil dan menengah memandang perlu untuk menerapkan strategi produk inovatif yang bersaing disamping meningkatkan kepuasan pelanggan. Dari kasus yang terjadi pada usaha kecil dan menengah yang ada di Semarang, dapat ditarik kesimpulan bahwa keunggulan bersaing produk yang inovatif dengan produk sejenis menarik untuk ditelaah lebih lanjut dalam ruang lingkup yang berbeda untuk memberikan kontribusi perusahaan berupa implikasi manajerial yang berhubungandengan pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan inovasi terhadap keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja pemasara(Supranoto, 2009)
Tingginya tingkat persaingan yang ada tidak hanya dirasakan oleh perusahaan-perusahaan besar tetapi juga dialami oleh perusahaan menengah di Indonesia seperti industri batik di Kota dan Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Perubahan-perubahan yang terjadi dalam industri batik diantaranya adalah kenaikan tingkat persaingan industri, kenaikan harga bahan baku, dan menurunnya eksport ke luar negeri. Tingkat persaingan yang terjadi semakin ketat di dalam industri batik terjadi akibat berkurangnya pangsa pasar dalam negeri sehingga menuntut perusahaan-perusahaan dalam industri ini untuk menerapkan strategi yang relevan dengan kondisi perusahaan dan lingkungan yang terus berubah. Perusahaan harus tetap berupaya untuk mempertahankan kelangsungan (Dewi, 2006)
Manajemen inovasi perlu dilakukan dengan baik dan benar agar inovasi yang dilakukan dapat diindustrikan, menghasilkan manfaat dan keuntungan serta berkesinambungan. Manajemen inovasi yang baik akan mendorong lahirnya inovasi baru yang memiliki manfaat dan kegunaan.(Misgiyarta dkk, 2011)

Daftar Pustaka 
Heni Puspita, ST., MT. 2012. PROSES OPTIMISASI BANGUNAN DENGAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DALAM  PEMBUATAN INDUSTRI PERUMAHAN, INDEPT, Vol. 4, No. 1, Februari 2012. Dalam https://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Inovasi+pabrik&btnG=#d=gs_qabs&p=&u=%23p%3Dc7VP0EbEpf8J (diunduh 18 Desember 2018)
Bagas Prakosa. 2005. PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING, Vol. 2 No. 1 Januari 2005. Dalam https://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Inovasi+industri&oq=Inovasi+i#d=gs_qabs&p=&u=%23p%3DLFcyBnUa2jUJ (diunduh 18 Desember 2018)
Meike Supranoto. 2009. STRATEGI MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING PRODUK MELALUI ORIENTASI PASAR , INOVASI, DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN , Vol 1 No. 2. Desember 2009. Dalam https://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Inovasi+industri&oq=Inovasi+i#d=gs_qabs&p=&u=%23p%3D1kRk7lEpflkJ (diunduh 18 Desember 2018)
Sensi Tribuana Dewi. 2006. ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR  DAN INOVASI PRODUK  TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING  UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN. Dalam https://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Inovasi+industri&oq=Inovasi+i#d=gs_qabs&p=&u=%23p%3DxG0RKimwpZ0J (diunduh 18 Desember 2018)
Misgiyarta, Syamsul Mu’arif dan Yandra Arkenan. 2011. Strategi Teknologi dan Manajemen, Jurnal Teknik Industri. Dalam https://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Inovasi+industri&oq=Inovasi+i#d=gs_qabs&p=&u=%23p%3DhX7avcCSE70J (diunduh 18 Desember 2018)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.