.

Senin, 09 Oktober 2023

IKATAN HIDROGEN

 NABILA ALYA MUKHBITA (41623010026)

ABSTRAK

   Ikatan kimia adalah jenis gaya yang mengikat dua atom menjadi satu. Bentuk daya tarik ini menciptakan gaya tarik-menarik antara inti dua atom, yang menghasilkan pembagian atau pemindahan elektron di antara keduanya. 

Hal ini menciptakan distribusi muatan yang merata yang membuat kedua atom tetap bersatu dalam konfigurasi yang stabil dan tidak reaktif. 

Dengan kata lain, ikatan kimia adalah yang membuat molekul saling menempel dan membentuk zat seperti air dan garam.


PENDAHULUAN

   Suatu gaya antarmolekul yang relatif kuat diketahui terdapat dalam senyawa yang terbentuk dari hidrogen dengan unsur-unsur lain yang mempunyai keelektronegatifan besar, yakni F (uorin), oksigen (O), dan nitrogen (N). Seperti terlihat pada data titik didih senyawa-senyawa hidrida dari unsur golongan 15, 16 dan 17.


RUMUSAN MASALAH

1.    Apa yang dimaksud dengan ikatan hidrogen?

2.    Apa saja jenis ikatan hydrogen?


TUJUAN

1.    Untuk mengetahui pengertian ikatan hidrogen

2.    Untuk memahami apa saja jenis ikatan hydrogen


PEMBAHASAN

Ikatan Hidrogen

   adalah ikatan yang terbentuk antara molekul-molekul yang sangat polar dan mengandung atom hidrogen. Ikatan hidrogen terjadi antara atom hidrogen dengan atom lain yang memiliki keelektronegatifan tinggi seperti F, O, dan N.

Bukti awal adanya ikatan hidrogen berasal dari kajian mengenai titik didih senyawa. Biasanya, titik didih sederet senyawa yang serupa yang mengandung unsur-unsur dalam golongan yang sama meningkat dengan meningkatnya massa molar.

Syarat Terjadinya Ikatan Hidrogen
syarat terjadinya ikatan hidrogen adalah sebagai berikut.

1. Memiliki atom H

2. Ada atom yang memiliki keelektronegatifan yang tinggi (F. O, dan N)

3. Terdapat pasangan elektron bebas (PEB).

Senyawa yang memiliki ikatan hidrogen akan memiliki titik didih yang lebih tinggi, akan tetapi ikatan hidrogen lebih lemah daripada ikatan kovalen.

Jenis Ikatan Hidrogen
Ikatan hidrogen ada 2 macam, yaitu:

1. Ikatan hidrogen antarmolekul. Contohnya: ikatan hidrogen pada HF, H,O, NH, dan asam karboksilat.

2. Ikatan hidrogen intermolekul (dalam molekul). Contoh: ikatan hidrogen pada orto nitrofenol dan etil asetoasetat.

 

CONTOH IKATAN HIDROGEN

Contoh yang paling banyak ditemui dan paling sederhana dari ikatan hidrogen dalam air, dimana setiap molekul air terikat pada empat molekul air yang berdekatan melalui ikatan hidrogen. Atom oksigen dalam tiap molekul air memiliki dua elektron tunggal yang ditawarkan, yang segera terikat dengan dengan atom hidrogen dalam molekul air lainnya. Selanjutnya, dua atom hidrogen yang terikat pada setiap ikatan oksigen ke molekul oksigen dalam molekul air yang berdekatan. Ikatan antarmolekul ini bertanggung jawab atas titik didih air yang relatif tinggi. Air memiliki titik didih yang sangat tinggi dibandingkan dengan bahan yang terdiri dari molekul dengan ukuran yang sama. Jika ikatan ini tidak ada, air akan mendidih pada suhu yang sama dengan karbon dioksida (yang mendidih pada -78 ° C atau -108,4 ° F) dan kehidupan seperti yang kita tahu itu tidak mungkin.

Gaya tarik antara molekul  polar  yang  mengandung  hidrogen  dengan  pasangan  elektron  bebas  dari molekul  oksigen.  Pada  ikatan  polar  setiap atom  hidrogen  bermuatan  agak  positif sehingga dapat menarik elektron. Ikatan hidrogen menyebabkan titik didih dan titik leleh air tinggi bila dibandingkan molekul lain yang kecil tapi molekulnya nonpolar.

 

Contoh Ikatan Hidrogen Antarmolekul Air, Amonia, dan Hidrogen Florida


Keterangan:

Garis tidak putus-putus mewakili ikatan kovalen dan garis putus-putus mewakili ikatan hidrogen.

KESIMPULAN

·      Ikatan hidrogen merupakan ikatan antara molekul yang memiliki atom H yang terikat pada atom yang memiliki keelektronegativitas yang tinggi.

·      Hidrogen tertarik secara langsung pada salah satu yang unsur yang paling elektronegatif,   menyebabkan   hidrogen   memperoleh   jumlah   muatan positif   yang signifikan Tiap

tiap unsur yang mana hidrogen tertarik padanya tidak hanya negatif secara signifikan, tetapi juga memiliki satu-satunya pasangan elektron bebas yang aktif.

·      Berdasarkan adanya ikatan hidrogen pada senyawa, terdapat 2 jenis Ikatan Hidrogen yaitu Ikatan Hidrogen Intermolekular Dan Ikatan Hidrogen Intramolekular.

·      Contoh paling sederhana dari Ikatan Hidrogen adalah air. Selain itu, beberapa senyawa organik serta gugus hidroksil juga membrntuk ikatan hidrogen.

 

CONTOH SOAL

  • 1.    Diketahui senyawa-senyawa berikut tentukan manakah yang mungkin memiliki ikatan hidrogen!

Jawaban

Suatu senyawa dengan massa molekul yang relatif rendah, namun memiliki titik didih yang relatif tinggi kemungkinan memiliki ikatan hidrogen. Maka, senyawa B,C dan E kemungkinan memiliki ikatan hidrogen

 

  • 1.    Manakah diantara etanol, asam karboksilat dan dimetil eter yang akan memiliki titik didih paling tinggi? Jelaskan!

Jawaban

Struktur molekul masing-masing: Etanol : C2H5OH Asam karboksilat: CH3COOH Dimetil eter: CH 3OCH 3 Etanol dan asam karboksilat akan memiliki titik didih yang lebih tinggi di antara ketiga senyawa tersebut karena adanya ikatan O-H di dalam molekulnya memungkinkan adanya ikatan hidrogen. Asam karboksilat akan memiliki titik didih lebih tinggi karena polarisasi gugus -COOH yang kuat mengakibatkan ikatan hidrogen yang terbentuk lebih kuat.

DAFTAR PUSTAKA

Sukardjo. Ikatan Kimia. Cetakan kedua. Rineka Cipta, Yogyakarta, 1990.

Atkins. Kimia Fisika Jilid 2. PT Gelora Aksara Pratama, Jakarta, 1996.

https://www.wardayacollege.com/_images/03-kimia2/03-04-ikatan-kimia/03-04-03-Ikatan-hidrogen_modul.pdf

http://dewilidiawati.blogspot.com/2015/10/ikatan-hidrogen.html



 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.