.

Selasa, 12 November 2019

STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR

Oleh @Kel-N05, @N12-ALFINA, @N17-WIDA, @N18-SHABILLA


ABSTRAK
Mata pelajaran kimia merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit untuk dipahami oleh siswa dikarenakan karakteristik dari ilmu kimia yang sifatnya abstrak, salah satunya adalah materi ikatan kimia.. Kemampuan dalam memahami konsep kimia sudah pasti sangat mempengaruhi kemampuan kita dalam menyelesaikan soal kimia sehingga dapat dipastikan berimbas pada hasil belajar kimia. Hubungan antar konsep dalam pembelajaran kimia sangat penting, karena dengan penguasaan dan pemahaman konsep akan memudahkan kita dalam mempelajari kimia. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman konsep struktur atom dan sistem periodik unsur terhadap hasil belajar ikatan kimia.

Kata Kunci: materi struktur atom, sistem periodik unsur dan ikatan kimia.

       I.            PENDAHULUAN
Struktur atom merupakan satuan dasar materi yang terdiri dari inti atom besertaawan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya.Inti atom mengandung campuran proton yang bermuatan positif dan neutron yang bermuatan netral (terkecuali pada Hidrogen-1 yang tidak memiliki neutron).Atom yang mengandung jumlah proton dan elektronyang sama bersifat netral, sedangkan yang mengandung jumlah proton dan elektron yang berbeda bersifat positif atau negatif dan merupakan ion. Atom dikelompokkan berdasarkan jumlah proton dan neutron pada inti atom tersebut.
Atom berasal dari Bahasa Yunani, yang berarti tidak dapat dipotong ataupun sesuatuyang tidak dapat dibagi-bagi lagi. Konsep atom sebagai komponen yang tak dapat dibagi-bagilagi pertama kali diajukan oleh para filsuf India dan Yunani.Selama akhirabad ke-19 dan awal abad ke-20, para fisikawan berhasil menemukan struktur dankomponen-komponen subatom di dalam atom, membuktikan bahwa 'atom' tidaklah tak dapatdibagi-bagi lagi. Prinsip-prinsip mekanika kuantum yang digunakan para fisikawan kemudian berhasil memodelkan atom.

    II.            PEMBAHASAN
  1. STRUKTUR ATOM
1).        Model Atom Dalton
a)      Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil.
b)      Atom merupakan bagian terkecil dari materi yang tidak dapat dipecah lagi.
c)      Atom suatu unsur sama memiliki sifat yang sama, sedangkan atom unsur berbeda, berlainan dalam massa dan sifatnya.
d)     Senyawa terbentuk jika atom bergabung satu sama lain. Atom-atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana. Misalnya, air terdiri atom-atom hidrogen dan atom-atom oksigen. Reaksi kimia merupakan pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali dari atom-atom, sehingga atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan

2).        Model Atom Thomson
a)      Setelah ditemukannya elektron oleh J.J Thomson, disusunlah model atom Thomson yang merupakan penyempurnaan dari model atom Dalton.
b)      Atom terdiri dari materi bermuatan positif dan di dalamnya tersebar elektron      bagaikan kismis dalam roti kismis.
c)      "Atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif dan didalamya tersebar muatan negatif elektron".

3).        Model Atom Rutherford

a)      Rutherford menemukan bukti bahwa dalam atom terdapat inti atom yang bermuatan positif, berukuran lebih kecil daripada ukuran atom tetapi massa atom hampir seluruhnya berasal dari massa intinya.
b)      Atom terdiri dari inti atom yang bermuatan positif dan berada pada pusat atom serta elektron bergerak melintasi inti (seperti planet dalam tata surya).
c)      Atom bukanmerupakan bola pejal, karena hampir semua partikel alfa diteruskan
d)     Atom terdiri dari inti atom yang sangat kecil dan bermuatan positif, dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif

4).        Model Atom Niels Bohr
Model atomnya didasarkan pada teori kuantum untuk menjelaskan spektrum gas hidrogen.Menurut Bohr, spektrum garis menunjukkan bahwa elektron hanya menempati tingkat-tingkat energi tertentu dalam atom.

Menurut model atom bohr, elektron-elektron mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu yang disebut kulit elektron atau tingkat energi. Tingkat energi paling rendah adalah kulit elektron yang terletak paling dalam, semakin keluar semakin besar nomor kulitnya dan semakin tinggi tingkat energinya.

B. SISTEM PERIODIK UNSUR
Sistem periodik adalah suatu tabel berisi identitas unsur-unsur yang dikemas secara berkala dalam bentuk periode dan golongan berdasarkan kemiripan sifat-sifat unsurnya.
1)      Sistem Periodik Triade Doberainer
Pada tahun 1829, Johan Wolfgang Dobereiner mempelajari sifat-sifat beberapa unsur yang sudah diketahui pada saat itu. Dobereiner melihat adanya kemiripan sifat di antara beberapa unsur, lalu mengelompokkan unsur-unsur tersebut menurut kemiripan sifatnya. Ternyata tiap kelompok terdiri dari tiga unsur sehingga disebut triade. Apabila unsur-unsur dalam satu triade disusun berdasarkan kesamaan sifatnya dan diurutkan massa atomnya, maka unsur kedua merupakan rata-rata dari sifat dan massa atom dari unsur pertama dan ketiga. Pernyataan ini dikenal dengan hukum Triade Dobereiner.
Tabel Daftar Unsur Triade Doberainer


2)      Sistem Periodik Oktaf Newlands
Pada tahun 1863, seorang kimiawan Inggris, John Newlands, menyusun 62 unsur yang saat itu diketahui berdasarkan kenaikan massa atom. Dari pengelompokan ini ternyata unsur yang kedelapan memiliki sifat yang mirip dengan unsur yang pertama, begitu juga unsur yang kesembilan sifatnya mirip dengan unsur yang kedua, dan seterusnya. Kelemahan hukum oktaf yaitu pengulangan setiap 8 unsur hanya cocok untuk unsur-unsur yang massa atomnya kecil. Selain itu masih ada unsur unsur yang berimpitan pada urutan yang sama.
3)      Sistem Periodik Unsur Lothar Meyer
Pada tahun 1870, Lothar Meyer mencoba membuat daftar unsur-unsur dengan memperhatikan sifat fisika yaitu volum atom. Dia membuat grafik volum atom unsur terhadap massa atomnya.
4)      Sistem Periodik Unsur Mendeleev
Pada tahun 1869, seorang sarjana asal Rusia bernama Dmitri Ivanovich Mendeleev, berdasarkan pengamatannya terhadap 63 unsur yang sudah dikenal ketika itu, menyimpulkan bahwa sifat-sifat unsur adalah fungsi periodik dari massa atom relatifnya dan persamaan sifat. Artinya, jika unsur – unsur disusun menurut kenaikan massa atom relatifnya, maka sifat tertentu akan berulang secara periodik. Mendeleev menempatkan unsur-unsur yang mempunyai kemiripan sifat dalam satu lajur vertikal, yang disebut golongan. Lajur-lajur horizontal, yaitu lajur unsur-unsur berdasarkan kenaikan massa atom relatifnya, disebut periode. Mendeleev yang pertama kali mengemukakan tabel sistem periodik, maka ia dianggap sebagai penemu tabel sistem periodik yang sering disebut juga sebagai sistem periodik unsur.

KESIMPULAN
Struktur Atom menggambarkan cara atom-atom tersusun dari partikelnya. Atom terdiridari proton, neutron dan elektron. Proton dan Neutron berada di dalam inti atom,sedangkan elektron terus berputar mengelilingi inti atom karena muatan listriknya.Sistem periodik unsur merupakan suatu daftar unsur-unsur yang disusun dengan aturantertentu. Semua unsur yang sudah dikenal ada dalam daftar tersebut.
Manfaat setelah mmpelajari struktur atom dalam kehidupan sehari – hari yaitu untuk mengetahui komposisi unsur dan senyawa yang menyusun suatu benda dan sifat benda.Contohnya: ketika kita berjalan – jalan di tepi pantai, kita akan melihat hamparan pasir yang berkilauan jika terkena sinar matahari. Jadi hamparan pasir yang berkilauan tersebut tersusun dari campuran mineral dengan stuktur kimia yang khas/ perbedaan unsur dan senyawa yang terkandung pada pasir menyebabkan perbedaan bentuk dan warna. Jadi, penting untuk kita memiliki pengetahuan tentang struktur atom dan sistem periodik.

DAFTAR PUSTAKA
Unknown. Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur di https://webcache.googleusercontent.com
Silviakimangela. 2015. Sistem Periodik Unsur di https://silviakimangela.files.wordpress.com/
Kurniawan. Struktur Atom & Sistem Periodik Unsur di https://www.academia.edu
Huda, Muhammad Nasrul. 2017. Struktur Atom & Sistem Periodik Unsur di https://www.academia.edu
Kristina, Yuliati. 2012. Analisis Materi Ajar Kimia SMA di http://krisnitasibiru.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.