.

Sabtu, 16 November 2019

Apa sajakah penyebab pencemaran air ?



APA SAJAKAH PENYEBAB PENCEMARAN AIR ?


Oleh : Wida Ayu Amidah (@N17-WIDA)


ABSTRAK
Air merupakan faktor yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman, tentu dalam melakukan budidaya perlu diperhatikan pengairannya. Masalah pencemaran air yang ada di indonesia semakin tahun semaakin meningkat. Akibat dari pencemaran air dapat merusak ekosistem yang ada di dalam maupun di luar kehidupan air, selain itu dapat menganggu kesehatan. Upaya untuk mengendalikan pencemaran air oleh limbah industri, misalnya dapat dilakukan, limbah industri harus di olah terlebih dahulu sebelum di buang ke sungai agar tidak terjadi pencemaran.

KATA KUNCI : air, masalah pencemara air, akibat pencemaran air

PENDAHULUAN
Kontaminasi bahan pencemar yang berasal dari aktivitas industri, pertanian, peternakan, maupun kegiatan rumah tangga telah menyebabakan terjadinyaa penurunan kualitas air yang signifikan pada badan air seperti sungai, danau, dan waduk. Air merupakan komponen dan kebutuhan lingkungan yang penting bagi kehidupan. Semakin hari banyak berita mengenai pencemaran air. Pencemaran air sudah terjadi dimana-mana. Penggunaan pestisida yang berlebihan dan berlangsung sangat lama, juga dapat mengakibatkan pencemaran air. Krisis air terjadi di pulau jawa dan sebagian sumatra, terutama di kota-kota besar, di akibatkan karena pencemaran limbah cair industri, rumah tangga, dan pertanian. Pencemaran air banyak terjadi di wilayah indonesia.

PERMASALAHAN
Apa saja penyebab daari pencemaran air? Faktor-faktor apa yang menjadi penyebab pencemaran air? Bagaimana cara menanggulangi pencemaran air?

PEMBAHASAN
Penyebab pencemaran air :
Pencemaran air juga dapat disebabkan oleh adanya logam berat yang berasal dari limbah industri. Diantaranya adalah berasal dari industri tekstil, cat, bahan – bahan kimia yang digunakan untuk pupuk, pestisida dan lain – lain. Selain itu, adanya limbah logam berat dapat berpengaruh terhadap keseimbangan mikroorganisme di lingkungan perairan.

Faktor-faktor penyebab pencemaran air :
1.      Sampah organik dan anorganik
Sampah adalah salah satu penyebab pencemaran air. Hal ini dikarenakan banyak sekali sampah yang dibuang di sungai. Hal ini menyebabkan air sungai tercemar. 
2.      Limbah industri
Limbah industri menjadi salah satu penyebab utama pencemaran lingkungan. Limbah cair industri yang dibuang ke laut atau sungai tanpa diolah terlebih dahulu dapat mencemari lingkungan perairan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika sebelum dibuang limbah di9olah terlebih dahulu agar tidak membahayakan lingkungan di sekitar kita.
3.      Pertambangan
Salah satu contohnya adalah pertambangan batubara. Hal ini dikarenakan saat batubara dibakar maka merkuri yang terkandung di dalamnya telepas bebas di udara. Merkuri tersebut dapat kembali lagi dan masuk ke dalam tanah sehingga dapat mencemari air.
4.      Bahan peledak untuk menangkap ikan
Bahan peledak dapat mencemari air laut serta dapat merusak ekosistem di dalamnya, salah satunya adalah ekosistem terumbu karang. Selain itu, dengan bahan peledak anda juga mematikan ikan kecil dan ikan besar sehingga dapat menghambat regenerasi ikan.
5.      Peternakan dan perikanan
Limbah kotoran dan sisa – sisa makanan dari ternak jika dibuang di sungai dapat mencemari air. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem untuk melakukan pengelolaan limbah tersebut.

Dampak dari pencemaran air :
1.      Kesehatan manusia
2.      Dapat merusak ekosistem
3.      Menyebabkan kematian hewan dan tumbuhan

Cara penanggulangi pencemaran air :
1.      Tidak membuang sampah rumah tangga
2.      Tidak menggunakan pupuk dan pestisida secara berlebihan
karena sisa pupuk dan pestisida akan mencemari air di lingkungan tanah pertanian.
3.      Tidak menggunakan deterjen fosfat
karena senyawa fosfat merupakan makanan bagi tanaman air seperti enceng gondok yang dapat menyebabkan terjadinyapencemaran air

KESIMPULAN
Pencemaran air dapat berdampak bagi kesehatan, dan akhirnya berakibat pada pembangunan ekonomi. Ditinjau dari segi kualitas dan kuantitas, kondisi sumber air bersih semakin menurun, sehingga berkembangnya berbagai sumber penyakit. Tingginya pencemaran air di sebabkan oleh limbah industri yang tidak diolah terlebih dahulu, serta limbah rumah tangga pada pemukiman yang dibuang ke sungai.


DAFTAR PUSTAKA
B Priadie - Jurnal ilmu lingkungan, 2012 - academia.edu
NTM Kariada, A Irsadi - Jurnal manusia dan lingkungan, 2014 - journal.ugm.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.