.

Senin, 12 November 2018

SISAKAN UDARA BERSIH UNTUK PENERUS KITA!


ABSTRAK
Pencemaran udara diartikan sebagai adanya bahan-bahan atau zat-zat asing di dalam udara yang menyebabkan perubahan susunan (komposisi) udara dari keadaan normalnya. Kehadiran bahan atau zat asing didalam udara dalam jumlah tertentu serta berada diudara dalam waktu yang cukup lama, akan dapat mengganggu kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan. Bila keadaan itu terjadi maka di udara dikatakan telah tercemar.  
KATA KUNCI: Pencemaran udara, komposisi udara, atmosfer

Atmosfer mengandung campuran gas-gas yang lebih dikenal dengan nama udara dan menutupi seluruh permukaan bumi. Gas pembentuk atmosfer disebut udara. Udara adalah campuran berbagai unsur dan senyawa kimia sehingga udara menjadi beragam. Keberagaman terjadi biasanya karena kandungan uap air dan susunan masing-masing bagian dari sisa udara (disebut udara kering). Atmosfer Bumi terdiri atas nitrogen (78.17%) dan oksigen (20.97%), dengan sedikit argon (0.93%), dan gas lainnya.
Diperkirakan orang tanpa makan dapat bertahan 5 minggu tanpa air dapat bertahan 5 hari, tanpa udara hanya mampu bertahan 5 menit. Pernyataan di atas merupakan suatu pernyataan yang mengingatkan kita betapa pentingnya udara, bukan sekedar udara biasa, tapi udara bersih yang memiliki fungsi sebagai pendukung kehidupan, baik manusia, hewan ataupun tumbuhan. Komposisi udara bersih 78,09% Nitrogen, 20,94% Oksigen, 0,93% Argon, 0,0032% CO2, sisanya unsur lainnya (Stern C Arthur, 1976, 27). Komposisi udara tersebut sangat ideal untuk kehidupan baik,manusia, tumbuhan maupun hewan. Komposisi terbanyak adalah Nitrogen, bukan oksigen atau karbondioksida. Hal ini dapat dipahami bahwa Nitrogen banyak dibutuhkan tumbuhan sebagai bahan dasar makanan untuk kelangsungan hidupnya. Tumbuhan pada hakekatnya penghasil oksigen yang sangat dibutuhkan manusia dan hewan, sebagai imbal baliknya manusia dan hewan menghasilkan CO2 yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Maka untuk mempertahankan keadaan tersebut keberadaan Nitrogen perlu dipertahankan. Dapat dibayangkan bila Nitrogen rendah proporsinya, maka tumbuhan akan mati atau tinggal sedikit, otomatis oksigen yang diproduksi juga sedikit, akibatnya manusia dan hewan akan kekurangan oksigen.
Adapun penyebab dari pencemaran udara menurut Woodford(2014) terbagi menjadi faktor alam dan faktor manusia, yaitu:
  1. Asap kendaraan
  2. Asap pabrik
  3. Asap rokok
  4. Pembangkit listrik
  5. Letusan gunung berapi
  6. Pertanian
  7. Pertambangan
  8. Aktivitas rumah tangga
  9. Kebakaran hutan dll

Dimana ada penyebab pasti ada akibat, berikut beberapa akibat dari pencemaran udara:
  1. Menganggu kesehatan manusia
  2. Menimbulkan terjadinya pemanasan global

  1. Mengganggu pandangan (misalnya asap kebakaran hutan yang ada di Sumatera)
  2. Memicu terjadinya hujan asam
  3. Menganggu pertanian dll.
Untuk menanggulangi dampak dari pencemaran udara berikut beberapa upaya penanggulangannya:
  1. Solusi teknologi
  2. Peraturan dan perundangan-undangan
  3. Meningkatkan kesadaran dan mengubah perilaku dll

KESIMPULAN
Pencemaran udara adalah pencemaran yang paling berbahaya diantara semua pencemaran. Bumi kita kian hari semakin sakit akibat pencemaran udara, sudah sepatutnya kita menjaganya untuk anak cucu kita kelak agar mereka juga merasakan udara bersih bumi ini.
DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.