.

Sabtu, 11 Agustus 2018

Pembunuh Tak Kasap Mata

ABSTRAK

Gas pencemar udara dapat bersumber dari alam dan hasil kegiatan manusia yang semakin hari semakin bertambah seiring bertambahnya penduduk dan meningkatnya terapan teknologi sebagai tuntutan hidup yang lebih baik dan sejahtera. Gas pencemar udara yang paling dominan mempengaruhi kesehatan manusia adalah: korbon monooksida (CO), nitrogen oksida (NOx), belerang oksida (SOx), hidro karbon (HC) dan partikel (particulate) serta gas rumah kaca. Komponen pencemar udara tersebut di atas bisa mencemari udara secara sendirisendiri, atau dapat pula mencemari secara bersma-sama. Pengaruh gas pencemar udara terhadap kesehatan manusia dapat berakibat langsung maupun tidak langsung seperti; merusak susunan haemoglobin darah, penyakit ispa, iritasi tenggorokan, penyakit pneumokinosis, kardiovaskuler dan kanker.

ISI

Udara merupakan campuran beberapa macam gas yang perbandingannya tidak tetap, tergantung pada keadaan suhu udara, tekanan udara dan lingkungan sekitarnya. Dalam udara terdapat oksigen (O2) untuk bernafas, karbondioksida untuk proses fotosintesis oleh khlorofil daun dan ozon (O3) untuk menahan sinar ultra violet. Gas-gas lain yang terdapat dalam udara antara lain gas-gas mulia, nitrogen oksida, methana, belerang dioksida, amonia, hidrokarbon dan gas rumah kaca yang sekarang ini menjadi perhatian besar dunia. Apabila susunan udara mengalami perubahan dari susunan keadaan normal dan kemudian mengganggu kehidupan manusia, hewan dan binatang serta tumbuhan, maka berarti udara telah tercemar. Pembangunan yang berkembang pesat dewasa ini , khususnya dalam industri dan teknologi, serta meningkatnya jumlah kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar fosil (minyak) menyebabkan udara yang kita hirup di sekitar kita menjadi tercemar oleh gas-gas buangan hasil pembakaran.
Pencemaran udara pada dasarnya berbentuk partikel (debu, gas, timah hitam) dan gas (Karbon Monoksida (CO), Nitrogen Oksida (NOx) , Sulfur Oksida (SOx), Hidrogen Sulfida (H2S), hidrokarbon). Udara yang tercemar dengan partikel dan gas ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang berbeda tingkatan dan jenisnya tergantung dari macam, ukuran dan komposisi kimiawinya.
Secara umum efek pencemaran udara terhadap saluran pernafasan dapat menyebabkan terjadinya:
·         Iritasi pada saluran pernafasan. Hal ini dapat menyebabkan pergerakan silia menjadi lambat, bahkan dapat terhenti sehingga tidak dapat membersihkan saluran pernafasan.
·         Peningkatan produksi lendir akibat iritasi oleh bahan pencemar.
·         Produksi lendir dapat menyebabkan penyempitan saluran pernafasan.
·         Rusaknya sel pembunuh bakteri di saluran pernafasan.
·         Pembengkakan saluran pernafasan dan merangsang pertumbuhan sel, sehingga saluran pernafasan menjadi menyempit.
·         Lepasnya silia dan lapisan sel selaput lendir.
         Pencemaran udara begitu berbahaya karna meskipun tak Nampak namun mampu menimbulkan efek yang begitu parah dan mampu membunuh.  Terlebih pencemaran udara sering kali menimbulkan penyakit disaluran pernafasan manusia dan juga mengakibatkan kangker paru-paru.
      Mungkin akan sulit untuk menutup pabrik, atau tidak menggunakan kendaraan umum sehari-hari. Dengan begitu, bukan berarti Anda menjadi sama sekali tidak bisa mengurangi polusi udara. Berikut ini, merupakan langkah kecil untuk dicoba, yang akan membawa perubahan besar untuk kesehatan dalam mengurangi polusi udara yang dihasilkan:
·         Hindari merokok di dalam rumah (lebih baik untuk tidak merokok sama sekali)
·        Atur ventilasi rumah dengan baik, seperti adanya cerobong asap untuk masak di dalam rumah
·        Bersihkan karpet, kasur, dan sofa dari debu secara rutin
·        Gunakan AC dengan tekonologi penyaring udara
·        Jangan simpan sampah terlalu lama di dalam rumah
·        Uji emisi karbon kendaraan Anda secara rutin
·        Kurangi pemakaian kendaraan bermotor, gunakan sepeda atau transportasi publik
·        Hindari membakar sampah atau menyiram jalanan dengan air selokan
·        Kurangi pemakaian produk rumah tangga berbahan gas semprot

DAFTAR PUSTAKA
Anonim. Udara. “https://id.wikipedia.org/wiki/Udara” (Diakses Jam 18.09 tanggal 27 Agustus 2018)
Anonim. Pencemaran Udara. “https://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_udara” (Diakses Jam 18.10 tanggal 27 Agustus 2018)

Anonim. Udara dan Pencemar Udara. “http://publichealthgadiro.blogspot.com/2013/05/udara-dan-pencemaran-udara.html” (Diakses Jam 18.20 tanggal 27 Agustus 2018)

Joseph, Novita. 2017. Bahaya Kesehatan Akibat Polusi Udara di Luar dan di Dalam Ruangan. “https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/bahaya-polusi-udara/” (Diakses Jam 18.34 tanggal 27 Agustus 2018)

Ficha. Komposisi Udara. “https://www.scribd.com/doc/98721414/Komposisi-Udara” (Diakses Jam 18.29 tanggal 27 Agustus 2018)

Yasinta, Veronica. 2017. Sepanjang 2015, Polusi Sebabkan Kematian 9 Juta Orang. “https://internasional.kompas.com/read/2017/10/20/09031931/sepanjang-2015-polusi-sebabkan-kematian-9-juta-orang” (Diakses Jam 18.40 tanggal 27 Agustus 2018)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.