.

Sabtu, 11 Agustus 2018

Berobat Karena Udara

Di indonesia terdapat polusi udara yang teramat sangat banyak dan merugikan kehidupan manusia, terutama pencemaran yang terjadi di jakarta yaitu asap kendaraan bermotor, asap rokok, dan asap yang dihasilkan oleh industri.
Di indonesia polusi udara dimanapun kita dapat menjumpainya, bahkan ketika kita baru keluar rumah saja sudah ada asap kendaraan bermotor. Dan dampaknya pun dapat langsung bisa kita rasakan saat itu juga contohnya adalah ketika ada kendaraan bermotor yg berasap tebal dan terhirup oleh tubuh dapat langsung membuat kita batuk dan membuat permukaan kulit kita pun menjadi kusam. berikut daftar pencemaran udara yang ada di indonesia : Di jaman yang modern ini terdapat banyak sekali yang menyebabkan adanya pencemaran udara.
Berikut adalah masalah - masalah inti yang menyebabkan pencemaran udara di Indonesia dan cara menanggulanginya :
1. Jumlah transportasi
Jumlah transportasi yang dimaksud ini yaitu kendaraan pribadi. Semakin banyak jumlah transportasi maka semakin banyak pula jumlah polusi yang dihasilkan. Jumlah yang banyak ini semakin tidak terkontrol dengan bertambahnya tahun. Tidak dipungkiri kendaraan pribadi dijadikan alat transportasi utama bagi masyarakat indonesia sebab biaya yang murah. Cara menanggulangangi masalah ini yaitu meminta pemerintah agar membuatkan masyarakat alat transportasi umum yang murah dan mudah diakses.
2. Polusi dari pabrik
Polusi udara dari pabrik sangatlah berbahaya terkadang mengandung senyawa yang bersifat karsegonik sehingga dapat membahayakan masyarakat. Cara menanggulangi masalah ini yaitu pemerintah harus membuat peraturan tentang polusi udara untuk pabrik agar seluruh pabrik yang ada di Indonesia tidak membuang langsung limbahnya baik melalui air serta udara, melainkan diolah terlebih dahulu agar tidak menimbulkan populasi baik udara maupun polusi air.
3. Membakar sampah plastik

Membakar sampah plastik juga dapat menimbulkan polusi udara, sebaiknya sampah plastik atau lainnya selain sampah organik (dedaunan), dimasukkan sampah agar dapat dikelola atau di daur ulang kembali.
4. Penanaman pohon
Penanaman pohon berttujuan untuk membersihkan polusi udara, sebab pohon dapat menghasilkan Oksigen yang baik untuk tubuh kita, serta pohon dapat juga mencegah terjadinya efek rumah kaca.
5. Mencegah agar tidak merokok
Merokok dapat juga menyebabkan pencemarann melalui udara. Jika 1 orang merokok mungkin tidak berpengaruh, akan tetapi di Indonesia sudah banyak yang merokok sehingga jika semua perokok itu digabung, akan menyebabkan polusi udara yang besar.

Menurut data yang ada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat pada 2012 masyarakat menghabiskan Rp 38,5 triliun per tahun untuk mengobati penyakit. Pengobatan penyakit ini terkait dampak pencemaran udara.

Maka perlu adanya sosialisasi oleh pemerintah kepada masyarakat agar timbulnya kesadaran diri untuk menjaga agar tidak terjadinya polusi udara yang semakin meningkat di setiap harinya.

Daftar pustaka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.