.

Kamis, 15 Februari 2018

Penanggulangan Pencemaran Lingkungan

Penanggulangan Pencemaran Lingkungan




1. 


















Pengertian

Pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh 
kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat  tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya (Undang-undang Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. 4 Tahun 1982)

2.       Faktor Pencemaran Lingkungan
Ada beberapa factor yang menyebabkan pencemaran lingkungan diantaranya adalah :
a.       Pencemaran Lingkungan akibat Bencana Alam
b.      Pencemaran Lingkungan akibat Limbang Industri
c.       Pencemaran Lingkungan akibat Asap Kendaraan Bermotor
d.      Pencemaran Lingkungan akibat Pemanasan Gelobal, dll

3.       Macam – macam Pencemaran Lingkungan
Macam macam pemcemaran lingkungan akibat dari factor – factor yang telah disebutkan penulis adalah :
a.       Pencemaran Udara
Pencemaran Udara dapat berupa gas maupun partiket, yang sifatnya berupa racun dan dapat mengakibatkan kualitas udara menjadi menurun dan dapat membahayakan kehidupan manusia dan lingkungan sekitar. Pencemaran Udara dapat diakibatkan oleh beberapa factor. Khusus untuk pencemaran udara Faktor radiasi bahan radio aktif dan juga emisi kendaraan bermotor. Contoh  zat yang mengakibatkan polusi udara : Gas HzS, Kandungan CO2, NO2 dll yang komposisinya melebihi batas aman.

b.      Pencemaran Air
Salah satu bahan pencemar di laut ada lah tumpahan minyak bumi, akibat kecelakaan kapal tanker minyak yang sering terjadi. Banyak organisme akuatik yang mati atau keracunan karenanya. (Untuk membersihkan kawasan tercemar diperlukan koordinasi dari berbagai pihak dan dibutuhkan biaya yang mahal. Bila terlambat penanggulangan-nya, kerugian manusia semakin banyak. Secara ekologis, dapat mengganggu ekosistem laut.Bila terjadi pencemaran di air, maka terjadi akumulasi zat pencemar pada tubuh organisme air. Akumulasi pencemar ini semakin meningkat pada organisme pemangsa yang lebih besar.

c.       Pencemaran Tanah , dan
Pencemaran tanah bisa diakibatkan oleh beberapa factor baik dari alam, perbuatan manusia maupun limbah industri. Kebiasaan manusia membuang sampak dengan menimbun sampah – sampah plastic mengakibatkan struktur lapisan tanah menjadi rusak dan menyebabkan kesuburan tanah berkurang. Dan juga ekploitasi air tanah yang berlebihan mengakibatkan kandungan air tanah berkurang dan lambat laun membuat permukaan tanah menurun dan tanah menjadi kurus.

d.      Pencemaran Suara
Pencemaran suara banyak disebabkan suara bising kendaraan bermotor dan juga suara mesin pabrik  yang berada terlalu dekat dengan pemukiman rumah tinggal. Sehingga mengakibatkan ketidaknyamanan lingkungan sekitar pabrik.

4.       Penanggulangan Pencemaran Lingkungan
Untuk mengatasi Pencemaran Lingkungan yeng terjadi ada bebrapa langkah dan cara yang dapat ditempuh.  
a)      Penenggulangan Secara Administratir
Penanggulangan secara administratif terhadap pencemaran lingkungan merupakan tugas pemerintah, yaitu dengan membuat peraturan-peraturan atau undang-undang.  Contohnya : peraturan dalam dunia industry mengenai tatacara pengolahan limbah, sanki terhadap pembuang sampah dialiran sungai, dll. 

b)      Penanggulangan Secara Teologis
Penanggulangan pencemaran lingkungan secara teknologis, misalnya menggunakan peralatan untuk mengolah sampah atau limbah. Di surabaya terdapat suatu tempat pembakaran akhir sampah dengan suhu yang sangat tinggi sehingga tidak membuang asap. Tempat tersebut dinamakan insenerator dan inovasi – inovasi lainya untuk penanggulangan pencemaran lingkungan yang timbul.

c)       Penanggulangan Secara Edukatif
Penanggulangan pencemaran melalui sarana edukatif melalui pemberian pendidikan formal  mengenai pentingnaya kesehatan lingkungan dan melalui pemberian pendidikan ahklak yang baik agar lebih menghargai lingkungan sekitar .  dan juga pemberian penyuluhan terhadap warga masyarkat dan mempraktekan pada lingkungan sekitar. 




Reverensi :
·         Modul 06 mengenai pencemaran lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar