.

Sabtu, 03 Februari 2018

Lingkungan Di Sekitar Industri Kimia

Oleh: Dwi Setiawan
@F06-Dwi

 








                                       
Abstrak

Pembangunan yang terus meningkat di segala bidang, khususnya pembangunan di bidang industri, semakin meningkatkan pula jumlah limbah yang dihasilkan termasuk yang berbahaya dan beracun yang dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan manusia. Untuk mencegah timbulnya pencemaran lingkungan dan bahaya terhadap kesehatan manusia serta makhluk hidup lainnya, limbah bahan berbahaya dan beracun harus dikelola secara khusus agar dapat dihilangkan atau dikurangi sifat bahayanya.

Kata Kunci : Lingkungan di Sekitar Industri Kimia

Lingkungan di Sekitar Industri Kimia

Sebagai mana industri lainya, industri kimia tidak terlepas dari isu lingkungan, beberapa isu lingkngan yang muncul di sekitar petrokimia di kanada (IC,2011) dan hampir semua industri kimia di negara manapun antara lain: maslah bau yang di timbulkan oleh polusi bahan kimia; lepasan bahan kimia beracun; emisi senyawa organik volatil (SOV); penambahn konsentrasi gas rumah kaca (GRK); emisi gas Nox dan Sox yang memberikan kontribusi tehadap terjadinya hujan asam; pelepasanberbagai substansi perusak ozon pengunaaan zat baru yan belum diketagui dampa lingkunganya; kontaminasi tanah; dan penangaanan kecelakaan industri.
Pencemaran oleh industri kimia atau industri lainnya terjadi di semua sentra industri , kaasan industri atau kota industri. Dampatnya yang paling terpenting adalah menurunkan kualitas hidup manusia disekitarnya, bahkan dapat menimbulkan penyakit kronis. Seperti hasil penelitian yang di lakukan oleh univertas california dan universitas michigan di wilayah alberta, kanada yang menunjukan bahwa makin tinggi tingkat kontaminasi akibat polusi udara, maka makin inggi nya jumlah penderita penyakit kangker. Sebagai catatan wilayah alberta terdapat lebih dari 40 industri yang menebar emisi berbagai zat polutan (ENN,2013).
Dengan demikian diperlukan adanya tidakan dalam mengenadalikan pencemaran lingkungan oleh industri kimia dan industri lainnya. ( Hidayat dan M.khoil,2017).


Daftar Pustaka:

Anasnurhuda,2010.
https://anasnurhuda354.wordpress.com/2010/12/10/lingkungan-industri-dan-perlindungan-masyarakat-di-sekitar-industri/

Hidayat dan M.kholil, 2017, buku Kimia industri dan teknologi hijau, pantona media, jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.