.

Sabtu, 17 Februari 2018

Energi Alternatif

Energi alternatif





Keadaan bumi dewasa ini mengalami peningkatan cukup pesat dalam hal pencemaran udara, hal itu bukan lah hal yang mengarah ke sisi positif akan tetapi justru mengarah ke negatif. Berita mengenai kerusakan alam sudah menjadi perbincangan yang umum di semua lapisan manusia. Penggunaan barang-barang yang dapat mengancam kondisi bumi semakin banyak ditemui di hampir semua aktifitas manusia, juga penggunaan senyawa-senyawa kimia berbahaya yang semakin banyak dijumpai.
 Di negara-negara maju sekarang ini mulai berlomba-lomba dalam hal pengembangan teknologi hijau yang jelas demi tercapainya bumi yang bersih dari pencemaran, entah itu yang bersifat cair, padat, maupun gas. Semua negara berlomba-lomba menciptakan teknologi yang bersahabat dengan lingkungan dan tentunya tidak mengakibatkan pencemaran. Kunci menuju ke masyarakat yang modern adalah dengan bersahabat dengan alam. Usaha manusia dalam hal mengurangi pencemaran di bumi bisa di lakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan penggantian energi yang berasal dari fosil dengan energi-energi alternatif lainya.

Berikut ini energi-energi alternatif yang dapat dipergunakan :
1.      SOLAR ENERGI
Energi ini merupakan energi yang berasal dari sumber panas matahari, sinar matahari dapat digunakan untuk pemanasan rumah, pencahayaan dan pendinginan. Sebagian besar bentuk energi terbarukan berasal baik secara langsung atau tidak langsung. Pemanfaatan panas matahari dapat menggantikan pemakaian listrik dan barang-barang yang menggunakan sumber daya dari fosil.

2.      ENERGI ANGIN
Angin merupaka pergerakan udara yang terjadi ketika naik udara hangat dan udara dingin bergegas menggantinya, dalam hal ini udara memiliki sifat bergerak dari tempat dingin menuju ke tempat yang lebih hangat.  Pergerakan angin dapat dimanfaatkan guna menjadi penggerak kincir dan untuk menggerakan turbin sebagai sumber listrik.

3.      Hydropower
Sama halnya dengan energi angin, energi ini juga memanfaatkan pergerakan dari air yang mengalir dengan memanfaatkan gaya gravitasi bumi. Air bergerak dari tempat tinggi ke tempat rendah dan menggerakan turbin yang mendorong proses mekanis untuk generator, dan dihasilkanlah listrik.

4.      ENERGI BIOMASSA
Biomasa telah menjadi sumber energi penting sejak orang pertama mulai membakar kayu untuk memasak makanan dan menghangatkan diri melawan dinginya musim dingin. Kayu masih merupakan sumber yang paling umum dari energi biomassa, tapi sumber-sumber lain dari energi biomassa melipputi tanaman pangan, rumput dan tanaman lain, limbah pertanian dan kehutanan dan residu. Biomasa dapat digunakan untuk menghasilkan listrik dan sebagai bahan bakar untuk transportasi atau memproduksi produk dengan menggantikan bahan bakar fosil.

5.      HIDROGEN
Senyawa ini memiliki potensi yang luar biasa sebagai sumber bahan bakar dan energi, tapi teknologi yang membutuhkan untuk mewujudkan potensi ini masih dalam tahap awal. Air adalah dua-pertiganya hidrogen, tapi hidrogen di alam selalu ditemukan dalam kombinasi dengan unsur lainya, setelah dipisahkan dari unsur-unsur lainya, hidrogen dapat digunakan untuk menggerakan kendaran, menggantikan gas alam untuk pemanasan dan untuk menghasilkan listrik.

6.      ENERGI PANAS BUMI
Pemanfaatan energi panas bum dapat menghasilkan listrik yang berasal dari uap dan air panas. Energi ini langsung dapat digunakan untuk pembangkit listrik.

Dari beberapa energi alternatif yang telah disebutkan diatas tentunya dapat menanggulangi ancaman dari pemanasan global. Pencemaran yang menjadi momok yang menakutkan di bumi dapat mulai dikurangi dengan menggantikan peranan dari energi gas alam dan fosil.

SUMBER


Tidak ada komentar:

Posting Komentar