.

Kamis, 08 Desember 2016

Apa Itu Stratosfer?



Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa.
Di Bumi, atmosfer terdapat dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan Bumi. Atmosfer tersusun atas beberapa lapisan, yang dinamai menurut fenomena yang terjadi di lapisan tersebut. Transisi antara lapisan yang satu dengan yang lain berlangsung bertahap. Studi tentang atmosfer mula-mula dilakukan untuk memecahkan masalah cuaca, fenomena pembiasan sinar matahari saat terbit dan tenggelam, serta kelap-kelipnya bintang. Dengan peralatan yang sensitif yang dipasang di wahana luar angkasa, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang atmosfer berikut fenomena-fenomena yang terjadi di dalamnya.
Atmosfer Bumi terdiri atas nitrogen (78.17%) dan oksigen (20.97%), dengan sedikit argon(0.9%), karbondioksida (variabel, tetapi sekitar 0.0357%), uap air, dan gas lainnya. Atmosfer melindungi kehidupan di bumi dengan menyerap radiasi sinar ultraviolet dari Matahari dan mengurangi suhu ekstrem di antara siang dan malam. 75% dari atmosfer ada dalam 11 km dari permukaan planet.
STRATOSFER
Seputar Pengertian Stratosfer adalah merupakan Lapisan kedua dari atmosfer. Stratosfer terletak pada ketinggian antara 18 - 49 km dari permukaan bumi. Lapisan ini ditandai dengan adanya proses inversi suhu, artinya suhu udara bertambah tinggi seiring dengan kenaikan ketinggian dari permukaan bumi. Kenaikan suhu udara berdasarkan ketinggian mulai terhenti, yaitu pada puncak lapisan stratosfer yang disebut stratopause dengan suhu udara sekitar 0°C. Stratopause adalah lapisan batas antara stratosfer dengan mesosfer. Lapisan ini terletak pada ketinggian sekitar 50 - 60 km dari permukaan bumi. Stratosfer terdiri atas tiga lapisan yaitu, lapisan isotermis, lapisan panas dan lapisan campuran teratas.

Stratosfer berada di atas troposfer dan merupakan lapisan yang kering dan kurang rapat dibandingkan dengan troposfer. Lapisan ini berada sekitar 10-50 km di atas permukaan bumi. Stratosfer bersama troposfer mengandung 99 persen udara atmosfer. Ozon terdapat di dalam stratosfer sehingga sering dinamakan sebagai ozone layer.
Ozon mempunyai fungsi yang sangat penting, yaitu menyerap dan membaurkan radiasi ultraviolet yang dihasilkan oleh matahari. Radiasi ini sangat berbahaya bagi kehidupan karena menyebabkan kanker kulit dan menghancurkan plankton yang menjadi dasar rantai makanan kehidupan laut. Area di atas antartika dengan lapisan ozon yang makin menipis ditemukan di akhir tahun 1970 oleh British Antartic Survey.
Dipercaya penyebab utamanya adalah pelepasan CFC ke dalam atmosfer. Gas ini digunakan sebagai pendingin, bahan pelarut industri elektronik, dan di dalam kaleng aerosol. Ketika memasuki atmosfer, CFC akan bereaksi dengan radiasi ultraviolet yang menyebabkan klorin di dalam CFC merusak molekul ozon, yang akhirnya mengubah jadi oksigen. Satu molekul klorin dapat menghancurkan lebih dari 100.000 molekul ozon.
Perubahan secara bertahap dari troposfer ke stratosfer dimulai dari ketinggian sekitar 11 km.Suhu di lapisan stratosfer yang paling bawah relatif stabil dan sangat dingin yaitu -70^o F atau sekitar -57^o C. Pada lapisan ini angin yang sangat kencang terjadi dengan pola aliran yang tertentu. Lapisan ini juga merupakan tempat terbangnya pesawat. Awan tinggi jenis cirruskadang-kadang terjadi di lapisan paling bawah, namun tidak ada pola cuaca yang signifikan yang terjadi pada lapisan ini.
Dari bagian tengah stratosfer keatas, pola suhunya berubah menjadi semakin bertambah seiring kenaikan ketinggian. Hal ini dikarenakan bertambahnya lapisan dengan konsentrasi ozon. Lapisan ozon ini menyerap radiasi sinar ultra violet. Suhu pada lapisan ini bisa mencapai sekitar18^o C pada ketinggian sekitar 40 km. Lapisan stratopause memisahkan stratosfer dengan lapisan berikutnya.

Daftar Pustaka:
Anonim. 2015. ”Seputar Pengertian Stratosfer”. http://seputarpengertian.blogspot.co.id/2015/04/seputar-pengertian-stratosfer.html. (Diakses 07-12-16)
Anonim. 2016. ”Sebutkan Ciri-Ciri Trooposfer dan Startosfer”. http://artikeltop.xyz/sebutkan-ciri-ciri-troposfer-dan-stratosfer.html. (Diakses 07-12-16)
Nurur, D. 2013.” Fungsi Fungsi Lapisan Atmosfir di Bumi”. http://isti-yoso.blogspot.co.id/2013/04/fungsi-lapisan-lapisan-atmosfer-bumi.html. (Diakses 07-12-16)

25 komentar:

  1. @A24-TANIA

    Poin 2

    tidak ada mind mapnya

    BalasHapus
  2. @A20-irwansyah

    Poin 3

    Bila atmosfer tidak ada di bumi dampak nya akan seperti apa

    BalasHapus
  3. @A18-FAKHRIZAL

    Poin 3

    Cukuo baguss untuk soal sma

    BalasHapus
  4. @A11-DINDA

    POINT 3

    Informasinya sangat menarik.

    BalasHapus
  5. @A16-SITI

    POIN 2

    Tolong sertakan mind mapnya

    BalasHapus
  6. @A38-farida

    Poin : 3

    Artikel nya cukup menarik tetapi belum dilengkapi dengan mindmap

    BalasHapus
  7. @A03-KHARISMA

    Poin 3

    mind mapnya tidak ada

    BalasHapus
  8. @A02-RAHMAT

    POIN : 2

    Terima kasih atas infonya

    BalasHapus
  9. @A31-ALAM

    POIN 3

    KOMENTAR : MANTAP JIWAAAA atuh 😘

    BalasHapus
  10. @A36-ANNA
    Poin 3
    Walau ga ada main map nya, saya ingin bertanya. Pada lapisan stratosfer paling bawah disebutkan tempat terbangnya pesawat, apa alasannya jika pesawat sering kehilangan sinyal di daerah itu? Terima kasih ^_^

    BalasHapus
  11. @A36-ANNA
    Poin 3
    Walau ga ada main map nya, saya ingin bertanya. Pada lapisan stratosfer paling bawah disebutkan tempat terbangnya pesawat, apa alasannya jika pesawat sering kehilangan sinyal di daerah itu? Terima kasih ^_^

    BalasHapus
  12. @A13-RIFKA

    POINT 2

    mind map kedikitan

    BalasHapus
  13. @A32-VARATRI

    poin 3

    artikel nya bermanfaat , tapi mana mindmapnya?

    BalasHapus
  14. @A01-Rika
    Point 3

    Ok mudah2an bermanfaat.

    BalasHapus
  15. @A37-ANDIKA
    Point ; 3
    ( mindmap ko lek buat lebih mantap lagi yoo )

    BalasHapus
  16. @A29-Fauzi

    point 3

    artikelnya pas lah !!!

    BalasHapus
  17. @A07-RONA

    Poin 3

    Adakah kehidupan di stratosfer ?

    BalasHapus
  18. @A15-RANIYAH

    POIN 3

    artikelnya sudah bagus tetapi belum ada mindmapnya

    BalasHapus
  19. @A14-Fadhli

    point 3

    bagus banget

    BalasHapus
  20. @A39-JOSEPHINE
    Poin 2
    Artikelnya cukup bagus,tapi mindmapnya kurang

    BalasHapus
  21. @A17-DHICO

    Poin 3

    Artikelnya sangat bagus dan bermanfaat

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.