.

Rabu, 07 September 2016

Glukosa



Sejarah Glukosa
Glukosa atau yang dapat kita sebut Gula merupakan makanan yang baru populer di abad pertengahan.
Gula praktis tidak dikenal dalam peradaban klasik Mesir, Yunani dan Romawi. Orang Yunani (yang memiliki kata hampir untuk semua hal) bahkan tidak memiliki kata untuk gula. Orang Arab-lah yang menjadikan gula sebagai komoditi populer di dunia, yang kini menjadi kebutuhan pokok semua bangsa dengan produksi global melebihi 120 juta ton per tahun.
Selama revolusi pertanian muslim, pengusaha Arab mengadopsi teknik-teknik produksi gula dari India dan kemudian menyempurnakan dan mengubah gula menjadi industri skala besar. Orang-orang Arab mendirikan pabrik-pabrik dan perkebunan-perkebunan gula yang pertama dan mendistribusikannya sampai Eropa dan Afrika. Kata “sugar” dalam bahasa Inggris berasal dari kata Arab “sukkar”, yang berasal dari kata Sansekerta “sharkara”. Terjemahan gula dalam beberapa bahasa memiliki etimologi yang sama, misalnya, “azucar” dalam bahasa Spanyol, “sucre” di Perancis, “zucker” di Jerman, dan “seker” di Turki.

Pengertian Glukosa
Glukosa (GLC) adalah gula sederhana dengan rumus kimia C6H12O6. Ini adalah gula utama yang bebas beredar dalam darah hewan tingkat tinggi, dan bahan bakar yang disukai oleh otak dan sistem saraf, serta sel-sel darah merah (eritrosit).
Sebagai substrat yang universal (molekul yang di atasnya enzim bertindak) untuk produksi energi sel, glukosa sangat berperan sentral dalam metabolisme semua bentuk kehidupan. Ini adalah salah satu produk utama fotosintesis, proses dimana fotoautotrof seperti tanaman dan alga mengkonversi energi dari cahaya matahari menjadi energi potensial kimia yang digunakan oleh sel.
Glukosa juga merupakan titik awal utama untuk respirasi sel, di mana ikatan kimia dari molekul yang kaya energi seperti glukosa diubah menjadi energi yang dapat digunakan untuk proses kehidupan.

Macam macam glukosa

-      Monosakarida 
           Berasal dari Bahasa Yunani “mono” yang berarti “satu” dan sacchar yang berarti “gula” , ialah senyawa karbohidrat didalam bentuk gula yang paling sederhana. Beberapa dari monosakarida tersebut memiliki rasa manis. Sifat umum pada monosakarida ialah larut air, tidak berwarna, dan juga berbentuk padat kristal.

-      Disakarida 
ialah gula atau karbohidrat yang dibuat dengan melalui dengan cara menghubungkan dua monosakarida.

-      Amilosa dan amilopektin
Amilosa dan juga amilopektin ialah dua komponen yang paling umum dari pati yang terjadi dengan secara alami. yang keduanya terdiri dari banyak sekali monomer glukosa terhubung pada polimer. Pati tersebut berfungsi ialah sebagai penyimpanan energi didalam tanaman.
Glikogen ialah polisakarida yang juga memiliki lebih banyak cabang monomer glukosa yang melayani fungsi dari penyimpanan energi pada hewan. Glikogen tersebut dibuat dan juga disimpan terutama dalam sel-sel hati serta otot.

-      Glikogen
Glikogen ialah polimer bercabang dari glukosa serta berfungsi ialah sebagai penyimpanan energi pada hewan.
Selulosa terdiri dari banyak helai monomer yang panjang glukosa dengan hidrogen terhubung satu dengan yang lain. Selulosa sebagian besar dapat dicerna dan juga mencakup dinding sel tanaman. Ini ialah komponen struktural dari dinding sel tanaman hijau dan juga merupakan satu molekul organik paling umum di Bumi. kurang lebih 33% dari semua materi tanaman ialah selulosa. Struktur linkage didalam selulosa berbeda dibandingkan dengan pati, dan juga selulosa ialah dapat dicerna kecuali dengan beberapa mikroorganisme yang hidup didalam suatu saluran pencernaan ternak dan juga rayap. Tidak ada percabangan dan juga serat yang mengadopsi struktur seperti batang sangat kaku dengan banyak ikatan hidrogen antara serat yang menambah kekuatannya. Selulosa ialah komponen utama dari kertas, karton, dan juga tekstil yang terbuat dari katun, linen, serta serat tanaman lainnya

 Fungsi Glukosa bagi Tubuh Manusia :

  • Glukosa sebagai bahan bakar
Dalam proses biologis glukosa memiliki peranan-peranan penting yang mana glukosa ini merupakan makanan berenergi yang nantinya akan dioksidasi menjadi karbondioksida dan air dalam sel-sel tubuh. Glukosa ini juga digunakan oleh semua jaringan-jaringan yang terdapat pada seluruh tubuh sebagai bahan bakar untuk meningkatkan pertumbuhan dan semua kegiatan pada tubuh.
Glukosa diserap dan disebarkan kedalam peredaran darah melalui saluran pencernaan dalam tubuh. Sebagian dari glukosa ini langsung menjadi bahan bakar bagi sel otak, sedagkan sebagiannya lagi dari glukosa ini menuju hati dan otot yang mana dapat menyimpannya sebagai sel lemak dan glikogen. Glikogen ini sebagai sumber energi cadangan yang kemudiannya dapat dikonversi kembali menjadi glukosa pada saat yang dibutuhkannya lebih banyak energi lagi.

  • Glukosa sebagai sumber energi utama
Seperti yang kita ketahui bahwa glukosa ini adalah sebagai bahan bakar utama pada peredaran semua jaringan dalam tubuh, oleh karena itu glukosa ini bisa disebut sebagai sumber energy yang utama, yang mana apabila tubuh tidak mengandung glukosa maka pergerakan darah dan jaringan pada tubuh akan berjalan lambat.

  • Meningkatkan energi secara instan
Seringkali para orang tua dan manusia diseluruh penjuru dunia membiasakan sarapan pagi dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung gula. Itu fungsinya agar gula tersebut diubah menjadi glukosa dalam tubuh dan menjadi pemicu utama energi pada tubuh.

  • Meningkatkan tekanan Darah
Tekanan darah yang rendah seringkali disebabkan oleh kinerja darah dan jaringan yang lamban, lagi-lagi itu disebabkan oleh kurangnya kandungan glukosa dalam darah. Oleh arena itu kuantitas pergerakan kerja darah ke seluruh tubuh tergantung pada kandungan glukosa dalam tubuh manusia tersebut.

  • Meningkatkan fungsi otak
Selain yang tertera diatas fungsi glukosa pada tubuh manusia juga mempercepat Fungsi dan kerja otak yang tergantung pada peredaran darah yang sempurna dari seluruh tubuh ke otak. Sama halnya dengan organ lain, peredaran darah ke otak ini juga membutuhkan kandungan glukosa yang cukup untuk memaksimalkan kerja darah yang mempengaruhi kerja otak



Daftar Pustaka :





http://www.gurupendidikan.com/

1 komentar:

  1. Jika seseorang mengalami kelebihan glukosa, dampaknya apa aja gan ?

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.