.

Jumat, 12 Agustus 2016

Rusaknya Hutan Indonesia

Hutan merupakan salah satu karunia Tuhan yang patut kita jaga. Mengapa demikian? Ada banyak hal yang bisa dijadikan alasan. Salah satunya adalah kenyataan bahwa hutan memiiki kedudukan yang sangat penting di dunia, ia mempunyai banyak fungsi. Seperti merubah gas karbon dioksida menjadi oksigen, menjadi habitat atau sebagai tempat berlindung para binatang dan lain sebagainya. Maka tak heran jika hutan sering disebut-sebut sebagai jantungnya dunia.

Hutan-hutan yang ada di Indonesia termasuk dalam kategori hutan hujan tropis. Hutan ini memiliki mekanisme “siklus hara tertutup”. Jika dilihat dari luar, hutan hujan tropis akan terlihat begitu besar dan megah. Namun, pada hakikatnya itu hanya peampilan luarnya saja. Tanah-tanah yang berada di daerah ini memiliki kadungan unsur hara yang minim. Sebagian unsur hara yang ada berada di dalam vegetasi yang hidup didaerah tersebut. Tercatat kurang lebih sekitar 70% unsur hara yang ada terkandung di dalam tanaman-tanaman hutan, baru sisanya berada di dalam tanah.Semua ini terjadi dikarenakan curah hujan yang tinggi sehingga proses pencucian unsur hara (leacing) berjalan dengan sangat cepat. Selain itu, unsur tanah yang ada juga sebagian besar terdiri dari partikel lempung illite dan kaolinite.
Hutan merupakan sumber daya alam yang bisa diperbaharui. Namun, jika telah mencapai batas tertentu hutan akan mengalami kesulitan untuk memperbaharui diri. Butuh ratusan tahun untuk mengembalikan kondisi seperti semula. Kegiatan penebangan hutan secara terus-menerus akan merusak ekosistem di dalamnya. Berbagai macam flora dan fauna akan punah. Itu semua terjadi karena kerakusan manusia.

Hutan juga sudah dijadikan tempat bergantung oleh sebagian orang. Banyak orang yang menggantungkan hidupnya kepada kekayaan alam yang ada dihutan. Mereka menjelajahi hutan untuk mencari makanan dan meningkatkan penghasilan. Hal ini akan menjadi dampak buruk jika eksploitasi (pengambilan kekayaan hutan) yang dilakukan tidak dibarengi dengan adanya tindakan pembaharuan , pengambilan secara berlebihan dan serakah.
 Save Hutan Indonesia,Selamatkan Hutan Indonesia


Daftar Pustaka ;
Hidayat,Atep Afia.2013.Indonesia Boros Hutan.
http://www.kangatepafia.com/2013/05/indonesia-boros-hutan.html#more

Hidayat,Atep Afia.2013.Hutan Tropis Rusak Pelanet Bumi ''Bengek".
http://www.kangatepafia.com/2013/04/hutan-tropis-rusak-planet-bumi-bengek.html#more

Hidayat,Atep Afia.2013.Kerusakan Hutan Di Kalimantan.
http://www.kangatepafia.com/2013/04/kerusakan-hutan-di-kalimantan.html#more

Hidayat,Atep Afia.2013.Jangan Biarkan Hutan Telanjang.
http://www.kangatepafia.com/2013/04/jangan-biarkan-hutan-telanjang.html#more

Hidayat,Atep Afia.2013.Kerusakan Hutan Tidak Terkendali.
http://www.kangatepafia.com/2013/04/kerusakan-hutan-tidak-terkendali.html#more

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.