Digunakan dalam kaca depan, kaca ini terdiri dari dua panel terikat bersama-sama dengan lembaran plastik terjepit di antara. Ini membantu menjaga kaca depan bersama-sama saat terjadi benturan, mengurangi cedera dari tepi yang tajam.
Jenis Kaca MobilJenis kaca mobil dibuat dengan memperhatikan aspek perlindungan yang sangat baik dibandingkan kaca biasa, karena jika saat kaca mobil mengalami kerusakan seperti pecah akibat kecelakaan maka mampu meminimalkan cedera bagi penumpang mobil tersebut. Jenis kaca mobil terdiri dari Kaca tempered (Temperlite) dan Kaca laminated (Lamisafe).

Kaca Tempered (Temperlite)
Kaca tempered mempunyai kekuatan hingga empat sampai lima kali lebih dibandingkan kaca biasa sehingga jenis kaca mobil ini akan sulit dipecahkan. Kaca jenis ini diproduksi melalui proses pemanasan dengan suhu yang ekstrim (mencapai 650o C) dan proses pendinginan yang cepat.
Kaca tempered sering disebut juga sebagai kaca pengaman, karena jika pecah akan berkeping-keping dalam bentuk kristal dengan bagian tepi pecahan tersebut tumpul sehingga dapat menghilangkan aspek bahaya bagi penumpang mobil. Pecahnya jenis kaca mobil ini jika tertembus benda tajam yang melebihi seper-enam tebal kaca tersebut.
Jenis kaca ini biasa dipasang pada kaca samping dan belakang mobil karena jika terjadi benturan dari samping atau belakang, kaca tidak akan mudah pecah. Ada beberapa perkecualian untuk kendaraan bus, bila bus dalam keadaan bahaya kaca samping akan dengan mudah dipecahkan dengan memakai alat pemecah yang biasanya ditempelkan pada dinding bus.
Laminated glass (Lamisafe)
Jenis kaca ini mempunyai 3 jenis material yang berlapis antara dua lembar atau lebih kaca biasa (polos) yang direkatkan dengan polyvinyl butiran film pada bagian dalamnya, hal itu dilakukan untuk mencegah pecahan kaca terbagi menjadi pecahan tajam yang besar.
Jenis kaca fortuner“>mobil ini digunakan untuk mencegah adanya benturan atau jatuh dan hancur terhadap penumpang karena pecahan kaca menempel pada lembaran film. Kaca depan dan kaca untuk atap mobil biasanya menggunakan jenis kaca mobil laminated. Jenis kaca mobil ini mempunyai karakteristik aman, memberikan perlindungan, warna bervariasi, kedap suara dan dapat mencegah sinar UV yang masuk.
Keduanya masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda-beda,namun dapat digunakan secara bersama-sama dalam beberapa aplikasi pada kedua jenis kaca mobil tersebut.
sumber :
- google.com