.

Jumat, 14 Februari 2020

Pencemaran udara dalam kehidupan sehari - hari



Pencemaraan udara dan pengaruh terhadap kehidupan



Oleh : Andyka Febriyansyah


Abstrak

Udara sudah menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari – hari, tetapi semakin zaman terus berkembang & terus maju seperti munculnya berbagai transportasi yang memberikan dampak polusi, adanya bangunan – bangunan baru dari penebangan hutan yang tentu hutan ini sangat berpengaruh terhadap kualitas udara. Tetapi semakin banyaknya penebangan hutan, munculnya polusi, ini dapat menyebabkan menurunnya kualitas udara sehingga dan menimbulkan pencemaran udara akibat ulah manusia. Dengan begitu kita harus dapat mencegah seblum terjadi lebih berbahaya lagi.

Kata kunci : Pencemaran udara, Penyebab, Cara mengatasi

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fsalamadian.com%2Fpengertian-pencemaran-udara%2F&psig=AOvVaw0XV4IVqllG3wqoqHtGIs0Q&ust=1581783407447000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCNDhxsi40ecCFQAAAAAdAAAAABAD


Pendahuluan

Udara adalah salah satu factor penting bagi makhluk hidup baik itu manusia ataupun hewan dan lainnya. Karena makhluk hidup ini memiliki kebutuhan untuk hidup terus dengan cara bernafas, semakin banyak udara tanpa adanya zat-zat dari pencemaran udara akan memberikan kesehatan yang sangat baik terhadap tubuh, dan begitu juga sebaliknya.

Pembahasan

I. Pengertian

Menurut Mukono (2008), Pencemaran adalah bertambahnya bahan atau substrat fisik atau kimia ke dalam lingkungan udara normal yang mencapai sejumlah tertentu, sehingga dapat di deteksi oleh manusia (yang dapat dihitung dan diukur) serta dapat memberikan efek pada manusia, binatang, vegetasi dan material.

II. Penyebab Pencemaran Udara

1. Kebakaran Hutan, Fenomena ini dapat terjadi dari dua Hal yakni ulah dari manusia & disebabkan oleh alam. Seperti hal nya penebangan pohon secara liar itu merupakan akibat ulah manusia, dan terjadinya kekeringan pada lingkungan hutan itu sendiri akibat saat musim kemarau yang menjadi salah satu factor terjadinya kebakaran hutan dari alam.

2. Letusan Gunung Berapi, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak gunung berapi sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi bencana alam letusan gunung berapi. Salah satu contohnya adalah letusan yang terjadi di gunung kelud, yang mana letusan tersebut memberi dampak pencemaran udara, Banyak abu vulkanik yang bertaburan dimana-mana. Dalam abu vulkanik tersebut diketahui mengandung logam seperti timah,tembaga, seng, krom besi dan silica.

3. Industri Pabrik, Beberapa industry menghasilkan polutan yang berbahaya, diantaranya adalah industry pembuatan plastic, semen, alumunium, baja dan industry kimia sejenisnya. Karbon monoksida, hidokarbon dan senyawa organic merupakan polutan yang biasa dihasilkan oleh pabrik yang akan mempercepat proses terjadinya rumah kaca.

4. Asap rokok, Asapa rokok memiliki banyak zat – zat berbahaya yang dapat terkandung dalam udara, semakin banyak rokok maka akan semakin banyak juga timbulnya pencemaran udara

5. Tumpukan sampah, Tumpukan sampah ini sangat meresahkan masyarakat terutama yang berada disekitar lingkungannya, tumpukan sampah yang menggunung menyebabkan timbulnya pencemaran udara. Karena sampah-sampah organic akan membusuk dan menghasilkan bau tidak sedap karena gas metana.

6. Kegiatan pertambangan, Proses dalam pertambangan ini dapat memberikan bahan kimia & debu yang mampu menyebabkan adanya pencemaran udara.

III. Dampak

Dampak pencemaran udara tentu sangat bersifat buruk terutama pada kesehatan kita sebagai makhluk hidup, selainn buruk bagi kesehatan pencemaran udara juga memiliki dampak terhadap pemanasan global & efek rumah kaca.

1. Bagi Kesehatan, Pencemaran udara tentu tentu sangat berbahaya bagi manusia ataupun makhluk hidup lainnya, karena pencemaran udara ini biasanya timbul akibat adanya zat – zat kimia yang berbahaya yang terkandung dalam udara sehingga dapat menyebabkan penyakit seperti pada system pernafasan, seperti bronchitis & asma.

2. Pemanasan global, ini terjadi karena adanya peningkatan suhu udara bumi yang terus menurus, peningkatan ini disebabkan karna adanya pencemaran didalam udara

3. Efek rumah kaca ini adalah naiknya suhu bumi yang disebabkan oleh adanya perubahan komposisi, yang terapat pada atmosfer . hal itu menyebabkan sinar matahari tetap berada di bumi, dan sayangnya tidak dipantulkan dengan sempurna untuk keluar dari atmosfer tersebut.

IV. Cara menanggulangi

1. Tidak membakar sampah karena asap yang ditimbulkan dari pembakaran sampah ini memberikan beberapa dampak negative karena mengandung zat – zat yang menyebabkan muncul nya pencemaran udara. Dengan begitu kita harus mengurangi pembakaran sampah dengan cara di daur ulang ataupun di kubur.

2. Membuat cerobong asap, ini sangat penting terutama pada industry pabrik yang mana cerobong asap ini biasanya dapat memfilter asap dengan tujuan untuk meminiamlisi zat berbahaya yang keluar.

3. Tidak merokok, ini juga sudah menjadi keresehan pada kehidupan sehari – hari, karna asap pada rokok ini mempunyai zat – zat yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Dengan itu kita harus mengurangi adanya asap rokok karna dapat meminimalisir pencemaran udara sekaligus untuk menjaga kesehatan dan kestabilan tubuh kita.

4. Mengurangi pemakaian kendaraan pribadi, dengan kita mengurangi pemakaian pribadi secara tidak langsung kita pun terlibat untuk memberikan kontribusi demi mengurangi adanya pencemaran udara. Semakin banyak mengurangi pemakaian pribadi, tingkat polusi terhadap pencemaran udara akan terus berkurang.

Kesimpulan

Jadi menurut saya cara paling tepat untuk mengatasi dan mengurangi adanya pencemaran udara itu melalui kesadaran dari kita sendiri maupun orang lain, karena dengan begitu makhluk hidup tentunya manusia ini harus bisa menjaga dan melindungi kesehatan nya terhadap pencemaran udara yang harus sesegara mungkin di minimalisir demi mencegah timbulnya penyakit – penyakit yang lebih berbahaya lagi.

Daftar Pustaka


Thegorbalsa. “Efek rumah kaca : Pengertian, Penyebab, Proses, Dampak, Contoh “ https://thegorbalsla.com/efek-rumah-kaca/ ( Di akses tanggal 14-02-2020).
Default, Site. 2015. “10 Penyebab pencemaran udara dan dampaknya” https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/udara/penyebab-pencemaran-udara ( Di akses tanggal 14-02-2020).
Manis, si. 2019. “ Pengertian pencemaran udara, sumber penyebab, jenis, dampak dan penanggulangan pencemaran udara lengkap” https://www.pelajaran.co.id/2019/04/pengertian-pencemaran-udara-sumber-penyebab-jenis-dampak-dan-penanggulangan-pencemaran-udara.html ( Di akses tanggal 14-02-2020).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.