.

Jumat, 14 Februari 2020

Pencemaran Lingkungan : Dampak dan Penyebab

Dibuat Oleh : Ryan Hidayat Viery Hakim (Q08-Ryan)



Pencemaran lingkungan sudah menjadi momok terbesar dubumi ini yang sudah sepatutnya diwaspadai. Masalah pencemaran ini sudah aja sejak dulu namun saat ini masih belom terselasaikan. Apalagi semenjak terjadinya revolusi industri masalah pencemaran lingkungan menjadi lebih segnifikan.
Pencemaran sering menjadi dampak kesehatan dan kesejahteraan makhluk hidup di bumi ini. Pencemaran dimana mana dan tak terkendali. Karena itulah pencemaran lingkungan adalah salah satu faktor menurunnya kualitas hidup.
Kata kunci : Pencemaran lingkungan, pencemaran industri, dampak dan penyebab pencemaran

Pengertian
Pengertian pencemaran lingkungan menurut Undang Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup pasal 1 ayat(14):
Pencemaran lingkungan hidup merupakan masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu lingkungan hidup yang telah ditetapkan.
Karena hal itulah kualitas dari lingkungan yang terkena dampak pencemaran baik darat maupun udara menyebabkan menjadi menurun. Salah satu penyumbang limbah adalah industri. Banyak industri-industri nakal yang dengan sengaja membuah hasil produksinya atau limbahnya sembarangan tempat. Yang dapat menimbulkan pencemaran dimana.
Coba kita renungkan bagaimana bila industri membuang limbah ke sungai maka apakah tidak menganggu lingkungan hidup ikan-ikan di sungai. Pasti menganggu bahkan bisa menyebabkan lingkungan. Yang lebih parahnya bagaiman bila sungai yang seharusnya digunakan untuk mengairi sawah malah tercemar limbah, apa yang akan terjadi terhadap sawah tersebut. Mungkin tanaman disawah mati dan gagal panen hingga merugikan petani.
Polutan
Polutan ialah suatu bahan  kimia yang menjadi penyebab pencemaran lingkungan. Salah satu contohnya adalah sisa limbah pabrik dan bekas air detergen. Suatu bahan kimia dapat dikatakan sebuah polutan jika jumlah dari zat pada bahan kimia tersebut sudah melampaui kedaan normal. Jika bahan kimia tersebut telah menjadi polutan maka akan sangat merusak lingkungan.
Jenis-jenis polutan
Polutan terdiri dari 2 jenis, yaitu anatra lain :
·         Polutan biodegrable, adalah suatu jenis polutan yang bisa diuraikan oleh proses alam, Seperti contohnya: kertas, kayu, dedaunan, dan bahan organik lainnya.
·         Polutan non-biodegrable, adalah suatu jenis polutan yang tidak dapat diuraikan oleh proses alam sehingga polutan tersebut akan tetap ada pada lingkungan untuk jangka waktu yang lama

Macam-macam pencemaran lingkungan
Pencemaran lingkungan bisa melalui beberapa hal antara lain, pencemaran udara, pencemaran tanah, dan pencemaran air. Setiap pencemaran tersebut masing-masing memiliki sebab dan dampak yang berbeda-beda
1.       a. Pencemaran Udara
Menurut Depkes (2004) Pencemaran Udara  adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain ke udara dan atau berubahnya tatanan udara yang disebabkan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam, sehingga kualitas udara turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan seharusnya.,
Polusi dimana-mana mulai dari asap rokok, asap kendaraan hingga asap limbah industri. Hal ini lah salah satu faktor menurunnya kualitas hidup. Dampak dari pencemaran udara ini cukup merugikan bagi tubuh manusi yang menyebabkan timbulnya penyakit-penyakit seperti radang paru-paru.

2.      b. Pencemaran Tanah
Pencemaran tanah merupakan suatu keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. Hal ini sangat mengancam kesehatan mahkluk hidup bahkan menyebabkan kondisi dan gangguan yang tidak sedap dipandang. Hal ini disebabkan karena hubungan tanah dan makhluk hidup sebgai sumber daya yang penting bagi kelangsungan hidup.
Tanah yang sudah terkontaminasi oleh zat kimia atau limbah membuat tanah itu tidak subur, sehingga tanaman/tumbuhan disekitarnya tidak  bisa tumbuh bahkan mati. Dampak lainnya kan menyebabkan putusnya rantai makanan disebabkan hilang sumber daya makanan dari tumbuhan sehingga banyaknya hewan pemakan tumbuhan mati kelaparan..

3.       c. Pencemaran Air
Pencemaran air diartikan sebagai suatu perubahan langsung atau tidak langsung terhadap kondisi air, dari keadaan yang normal menjadi keadaan yang berbahaya atau berpotensi menyebabkan penyakit atau gangguan bagi kehidupan makhluk hidup.
Dampak dari hal ini salah satu yang sudah saya sebutkan diatas bahwa hal ini dapat merusak ekosistem didalam air. Bila hal ini sampai merusak ekosistem maka akan terjadi menurunnya jumlah sumber daya alam di sungai dan di laut. Ikan ikan mati, terumbu karangpun hancur dan tidak akan terlihat elok lagi lautan di bumi ini.

Penyenbab pencemaran lingkungan
1.       a. Faktor Internal
Secara umum, penyebab pencemaran lingkungan karena faktor internal (secara alamiah), diantaranta:
  •  Abu (debu) yang dikeluarkan dati letusan gunung berapi, termasuk gas-gasvulkanik
  • Proses pembusukan sampah-sampah organik
  • Kebakaran hutan

b. Faktor Eksternal
Faktor Eksternal yang dapat menjadi penyebabnya, diantaranya:
  • Debu dan gas-gas akibat aktivitas industri
  • Pemakaian zat-zat kimia seperti pestisida yang disemprotkan ke udara
  • Pembuangan limbah industry ke sumber air seperti sungai, danau, laut tanpa dilakukan pengolahan limbah secara benar
  • Penggunaan pupuk untuk industry pertanian secara berlebihan dan melebihi kadar normal bias mencemari tanah.

Dampak Pencemaran Lingkungan
Berikut ini adalah dampak dari pencemaran lingkungan.

a. Punahnya Spesies
       Polutan sangat berbahaya untuk biota air dan darat. Berbagai jenis hewan mengalami keracunan dan tidak sedikit yang mati karenanya. Berbagai spesies hewan mempunyai kekebalan yang tidak sama. Ada yang peka dan ada pula yang tahan terhadap polutan tersebut.

b. Peledakan Hama
       Penggunaan insektisida bisa pula membunuh predator pada rantai makanan tertentu. Karena predator punah, maka serangga akan berkembang dengan pesat tanpa terkendali.

c. Gangguan Keseimbangan Lingkungan
       Punahnya spesies tertentu bisa merubah pola interaksi di dalam suatu ekosistem. Akibatnya, keseimbangan lingkungan akan menjadi terganggu dan tidak stabil.

d. Kesuburan Tanah Berkuran
       Penggunaan insektisida bisa mematikan fauna tanah. Hal ini dapat menyebabkan kesuburan tanah menurun. Selain itu menggunakan pupuk secara berlebihan dapat menyebabkan tanah menjadi asam. Hal ini juga bisa menurunkan kesuburan pada tanah.
      Untuk mengatasi hal tersebut maka hendaknya dilakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang, sistem penanaman selang-seling (tumpang sari), dan rotasi tanaman.

e. Terbentuk Lubang Ozon
       Terbentuknya lubang ozon ini merupakan salah satu permasalahan dari pemanasan global. Hal ini disebabkan oleh bahan pencemar yang bisa merusak lapisan ozon seperti CFC.

f. Efek Rumah Kaca
       Permasalahan global lainnya adalah efek rumah kaca. Gas CO2 yang dihasilkan dari proses pembakaran akan meningkatkan kadar CO2 pada atmosfer bumi. Hal ini menyebabkan suhu bumi akan meningkat.

Cara Mencegah Pencemaran Lingkungan
Berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan :
  • Menempatkan daerah industri atau pabrik-pabrik besar jauh dari daerah pemukiman penduduk.
  • Pembuangan limbah industri harus diatur sehingga tidak lagi mencemari lingkungan.
  • Pengawasan terhadap penggunaan jenis-jenis peptisida dan zat kimia yang lainnya yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.
  • Memperluas gerakan penghijauan dan reboisasi hutan yang gundul.
  • Tindakan tegas terhadap pelaku pencemaran lingkungan.
  • Membuang sampah pada tempatnya.
  • Memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang arti lingkungan hidup.
  • Penggunaan bahan yang ramah terhadap lingkungan.
       Nah itulah penjelasan singkat mengenai pencemaran lingkungan. Mulai dari pengertian lingkungan, macam macam pencemaran lingkungan, dampak pencemaran lingkungan dan cara mencegah pencemaran lingkungan. Jaga selali bumi ini agar generasi anak cucu kita nanti dapat menikmatinya.


Kesimpulan
      Pencemaran lingkungan memiliki banyak jenis, dampak dan penyebabnya. Dan faktor penyumbang terbesar tidak bukan adalah kita sebagai manusia. Maka dari itu pentingnya menjaga bumi kita agar bumi ini bisa tetap lestari dan layak untuk dihuni baik manusia, hewan bahkan tumbuhan.


Daftar Pustaka
Anonim, Pengertian Pencemaran Lingkungan Beserta Penyebab dan Dampaknya
https://sahabatnesia.com/pencemaran-lingkungan/ (Diakses Tanggal : 14 Februari 2020)

Putri, Arum Sutrisna (2020), Pengertian Pencemaran lingkungan dan jenis jenisnya

Anonim, Pencemaran Lingkungan
Primastika, Widia (2019) Polusi Udara dan Efeknya terhadap Kesehatan Mental

Anonim, Pengertian Pencemaran Tanah, Penyebab, Akibat dan solusi



2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. @Q07-Revy
    Bermanfaat untuk selalu mengingatkan kita dalam menjaga bumi kita

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.