.

Jumat, 14 Februari 2020

KIMIA TERHADAP PENCEMARAN LINGKUNGAN SEKITAR


OLEH : AULYA ANINDYA PUTRI (@Q12-Aulya)
                                                                 


ABSTRAK
KIMIA TERHADAP PENCEMARAN LINGKUNGAN
Kimia Lingkungan ialah kajian ilmiah tentang fenomena zat-zat kimia dan biokimia yang terjadi di tempat-tempat alami. Ini jangan dibingungkan dengan kimia hijau, yang mencari untuk mengurangi polusi potensial pada sumbernya. Ini dapat didefinisikan sebagai kajian tentang sumber-sumber, reaksi-reaksi, pengangkut, pengaruh, dan takdir dari spesies-spesies kimia tersebut di lingkungan udara, tanah, dan air; dan pengaruh aktivitas manusia di tempat tersebut. Kimia lingkungan ialah suatu antar-disiplin ilmu yang meliputi atmosfir, kehidupan air dan kimia tanah, serta tentang kimia analitik yang terkait dengan lingkungan dan bidang-bidang sains lainnya.
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Kimia lingkungan ialah suatu antar-disiplin ilmu yang meliputi atmosfir, kehidupan air dan kimia tanah, serta tentang kimia analitik yang terkait dengan lingkungan dan bidang-bidang sains lainnya. Kimia lingkungan merupakan bidang ilmu yang mempelajari proses kimia dalam lingkungan yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia. Dampaknya dapat dirasakan melalui kehadiran polutan udara dikawasan perkotaan, dsb. Kimia lingkungan merupakan studi mengenai sumber, reaksi, pengaruh dan akhir zat kimia dalam tanah, air, udara disekitar kita.
B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan  pembahasan tersebut di atas maka penyusun dapat merumuskan beberapa hal yang menjadi masalah sebagai berikut :
1.    Menjelaskan pemahaman kimia terhadap lingkungan sekitar
2.    Menjelaskan dampak kimia terhadap lingkungan
3.    Penjelasan mengenai penjelasan pencemaran udara
C.       Tujuan
Tujuan penyusunan makalah ini adalah :
1.     Untuk memahami definisi mengenai pencemaran lingkungan
2.     Agar mampu menjelaskan dan memahami dampak kimia
3.     Agar mengetahui penyebab kimia terhadap kehidupan

PEMBAHASAN

1.      Kimia Lingkungan – Studi Pencemaran
Kimia lingkungan merupakan bidang ilmu yang mempelajari proses kimia dalam lingkungan yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia. Dampaknya dapat dirasakan melalui kehadiran polutan udara dikawasan perkotaan, dsb. Kimia lingkungan merupakan studi mengenai sumber, reaksi, pengaruh dan akhir zat kimia dalam tanah, air, udara disekitar kita.
Pencemaran lingkungan merupakan efek dari perubahan yang tidak diinginkan dalam lingkungan, yang secara langsung berpengaruh buruk terhadap kondisi lingkungan disekitarnya. Sebagai polutan dihasilkan dari aktivitas manusia. Pencemaran ini memiliki beberapa kategori, yaitu : kimia organik, kimia anorganik, kimia organometalik, asam, fisik, dsb.
Manusia sangat dirugikan dengan pencemaran, sebagai contoh yaitu paparan jangka panjang dari polusi udara, dapat menyebabkan penyakit pernafasan. Kondisi lingkungan sangat berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan dan kesehatan populasi manusia.

JENIS & PENYEBAB PENCEMARAN LINGKUNGAN :
1.       Pencemaran Air
Menyebabkan terganggunya semua spesies makhluk hidup yang ada dibumi. Pencemaraan ini terjadi karena:
-          Limbah industri yang dibuang disungai, menyebabkan ketidakseimbangan & kontaminasi bagi organisme diair
-          Tumpahan minyak dipantai atau lautan, menyebabkan kerusakan secara permanent pada badan air


2.       Pencemaran Tanah
Terjadi dikarenakan penambahan dan akumulasi dari berbagai bahan kimia ke permukaan tanah sebagai akibat dari aktivitas manusia. Pencemaran ini terjadi karena penggunaan pestisida secara terus menerus mengakibatkan meningkatnya konsentrasi bahan aktif ditanah menyebabakan perubahan komposisi kimia tanah. Pencemaran tanah ini menyebabkan :
-          Longsor
-          Erosi
-          Dsb



3.       Pencemaran Suara
Disebabkan karena kebisingan yang menggangu sistem pendengaran pada telinga yang menimbulkan masalah psikis, seperti stress, dll.


4.       Pencemaran Radioaktif
Menimbulkan dampat yang berbahaya karena terjadinya kerusakan instalasi nuklir, pembuangan limbah nuklir, kecelakaan, dll.


5.       Pencemaran Termal
Terjadi karena kenaikan suhu secara drastis pada lingkungan, sehingga menciptakan perubahan yang tidak diinginkan.


6.       Pencemaran Cahaya
Terjadi karena pencahayaan secara berlebihan pada suatu lokasi


DAMPAK PENCEMARAN LINGKUNGAN :
·         Degradasi Kualitas Lingkungan
·         Kesehatan Manusia
·         Pemanasan Global
·         Penipisan Lapisan Ozon
·         Kesuburan Tanah Berkurang

KESIMPULAN
industri kimia memiliki beragam dampak postif maupun dampak negatif yang harus kita ingat adalah bumi harus selalu kita jaga, kita tidak boleh hanya memandang dampak negatif dari industri kimia tetpi juga melihat dampak positif yang sudah dihasilkan dari industri kimia. Lalu siapa yang harus menjaga bumi ini? Kita semua wajib saling menjaga bumi dan lingkungan sekitar demi terciptanya lingkungan yang sehat dan damai.
Pencemaran lingkungan merupakan efek dari perubahan yang tidak diinginkan dalam lingkungan, yang secara langsung berpengaruh buruk terhadap kondisi lingkungan disekitarnya. Sebagai polutan dihasilkan dari aktivitas manusia. Pencemaran ini memiliki beberapa kategori, yaitu : kimia organik, kimia anorganik, kimia organometalik, asam, fisik, dsb.

SARAN
Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan details dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber - sumber yang lebih dapat dipertanggung jawabkan.

DAFTAR PUSTAKA
1.       Afia Hidayat, Atep dan Muhammad Kholil .2018. Kimia dan Pengatahuan Lingkungan Industri, Yogyakarta:Wahana Resolusi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.