.

Sabtu, 21 Januari 2017

Materi 2 : Kimia Kontekstual (Bagian Pertama)

Perkembangan ilmu dan teknologi kimia semakin pesat, belakangan telah menyentuh berbagai aspek kehidupan. Istilah kimia tidak hanya berkonotasi dengan laboratorium, kelas perkuliahan atau industri, tetapi telah merambah hampir semua sisi kehidupan manusia, sebagai contoh dalam pergaulan sosial penggunaan kata “chemistry” sudah sangat lazim. Apakah si A dengan si B ada “chemistry” ? Makdudnya apakah si A dan si B bisa “bersenyawa” dalam pergaulannya.


Materi Kimia Kontekstual (Bagian Pertama)

67 komentar:

  1. @B16-Nanda

    Revew :menurut saya,kimia dan proses pembuatan suatu produk didalam bidang perindustrian sangatlah penting contohnya pembuatan polimer disuatu pabrik karena didalam suatu pabrik yang memproduksi didalam bidang polimer akan membutuhkan teori kimia

    Pertanyaan :apakah dampak suatu proses pembuatan kimia dalam bidang industri mengalami kegagalan?

    Kata Kunci: Kimia Industri

    BalasHapus
    Balasan
    1. @C28-Yoppy

      Pertanyaan :apakah dampak suatu proses pembuatan kimia dalam bidang industri mengalami kegagalan?

      Untuk ini kita tidak bisa mengklaim semua industri mengalami kegagalan,
      ada industri yang ketat sekali dalam Kesehatan dan Keselematan Kerja(K3)ada bahkan membuang sampah sedikit bisa didenda atau peneguran,
      Tapi ada beberapa industri yang tidak diperhatikan oleh pemerintah, seperti industri rumahan seperti konveksi,
      bahan pewarna langsung dibuang di sungai sungai terdekat
      terimakasih

      Hapus
  2. Kode peserta :@B21-Hakim
    Review : Menurut saya,minyak bumi merupakan minyak yang di hasilkan dari fosil yang tertimbun dalam perut bumi dengan kurun waktu ribuan bahkan jutaan tahun.Minyak bumi sangat lah penting untuk kemajuan teknologi saat ini baik dalam segi Industri maupun untuk kebutuhan kerja kita sehari hari. minyak bumi dalam penerapan Industri sangat lah penting untuk kelancaran dalam memproses produksi tersebut.contoh untuk sebagai bahan bakar proses pemisahan antara asam yang tekandung dalam minyak sawit yang membutuhkan suhu yang tinggi,minyak bumi seperti solar akan di pompakan ke Boiler Elektrik untuk memperoleh suhu tinggi pada tabung Deodorizer untuk pemisahan zat asam pada minyak sawit tersebut.Karena itu Teori kimia sangat di butuhkan dalam pembuatan minyak bumi.
    Pertanyaan : Bagaimana cara menangani kebocoran dari pengeboran minyak bumi yang mengeluarkan minyak panas dan gas gas beracun yang berdampak pada kerusakan lingkungan dan manusia.
    Kata kunci : Kimia MinyakBumi.

    BalasHapus
  3. Kode Peserta : @C-12-Sandi

    Review : Minyak mentah adalah kompleks hidrokarbon yg berasal dari dalam tanah yang berkedalaman sekian ratus Meter yang mampu dijangkau melalui proses pengeboran. Minyak mentah ini biasa dikenal dengan sebutan Crude Oil, agar bisa digunakan minyak mentah ini harus diolah dengan menggunakan sistem instalasi penyulingan minyak mentah.

    Pertanyaan : Apakah dampak positif & dampak negatif yang menjadi konsuekuensi bagi manusia dalam proses penggarapan minyak bumi?

    Kata Kunci : Perminyakan.

    BalasHapus
  4. @C13-Helfrin

    Review: kimia kontekstual membahas tentang pengidentifikasian dan menjelaskan fenomena ataupun reaksi kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari terutama yang berkaitan dengan bidang energi, lingkungan, pangan, obat dan polimer yang menggunakan prinsip kimia untuk menjelaskan proses kimia tertentu.

    Kata kunci: kimia kontekstual

    BalasHapus
  5. @B08-Viki,
    Reviews : minyak bumi sangat penting dalam kehidupan, minyak bumi merupakan sumber energi yg berasal dari fosil yg terbentuk ratusan tahun yg lalu. Dan termasuk kedalam sumberdaya yang tidak bisa diperbaharui. Maka dari itu kita harus memikirkan pengganti dari minyak bumi ini kalau tiba tiba saja habis.

    Pertanyaan:bagaimana fosil bisa menghasilkan minyak bumi?

    Kata kunci: Enargi Minyak Bumi

    BalasHapus
    Balasan
    1. @C28-Yoppy

      proses perubahan fosil menjadi minyak bumi terjadi dalam pembentukan selama ratusan juta tahun, Era saat bahan bakar fosil terbentuk disebut Periode Karbon (Carboniferous Periode)perubahan unsur manusia menjadi unsur minyak bumi

      Hapus
  6. @C34-utama

    Reviews :
    Mahasiswa dibekali dengan persoalan-persoalan kemasyarakatan sehingga mampu mempelajari kimia kontekstual secara realistis.

    Kata kunci : Kimia kontekstual

    BalasHapus
  7. C-27-Rivqi

    Review: Energi dari pembakaran terutama dengan menggunakan bahan bakar fosil, bisa berupa batubara, minyak bumi dan gas alam. Dalam hal ini ketiga sumber energi tersebut mengalami masa pembentukan selama ratusan juta tahun, oleh sebab itu dinamakan bahan bakar fosil.

    Kata Kunci: Energi dan Pembakaran

    BalasHapus
  8. Kode B37-Sefrina

    Review: Kimia Konstektual adalah ilmu kimia yang mempelajari tentang hubungan kimia dengan kehidupan sehari-hari dan pengaruhnya terjadap kehidupan, topik yang dibahas seperti energi dan minyak bumi

    Kata kunci: Konsep kimia konstektual dan peta kimia konstektual

    BalasHapus
  9. Kode peserta : @B19-Tri

    Review : Energi pembakaran sangat identik dengan menggunakan bahan bakar fosil seperti batubara, minyak bumi dan gas alam. Disebut bahan bakar fosil karena dalam pembentukannya terjadi beribu-ribu tahun.
    Kata kunci : bahan bakar fosil

    BalasHapus
  10. @C05-andes
    Review : sebaiknya kita sebagai mahasiswa tidak menyebabkan pencemaran udara, karena udara banyak sekali yang menggunakannya . Dengan begitu udara yang kita hirup akan terasa bersih dan menyehatkan untuk kita .
    Kata kunci : udara yang sehat

    BalasHapus
  11. @B32-Maman

    Minyak bumi adalah salah satu energi fosil yang yang di hasilkan melalui prosees kimiawi dan berlangsung ratusan jutaan tahun lamanya.

    Kata kunci : minyak bumi

    BalasHapus
  12. @C28-Yoppy
    Review :
    Sudah banyak sekali pengganti bahan bakar fosil tapi belum dimanfaatkan secara maksimal oleh pemerintah,
    dari contoh yang paling besar adalah pembangkit listrik tenaga surya,
    dibeberapa daerah tepencil sudah banyak yang memekai tapi dari sisi modal dan perawatannya yang agak rumit ini menyebabkan masyrakat tidak mau beralih
    Pertanyaan :
    Bagaimana kita meyakinkan masyarakat untuk beralih?
    Kata kunci : Energi dari Pembakaran

    Energi dari Pembakaran

    BalasHapus
  13. @B23-Randy
    Review
    Energi pembakaran pada bahan bakar fosil oleh matahari yang berlangsung selama ratusan juta tahun. Energi ini yang selama ini digunakan oleh sebagian besar masyarakat dunia. Peranan bahan bakar fosil sulit tergantikan oleh bahan bakar lain. Disinilah permasalahanya, jika suatu hari nanti bahan bakar fosil habis, kita sebagai manusia harus bisa menemukan bahan bakar yang berperan sama dengan bahan bakar fosil.
    Kata Kunci : Energi dan Pembakaran

    BalasHapus
  14. @C35-Sultana

    Review : Minyak bumi itu dapat digunakan diberbagai kebutuhan sehari-hari, seperti bensin, minyak bensin dll, namun sumbernya cuma 1 yaitu dari fosil. Jadi minyak bumi itu dibedakan berdasarkan titik cair atau titik leleh

    Kata Kunci : Minyak Bumi

    BalasHapus
  15. @c21-hari

    Review : Dalam modul 2 ini membahas tentang kimia pada dewasa ini atau yang sedang di bicarakan oleh khalayak ramai, tentang, racun sianida yang di pakai untuk membunuh, minyak bumi, sampai ke pengganti minyak bumi

    Pertanyaannya : bagai mana cara mengenali supa kita tidak mengkonsumsi racun sianida

    Kata kunci : Sianida, Minyak bumi

    BalasHapus
  16. @C25-sari

    Review :

    Kimia konstektual yaitu suatu ilmu yang mempelajari tentang sebuah reaksi kimiawi yang ada di alam sekitar contoh nya yaitu minyak bumi, minyak bumi berasal dari fosil

    Kata Kunci : Kimia kontektual, Minyak bumi

    BalasHapus
  17. @B12-Virna

    Review :
    Perkembangan ilmu dan teknologi kimia semakin pesat dan telah menyentuh berbagai aspek kehidupan. Sehingga timbul keterkaitan dengan pembelajaran kimia kontekstual yang mengidentifikasi dan menejelaskan fenomena dan proses kimia yang ditemukan dikehidupan sehari-hari. Contohnya bidang energi lingkungan, pangan, obat dan polimer.

    Pertanyaan : Apa contoh yang bisa kita pelajari tentang kimia kontekstual?

    Kata Kunci : Kimia Kontekstual,

    BalasHapus
  18. @B04-Na'im

    Kata Kunci : Pengembangan Ilmu Kimia dalam dalam pemenuhan kebutuhan manusia

    Modul 2 :
    Kimia Kontekstual
    Perkembangan ilmu kimia pada dasarnya tercipta dan terealiasasi akibat adanya kebutuhan manusia yang ikut bertambah pula. Pemanfaatan sumber daya alam yang ada dengan tujuan pemenuhan kebutuhan tidak luput dari perkembangan ilmu pengetahuan ilmu. Bermacam – macam ilmu yang digunanakan untuk mengolah berbagai sumber daya alam tersebut. Sejauh ini manusia memnuhi kebutuhan bergantung pada sumber daya alam yang ada. Namun sumber daya alam semakin lama akan berkurang dan sebagai langkah antisipasi di kembangkanlah ilmu kimia untuk menggantikan sumber daya alam yang dibutuhkan manusia. Diantaranya : Polimer, Bahan bakar yang terbuat dari biji – bijian dll.

    Pertanyaan :
    Seberapa besar peran Ilmu Kimia dalam pemenuhan kebutuhan manusia untuk menggantikan sumber daya alam

    BalasHapus
  19. B30-Mega

    review : kimia kontekstual atau kimia kekinian yang berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan manusia. pengkajiannya tergantung pada isu atau persoalan yang menjadi trending topik. contohnya energi dan minyak bumi. sangat dibutuhkan oleh setiap aktivitas manusia contoh energi listrik untuk penerangan dan minyak bumi untuk transfortasi.

    kata kunci : kimia kekinian

    BalasHapus
  20. @C31-retno

    Review : Kimia kontekstual

    kimia konstektual membahas tentang suatu hasil kimia seperti contoh energi, minyak bumi yang berasal dari fosil dll

    BalasHapus
  21. B34-Ikrom

    Review : kimia konstektual pembelajaran mengenai fenomena dan proses kimia dalam kehidupan sehari hari yang terutama dibidang energi dan lingkungan. Dan memahami bahwa kimia merupakan central science yang secra jelas hubungan dan pengaruh terhadap cabang ilmu pengetahuan lain

    Kata kunci : kimia konstektual

    BalasHapus
  22. @B29-Sayogi

    Review : Kimia kontektual yaitu hubungan kimia dengan kehidupan seperti pembakaran gas alam dan minyak bumi, dan berhubungan dengan ilmu pengetahuan lainya

    kata kunci : kimia dan kehidupan

    BalasHapus
  23. @C10-Fadjar
    Review : Energi dan pembakaran merupakan suatu hal yang tidak asing di kehidupan sehari-hari. Energi pembakaran yang berkembang saat ini menggunakan bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak bumi dan gas alam. Minyak bumi tergolong energi tidak terbarukan karna proses pembentukkanya berlangsung jutaan tahun, bahan bakar fosil seperti minyak bumi jika di konsumsi terus menerus bukan tidak mungkin persediaan minyak bumi akan habis.
    Pertanyaan : solusi seperti apa untuk menangani tingkat konsumsi bahan bakar fosil agar menjadi efisien dan bahkan bisa tergantikan ?
    Kata kunci : Energi Kimia

    BalasHapus
  24. @B06-Eka

    Review:
    Apabila makhluk hidup tersebut mati, maka 99,9% senyawa karbon dan makhluk hidup akan kembali mengalami siklus sebagai rantai makanan, sedangkan sisanya 0,1% senyawa karbon terjebak dalam tanah dan dalam sedimen. Inilah yang merupakan cikal bakal senyawa-senyawa fosil atau dikenal juga sebagai embrio minyak bumi.

    Pertanyaan:
    Apakah minyak bumi bisa habis?

    Kata Kunci:
    minyak Bumi

    BalasHapus
  25. @B10-Hasthi

    Review :
    Sebenarnya bahan bakar fosil merupakan bentuk padat dari energi matahari yang tersimpan selama ratusan juta tahun. Namun sampai saat ini sulit menemukan sumber energi baru yang dapat mengimbangi kelimpahan bahan bakar fosil. Minyak bumi tergolong energi tidak terbarukan karena proses pembentukannya berlangsung jutaan tahun.

    Pertanyaan :
    Contoh energi yang dapat diperbaharui?

    Kata Kunci :Fosil

    BalasHapus
  26. @C29-Bayu
    Review : kita sering menggunakan bahan bakar fosil atau minyak bumi karna masih jarangnya energi lain seperti energi listri atau energi panas matahari
    Pertanyaan :
    Apakah minyak bumi energi yang efektif buat masa depan generasi kita ?
    Kata kunci : minyak bumi

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. @C01-Dwezka
    Review : Materi kimia konstektual sangat menarik, disini dibahas mengenai minyak bumi beserta hasil hasil olahan dari minyak bumi tersebut.

    Pertanyaan ; Bagaimana cara untuk menghemat penggunaan minyak bumi ? Dan apakah negara kita sudah mampu melakukannya ?

    Kata Kunci : Minyak bumi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  29. @C32-Khafi

    Review : kimia kontekstual bagian pertama dalam hal ini adalah sebagai bahan pembelajaran yang dirancang untuk membekali mahasiswa dengan persoalan-persoalan kemasyarakatan. seperti misalnya pencemaran udara; menipisnya stok minyak bumi dan bagaimana cara agar masyarakat dunia memanfaatkan sumber energi terbarukan seperti gas LPG, LNG, CNG dan lain-lain.

    kata kunci : energi terbarukan

    BalasHapus
  30. C16-Nando

    Review: Kimia kontekstual berkaitan dengan beragam aspek kehidupan manusia, salah satu aspek kimia konstektual iya energi dan minyak bumi

    Pertanyaan: Apakah ada pengganti bahan bakar selain bahan bakar minyak bumi ?

    Kata kunci: Kimia kontekstual

    BalasHapus
  31. @C32-Khafi

    Review : Kimia kontekstual bagian pertama ini adalah sebagai bahan pembelajaran yang dirancang untuk membekali mahasiswa dengan persoalan-persoalan di masyarakat. seperti misalnya menipisnya stok minyak bumi

    pertanyaan : Bagaimana peran insinyur TI untuk bisa menemukan sumber daya terbarukan seperti misalnya LPG, LNG, CNG, Biogas dan sumber daya lainnya untuk kemudian dijadikan sumber daya bagi masyarakat dunia agar tidak tergantung kepada sumber daya yang stoknya sudah menipis seperti minyak bumi?

    kata kunci : sumber energi terbarukan

    BalasHapus
  32. Re forum.kimia kontekstual yang saya dapatkan hari ini sangat banyak.terutama tentang sumberdaya minyak bumi.minyak bumi memiliki banyak manfaat akan tetapi juga menyebabkan banyak kerusakan bagi bumi.dampak nya adalah global warming yang mengancam kehidupan kita semua.akan lebih baik kita bijak dalam menggunakan minyak bumi dan produk produk yang dihasilkannya untuk masa depan anak cucu kita.

    BalasHapus
  33. @B13-dadang
    Review : Minyak bumi merupakan sumberdaya terbarukan, minyak mentah yang keluar dari tanah berupa campuran hidrokarbon dengan beragam bobot molekul. Untuk memisahkan beragam senyawa tersebut yaitu dengan cara dimasukan kedalam kilang minyak dan didalam kilang tersebut akan terjadi proses distilasi fraksional yang memisahkannya dengan menggunakan perbedaan titik didih.
    Kata kunci : minyak bumi

    BalasHapus
  34. @C06-Sugiarto

    Review: Dalam kimia kontekstual menjelaskan proses kimia yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari terutama yang berkaitan dengan bidang energi, lingkungan, pangan dan obat dan pengaruhnya dengan cabang ilmu pengetahuan yang lain. Bahan bakar fosil saat ini merupakan sumber energi utama yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh manusia. Dan semakin hari kebutuhan manusia akan bahan bakar fosil sebagai sumber energi semakin meningkat. Oleh sebab itu kita sebagai manusia harus bijak dalam pemanfaatan bahan bakar fosil tersebut karena bahan bakar fosil tidak dapat diperbaharui.

    Pertanyaan: Di era globalisasi saat ini bagaimana cara meningkatkan kesadaran masyarakat agar dapat mengurangi perilaku konsumtif terutama boros dalam penggunaan bahan bakar fosil?

    Kata kunci: Kimia kekinian/kontekstual, Bahan bakar fosil, Polimer, Fraksi

    BalasHapus
  35. @C02-Novita

    Review:
    Perkembangan ilmu dan teknologi kimia menjadi solusi untuk berbagai persoalan yang dihadapi manusia namun di sisi lainnya kimia menimbulkan beragam persoalan. Keterkaitan antara manusia dan ilmu kimia menimbulkan kimia kontekstual. Kimia Kontekstual dirancang untuk mempelajari persoalan-persoalan kemasyarakatan dan kekinian yang terkait dengan bidang kimia serta memperkenalkan terhadap trend global penelitian kimia seperti Energi dan Minyak Bumi; Polimer dan Plastik; Kimia Pangan; Pencemaran Udara; dan Hujan Asam.

    Pertanyaan:
    sumber energi baru apakah yang dapat mengimbangi kelimpahan bahan bakar fosil? Karena selama ini bahan bakar fosil lah yang memenuhi kebutuhan energi sebagian besar manusia dan di Indonesia sendiri hampir 95 persen bersumber dari bahan bakar fosil.

    kata kunci: sumber energi baru

    BalasHapus
  36. @C23-Reza

    Review : Energi dari pembakaran terutama dengan menggunakan bahan bakar fosil, bisa berupa batubara, minyak bumi, dan gas alam. Dalam hal ini ketiga sumber energi tersebut mengalami masa pembentukan selama ratusan juta tahun maka disebut dengan bahan bakar fosil. Tetapi bahan bakar fosil masih sulit tergantikan oleh sumber bahan bakar lain. Selama ini bahan bakar fosil telah mampu memenuhi kebutuhan energi sebagian besar manusia. Namun sampai saat ini sulit menemukan sumber sumber energi baru yang dapat mengimbangi kelimpahan bahan bakar fosil. Minyak bumi tergolong energi tidak terbarukan karena proses pembentukannya berlangsung jutaan tahun.

    Pertanyaan : Apa saja upaya2 yang sudah dilakukan oleh pakar2 kimia untuk menghemat atau menggantian bahan bakar fosil tersebut?

    Kata kunci : Bahan bakar fosil

    BalasHapus
  37. @c11-Indah

    Review : energi terbagi menjadi 2 yaitu, energi yang dapat diperbaharui seperti, air, udara, tanaman dan lain - lain sedangkan energi yang tidak dapat diperbaharui seperti, minyak bumi, tambang dan bahan lain. Minyak bumi adalah bahan yang diperoleh dari fosil yang tertimbun selama jutaan tahun sehingga mencair dan bisa terbakar, berwarna kecoklatan.
    Bila minyak bumi dipanadkan, akan menghasilkan berbagai macam produk sesuai titik didih nya.

    Kata kunci : energi dan minyak bumi

    Pertanyaan : Apakah ada energi baru yang belum ditemukan, dan bisa dimanfaatkan selanjutnya ?

    BalasHapus
  38. @C18-Priyoto

    Energi yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak humi, dan hasil tambang

    Kata kunci : Energi

    Pertanyaan ; Apakah energi yg bisa diperbaharui dapat habis seperti 3nergi yang tidak bisa diperbaharui?

    BalasHapus
  39. @B11-Fajar

    Review : kimia kontekstual mengulas tentang proses reaksi kimia yang berfokus pada penelitian energi, seperti minyak bumi, batu bara yg mana sangat berguna bagi kelangsungan hidup umat manusia. Tetapi juga perlu kita fikirkan bagaimana cara kita untuk mencari alternatif lain karena energi fosil adalah energi yang tidak b8sa di perbarui.

    Kata kunci : kimia menjadi central science

    BalasHapus
  40. @B18-Frendy

    Review: Menjelaskan gambaran tentang kimia kontekstual atau kimia kekinian (modern) yang berkaitan dengan lingkungan kehidupan.

    kata kunci: energi kimia

    BalasHapus
  41. @C03-Hanung

    Review : Pada kesempatan kali ini kita bersama sama mempelajari mengenai Energi. Energi merupakan sesuatu hal yang sangat menunjang dalam kehidupan manusia. Salah satu sumber energi adalah Minyak Bumi.
    Setelah minyak bumi diambil dari alam, kemudian akan diolah sehingga menjadi berbagai macam produk yang akan berguna sebagai Energi. Namun sayang nya minyak bumi susah diperbaharui karena proses pembentukannya membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu kita perlu bijak dalam penggunaannya.

    Pertanyaan : Langkah konkret seperti apa yang bisa diri kita sendiri lakukan dalam upaya untuk memperbaharui minyak bumi?

    Kata kunci : Energi Kimia

    BalasHapus
  42. @B22-Oktomy
    Review : Terdapat beberapa topik mengenai energi yang termasuk Kimia Kontekstual, yang paling banyak dibahas di antaranya ialah Energi dari Pembakaran yang meliputi sub-topik : Energi, kerja dan panas; Transformasi energi; Enthalphy reaksi; Bahan bakar fosil (batubara dan minyak bumi); dan Sumber energi terbarukan.

    Topik berikutnya ialah Energi dari Rekasi Inti yang meliputi sub-topik : Reaksi inti; Nuklir sebagai sumber energi; - Radioaktivitas; serta Limbah nuklir dan penanganannya. Topik selanjutnya ialah Energi dari Elektron, yang meliputi sub-topik : Reaksi Redoks dan elekrokimia; Baterai; Fuel cells dan Sel surya.


    Kata kunci : Kimia Kontekstual

    BalasHapus
  43. @B22-Oktomy
    Review : Terdapat beberapa topik mengenai energi yang termasuk Kimia Kontekstual, yang paling banyak dibahas di antaranya ialah Energi dari Pembakaran yang meliputi sub-topik : Energi, kerja dan panas; Transformasi energi; Enthalphy reaksi; Bahan bakar fosil (batubara dan minyak bumi); dan Sumber energi terbarukan.

    Topik berikutnya ialah Energi dari Rekasi Inti yang meliputi sub-topik : Reaksi inti; Nuklir sebagai sumber energi; - Radioaktivitas; serta Limbah nuklir dan penanganannya. Topik selanjutnya ialah Energi dari Elektron, yang meliputi sub-topik : Reaksi Redoks dan elekrokimia; Baterai; Fuel cells dan Sel surya.


    Kata kunci : Kimia Kontekstual

    BalasHapus
  44. @B-17Yoga

    Review : Kimia Kontekstual bagian pertama dalam hal ini adalah sebagai bahan pembelajaran yang dirancang untuk membekali mahasiswa dengan persoalan-persoalan kemasyarakatan. seperti misalnya pencemaran udara; menipisnya stok minyak bumi dan bagaimana cara agar masyarakat dunia memanfaatkan sumber energi terbarukan seperti gas LPG, LNG, CNG dan lain-lain.

    Pertanyaan :
    Apa kira-kira sumber energi yang tidak bakalan habis-habis sepanjang zaman???
    kata kunci : energi terbarukan

    BalasHapus
  45. @C33-Asikin
    Review:
    Penjelasan mengenai energi, terbentuk nyah energi dan persoalan yang berkaitan dengan energi
    Pertanyaan:
    Jika energi tidak dapat di perbaharui apa yg harus kita lakukan terhadap energi tersebut?
    Kata kunci:
    Energi yang terbaru

    BalasHapus
  46. @B07-Dwi

    Review :
    Kimia kontekstual mempelajari tentang energi dan bahan bakar dari alam yang salah satunya adalah minyak bumi. Minyak buumi itu sendiri merupakan bahan bakar yang berasal dari fosil dan sekarang ini meiliki turunan-turunanya.

    kata kunci:
    minyak bumi

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. kode = @B38-Faqih
    review : dewassa ini perkembangan didalam ilmu kimia sungguh sangat cepat. ini terbukti dengan banyaknya caabang keilmuan yang mempelajaari tentang kimia.

    kata kunci : sulvur

    BalasHapus
  49. @B25-Lavenia

    Review :
    Energi yang paling banyak digunakan adalah energi pembakaran dari bahan fosil seperti batubara, minyak bumi dan gas alam. Ketiga sumber energi tersebut merupakan energi yang tak dapat diperbaharui karena perlu ribuan tahun untuk proses pembentukannya, sedangkan manusia menggunakannya setiap hari sehingga sumber energi yang ada lebih cepat habis.

    Pertanyaan :
    Energi alternative apa yang perlu dikembangkan untuk mengurangi penggunaan energi fosil?

    KAta kunci : energi fosil

    BalasHapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. @B35-Isa

    Review:
    Energi dari pembakaran terutama dengan menggunakan bahan bakar fosil, bisa berupa batubara, minyak bumi dan gas alam. Dalam hal ini ketiga sumber energi tersebut mengalami masa pembentukan selama ratusan juta tahun, oleh sebab itu dinamakan bahan bakar fosil.

    Pertanyaan:
    Bagaimanakah proses masa pembentukannya bahan bakar fosil tersebut.?

    Topik: Energi dari Pembakaran

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. @C26 - Irvan

    Review : Terdapat beberapa topik kimia konstektual, salah satunya adalah energi dari pembakaran. Energi dari pembakaran dengan bahan bakar fosil dapat berupa batu bara, minyak bumi dan gas alam. Bahan bakar fosil tersebut sangatlah berlimpah dan akan tetapi konsumsi energi yang semakin banyak mengakibatkan bahan bakar fosil semakin berkurang. Sementara itu, proses pembentukan bahan bakar fosil membutuhkan waktu ratusan juta tahun dan sampai saat ini sulit menemukan energi baru yang dapat mengimbangi kelimpahan bahan bakar fosil ini.

    Pertanyaan : Bagaimana solusi dalam mengatasi permasalahan konsumsi energi yang semakin bertambah akan tetapi energi yang tersedia seperti bahan bakar fosil semakin berkurang?

    Kata Kunci : Energi Pembakaran, Bahan Bakar Fosil, Konsumsi Energi

    BalasHapus
  54. @C20-Bayu

    Review:
    Energi dari pembakaran terutama dengan menggunakan bahan bakar fosil, bisa berupa batubara, minyak bumi dan gas alam. Dalam hal ini ketiga sumber energi tersebut mengalami masa pembentukan selama ratusan juta tahun, oleh sebab itu dinamakan bahan bakar fosil.

    Pertanyaan:
    Bagaimana cara menanggulangi ketergantungan manusia terhadap bahan bakar fosil yang kian hari makin berkurang?

    Kata kunci:
    Bahan bakar fosil

    BalasHapus
  55. @C17-Zara

    Review: Kimia Kontekstual mengidentifikasi dan menjelaskan fenomena dan proses kimia yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari terutama yang berkaitan dengan bidang energi, lingkungan, pangan, obat, dan polimer; Menggunakan prinsip kimia untuk menjelaskan proses kimia tertentu.

    Pertanyaan: apakah kimia kontekstual sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia?

    Kata kunci: Energi

    BalasHapus
  56. @B36-Syakarino

    Review :
    Minyak mentah yang dikenal juga sebagai emas hitam keluar dari tanah berupa campuran kompleks hidrokarbon dengan beragam bobot molekul. Minyak mentah ( crude oil ) melalui pipa masuk kedalam kilang berupa cairan hitam pekat dan beraroma tidak sedap.

    Pertanyaan : Bagaimana cara agar kita dapat menjaga minyak agar tidak habis?

    Kata Kunci : Minyak mentah

    BalasHapus
  57. @C26-Irvan

    Review : Terdapat beberapa topik kimia konstektual, salah satunya adalah energi dari pembakaran. Energi dari pembakaran dengan bahan bakar fosil dapat berupa batu bara, minyak bumi dan gas alam. Bahan bakar fosil tersebut sangatlah berlimpah dan akan tetapi konsumsi energi yang semakin banyak mengakibatkan bahan bakar fosil semakin berkurang. Sementara itu, proses pembentukan bahan bakar fosil membutuhkan waktu ratusan juta tahun dan sampai saat ini sulit menemukan energi baru yang dapat mengimbangi kelimpahan bahan bakar fosil ini.

    Pertanyaan : Bagaimana solusi dalam mengatasi permasalahan konsumsi energi yang semakin bertambah akan tetapi energi yang tersedia seperti bahan bakar fosil semakin berkurang?

    Kata Kunci : Energi Pembakaran, Bahan Bakar Fosil, Konsumsi Energi

    BalasHapus
  58. @C07-Hayatun

    Review:kimia kontekstual atau kimia kekinian merupakan ilmu kimia yang berkaitan dengan beragam aspek kehidupan manusia. Kimia kontekstual membahas tentang pengidentifikasian dan menjelaskan fenomena ataupun reaksi kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari terutama yang berkaitan dengan bidang energi, lingkungan, pangan, obat dan polimer yang menggunakan prinsip kimia untuk menjelaskan proses kimia tertentu. Dalam kimia kontekstual juga dipelajari bahwa kimia merupakan central science dan mampu menunjukan secara jelas hubungan dan pengaruh kimia dengan cabang ilmu pengetahuan yang lain

    Pertanyaan:kebutuhan manusia akan bahan polimer semakin meningkat setiap tahunnya. Bagaimana kesiapan industri untuk menanggapi kenaikkan permintaan polimer tersebut?

    Kata Kunci:polimer

    BalasHapus
  59. @C14-Nanda

    Review : Adapun luaran pembelajaran (learning outcomes) Kimia Kontekstual antara lain : Mengidentifikasi dan menjelaskan fenomena dan proses kimia yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari

    Pertanyaan : Pada pemanfaatan bahan bakar fosil pasti akan habis juga, maka diperlukan bahan bakar pengganti. Apakah ada ?

    Kata kunci : pemanfaatan kimia

    BalasHapus
  60. @B05-Aji

    Review :
    Polimer didefinisikan sebagai substansi yang terdiri dari molekul-molekul yang menyertakan rangkaian satu atau lebih dari satu unit monomer.

    BalasHapus
  61. @B02-Imam
    Review : Yang dimaksud dengan bahan bakar fosil adalah minyak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan atau hewan yang terbentuk jutaan tahun lama nya sehingga dimasa sekarang digunakan sebagai bahan bakar yang disebut bahan bakar fosil
    Keyword : bahan bakar fosil

    BalasHapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.