.

Sabtu, 11 Februari 2017

Materi 9 : Pencemaran Air (Bagian 2)

Industri saat ini lebih terfokus pada upaya untuk melakukan efisiensi seiring makin melambungnya biaya produksi, belanja pegawai hingga ongkos energi. Sehingga mau tak mau akan menomorduakan persoalan pembuangan limbahnya. Apalagi pengolahan limbah memerlukan biaya tinggi. Padahal limbah industri sangat potensial sebagai penyebab terjadinya pencemaran. Pada umumnya limbah industri mengandung limbah B3, yaitu bahan berbahaya dan beracun. Menurut PP 18/99 pasal 1, limbah B3 adalah sisa suatu usaha atau kegiatan yang mengandung bahan berbahaya dan beracun yang dapat mencemarkan atau merusak lingkungan hidup sehingga membahayakan kesehatan serta kelangsungan hidup manusia dan mahluk lainnya (Ridhotulloh, 2008).

Berikan komentar, catatan, review terhadap bahan kuliah ini...

61 komentar:

  1. @B16-Nanda
    @TA09
    Kata kunci: pencemaran limbah

    Review:menurut saya limbah yang sudah mencemari air akan cepat mempengaruhi ekosistem lingkungan kehidupan, karena bersifat beracun dan tidak bisa dikomsumsi oleh makhluk hidup

    Pertanyaan: adakah penanggulangan pembuangan limbah dari sektor industri?

    BalasHapus
  2. @B36-Syakarino

    Review :
    Limbah cair merupakan limbah yang berwujud cair. Limbah cair terlarut dalam air, selalu berpindah dan tidak pernah diam. Contoh limbah cair adalah air bekas mencuci pakaian, air bekas pencelupan warna pakaian, dan sebagainya.

    Pertanyaan :
    Bagaimana cara kita mencegah menambahnya limbah cair?

    Kata Kunci :
    Limbah, Limbah cair

    BalasHapus
  3. @c11-indah

    Review: penyebab pencemaran air yaitu air limbah, limbah kimia, limbah radioaktif, limbah minyak, limbah plastik

    Kata kunci : limbah cair

    Pertanyaan: bagaimana mengurangi limbah radioaktif ?

    BalasHapus
  4. @B01-Saepul

    Review : Tercemarnya air ada beberapa faktor, di antaranya : air limbah yang di hasilkan oleh rumah tangga, Limbah kimia yang di buang secara langsung tanpa di olah dahulu oleh industri, limbah radioaktif, limbah minyak, dan limbah plastik.

    Kata kunci : Limbah Cair

    BalasHapus
  5. @C32-Khafi

    Review: Limbah dari hasil pabrik kita ketahui sangatlah berbahaya bagi keberlangsungan hidup manusia dan lingkungan, begitupun limbah dari sisa rumah tangga.

    Pertanyaan: Adakah cara untuk meminimalisir limbah ataupun mengelola limbah tersebut menjadi tidak berbahaya lagi?

    kata kunci : limbah

    BalasHapus
  6. @B21-Hakim
    Review : Radioaktif adalah zat yang berbahaya yang dapat membuat beberapa penyakit kanker dan sebagainya,radioaktif sangat sering di temui di rumah sakit.

    Pertanyaan : apa cara yang di lakukan untuk mengurangi Radioaktif????

    Kata kunci : Limbah Radioaktif

    BalasHapus
  7. @B02-Imam

    Catatan : Sebaiknya peran pemerintah dan perusahaan industri sangat penting dalam pembuangan limbah air, harus benar-benar ditangani dan diberikan solusi terbaik. Sebab jika tidak ditangani dengan serius maka akibatnya sangat tinggi bagi kelangsungan ekosistem dan mahluk hidup

    BalasHapus
  8. @B07-Dwi

    Review :
    pencemaran lingkungan bau-baru ini terus mengalami peningkatan. guna menjaga keseimbangan lingkunganya, diperlukan penanganan lebih lanjut demi menjaga agar lingkungan tetap terjaga.

    kata kunci :
    pencemaran

    BalasHapus
  9. @C02-Novita

    Review: ada banyak penyebab pencemaran air, salah satunya disebabkan oleh limbah radioaktif. Limbah radioaktif disebabkan oleh nuklir, walaupun nuklir sangat efisien untuk menghasilkan energi, namun sangat berbahaya bagi makhluk hidup dan lingkungan. Dampak dari pembakaran uranium sebagai bahan reaktor nuklir selain berbahaya, penyebarannya juga luas. Sehingga pembangunan pusat energi nuklir harus jauh dari pemukiman.

    Kata kunci : Limbah radioaktif

    BalasHapus
  10. @C02-Novita

    Review: ada banyak penyebab pencemaran air, salah satunya disebabkan oleh limbah radioaktif. Limbah radioaktif disebabkan oleh nuklir, walaupun nuklir sangat efisien untuk menghasilkan energi, namun sangat berbahaya bagi makhluk hidup dan lingkungan. Dampak dari pembakaran uranium sebagai bahan reaktor nuklir selain berbahaya, penyebarannya juga luas. Sehingga pembangunan pusat energi nuklir harus jauh dari pemukiman.

    Kata kunci : Limbah radioaktif

    BalasHapus
  11. @C10-Fadjar

    Review : limbah cair yang mencemari air akan mengakibatkan kerusakan pada kualitas air, ekosistem di sungai-sungai, dan pada makhluk hidup yang mengkonsumsi air. Pencemaran air bisa di sebabkan oleh limbah kimia,limbah radioaktif, minyak, air sabun, limbah plastik dan lain sebagainya.

    Pertanyaan : apakah air yang tercemar minyak bisa di proses kembali agar dapat di gunakan?

    Kata kunci : limbah cair

    BalasHapus
  12. @B22-Oktomy

    Review : jagalah kelestarian udara,air dan lingkungan disekitar kita..

    Key word : pencemaran

    BalasHapus
  13. @C07-Hayatun

    Review : Penyebab Pencemaran Air diantaranya yaitu Air Limbah, Limbah Kimia, Limbah radioaktif, Limbah Minyak, Limbah Plastik. Pada dasarnya ekosistem perairan seperti lautan, danau, sungai dan yang lainnya memiliki kekmampuan alami untuk membersihkan berbagai polutan yang masuk, akan tetapi, meskipun demikian perairan yang sudah tercemar oleh polutan tetap harus diolah lebih lanjut sebelum digunakan oleh makhluk hidup.

    Pertanyaan : Bagaimana cara mengatasi limbah plastik yang semakin meningkat?

    Kata Kunci : limbah plastik

    BalasHapus
  14. @C17-Zara

    Review: Penyebab pencemaran air antara lain disebabkan limbah rumah tangga, limbah industri, limbah radioaktif, dll.

    Pertanyaan: limbah apakah yang paling memberikan dampak besar dalam pencemaran air?

    Kata Kunci: Polutan air

    BalasHapus
  15. @C12-Sandi

    Review:
    Untuk memaksimalkan kadar kemurnian output limbah agar bisa di rilis kea alam bebas, pihak industry baik industry kimia, makanan & minuman, ataupun industry automotif perlu memiliki instansi pengolahan limbah cair (WTP/water Treatment Plant) untuk menanggulangi output limbah yang mereka keluarkan. Sebenarnya output limbah pun memiliki standarisasi berdasarkan regulasi dari pemerintah agar aman dilepas ke alam bebas dengan kadar Ph dan kemurnian yang telah ditetapkan pemerintah.

    Kata Kunci : Limbah Industri

    BalasHapus
  16. @B25-Lavenia

    Review :
    Sumber pencemaran air
    1. Air limbah yang berasal dari rumah tangga (seperti limbah detergen) dan limbah industry
    2. Limbah kimia yang menimbulkan pencemaran air dan sangat beracun ialah polychlorinated biphenyls (PCB). PCB berasal dari peralatan listrik, pelapis permukaan, tinta dan cat
    3. Limbah radiaktif yang dihasilkan dari rumah sakit dan industri, serta siklus bahan bakar nuklir
    4. Limbah minyak, minyak yang merembes ke dalam tanah dapat menyebabkan tertutupnya suplai oksigen dan meracuni mikroorganisme tanah sehingga mengakibatkan kematian mikroorganisme
    5. Limbah plastik, puluhan juta ton sampah plastik berakhir mengambang di lautan luas akan dipecah menjadi microplastik, senyawa ini akan membelit penyu, selain itu mamalia laut dan burung-burung mati karena memakan sampah plastik

    Pertanyaan :
    Bagaimana mengolah limbah plastik selain dibuat kerajinan?

    Kata kunci : sumber pencemaran air

    BalasHapus
  17. @B17-Yoga

    Review :
    Penyebab Pencemaran air :
    Limbah manusia, nutrisi, air limbah, limbah kimia,radioaktif, minyak, dam plastik.

    Kata Kunci : polutan air

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. @C22-Zahrita

    Review : tumpahan minyak di lingkungan dapat mencemari tanah dan perairan hingga ke daerah sub-surface dan lapisan aquifer air tanah

    Pertanyaan : Apakah limbah minyak dapat didaur ulang?

    Kata kunci : limbah minyak

    BalasHapus
  20. @C06-Sugiarto

    Review: Pencemaran air disebabkan oleh air limbah, limbah kimia, limbah radioaktif, limbah minyak, limbah plastik. Selain merusak ekosistem pencemaran air dapat mempengaruhi kesehatan manusia dan juga dapat menyebabkan kematian hewan.

    Pertanyaan: Bagaimana cara mengatasi pencemaran air yang disebabkan oleh tumpahan minyak?

    Kata Kunci: Limbah plastik, Ekosistem.

    BalasHapus
  21. @B37-Sefrina

    Review: Pencemaran air antara lain disebabkan oleh berbagai polutan seperti limbah cair, limbah kimia, limbah plastik, limbah radioaktif, limbah minyak dan limbah plastik

    Kata kunci: polutan air

    Pertanyaan: Bagaimana seharusnya air hasil kegiatan MCK diproses agar tidak menimbulkan pencemaran air?

    BalasHapus
  22. @C33-Asikin
    Review:
    Penyebab pencemaran air yang di hasilkan oleh air limbah, limbah kimia, limbah radioaktif, limbah minyak, limbah plastik.
    kata kunci:
    penyebab pencemaran air
    pertanyaan:
    jika penyebab pencemaran air tak dapat di kendalikan dampak yg di rasakan mahluk hidup paling parah adalah.....??

    BalasHapus
  23. @C23-Reza

    Review: Beberapa contoh limbah kimia yang menimbulkan pencemaran air dan sangat beracun ialah polychlorinated biphenyls (PCB).Penggunaan dan produksi PCB saat ini dilarang atau dibatasi dibanyak negara. Penggunaan PCB misalnya untuk peralatan listrik, pelapis permukaan, tinta, dan cat. Limbah yang mengandung PCB biasanya dibakar atau disimpan di tempat pembuangan sampah.

    Pertanyaan: Limbah Plastik ibarat sudah tidak bisa dilepaskan lagi dalam lingkungan masyarakat, limbah plastik merupakan limbah yang sukar untuk diurai. Bagaimana cara terbaik untuk menangani limbah plastik tersebut?

    Kata Kunci:Polychlorinated Biphenyls

    BalasHapus
  24. @C27-Rivqi

    review: Limbah Cair merupakan limbah yan berwujud cair. Limbah cair terlarut dalam air, selalu berpindah, dan tidak pernah diam.

    Kata Kunci: Limbah Cair

    BalasHapus
  25. C13-Helfrin

    Review: Berdasarkan catatan Kristanto (2002), bahwa air limbah terdiri dari satu atau lebih parameter pencemar yang telah melampaui ambang batas yang telah ditetapkan. Air limbah ada kemungkinan mengandung minyak, lemak, bahan anorganik seperti besi, alumunium, nikel, plumbum, barium, fenol dan sebagainya, sehingga dalam proses pengolahannya diperlukan kombinasi dari beberapa metode dan peralatan.

    Keyword: polusi, limbah air

    BalasHapus
  26. @B05-Aji

    Review :
    Pencemaran air menyebabakan dan berdampak pada lingkungan sekitar, penyebab itu salah satuanya beruba limbah pabrik, limbah kimia, dan oleh alam

    Kata kunci : polusi

    BalasHapus
  27. @B18-Frendy

    review : limbah radioaktif dalam konsentrasi yang cukup tinggi dapat membunuh; sedangkan dalam konsentrasi rendah dapat menyebabkan kanker dan penyakit lainnya.

    kata kunci : radioaktif

    BalasHapus
  28. @co5-Andes
    Review : Limbah air di sebabkan karena masyarakat indonesia masih membuang sampah pada sungai sehingga air tersebut akan menjadi kotor

    Kata kunci : limbah air

    BalasHapus
  29. @b32-maman

    Review : hampir 50 persen dari sampah plastik di Uni Eropa masih dikubur.padahal bila direcycle sampah plastik ini bisa menghasilkan uang yang lumayan.


    Pertanyaan : bagaimana cara pemanfaatan limbah plastik yang paling baik
    Kata kunci : sampah plastik

    BalasHapus
  30. @35-Sultana

    Review : Proses pengolahan limbah memerlukan waktu yang cukup lama, sebelum limbah itu dibuang keluar limbah itu harus lulus cek laboratorium, dan walaupun limbah itu lulus itu tidak menjamin bahwa air tersebut sudah bisa diminum

    Kata kunci : Limbah

    BalasHapus
  31. @B34-Ikrom

    Review :
    Polutan dibagi 2 yaitu polutan alamiah dan antropogenik ( sebagai akibat aktivitas manusia )

    BalasHapus
  32. @B34-Ikrom
    Review :
    Polutan dibagi 2 yaitu polutan alamiah dan polutan antropogenik ( sebagai akibat aktivitas manusia )

    Kata kunci : polutan

    BalasHapus
  33. @B30-Mega

    Review : pencemaran air semakin meluas dan berdampak buruk pada ekosistem air bila dibiarkan begitu saja maka bumi tidak akan mempunyai masa depan, maka mulai menanggulangi pencemaran dengan berbagai pemanfaatan.
    Pertanyaan : Bagaimana cara pemanfaatan limbah untuk menanggulangi pencemaran.
    kata kunci : pemanfaatan limbah

    BalasHapus
  34. @B11-Fajar
    Review : penggunaan plastik di era modern saat ini seperti dua sisi mata uang. Disatu sisi banyak manfaat yg didapatkan dengan penggunaan plastik, disisi lain juga limbah plastik sangat susah untuk diuraikan kembali. Apabila pengelompokan limbah plastik dan juga pendaur ulangannya dapat dilakukan secara maksimal, mungkin limbah plastik yg mencemari bumi saat ini bisa dikurangi.

    Pertanyaan : bagaimana cara yang efektif untuk diterapkan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga ekosistem air ?

    Kata kunci : limbah plastik

    BalasHapus
  35. @C25-Sari

    Review : Beberapa Penyebab pencemaran air yaitu disebabkan oleh beberapa limbah seperti
    limbah kimia
    limbah radioaktif
    limbah minyak
    limbah pestisida
    limbah industri
    limbah rumah tangga seperti pada hal yang terjadi dikehidupan sehari hari, rata rata para rumah tangga pasti menggunakan deterjen, deterjen sangatlah mampu merusak air.
    Dll

    Kata kunci : penyebab pencemaran air

    BalasHapus
  36. @B23 - Randy
    Kerugian yang ditimbulkan dari pencemaran air tidaklah sedikit, yaitu kesehatan manusia, kerusakan ekosistem, kematian hewan, dan biaya ekonomi. Untuk mencegah pencemaran air yang semakin meluas, pemerintah melakukan berbagai usaha untuk menanggulanginya, yaitu dengan mengajarkan sejak dini tentang pencemaran air, ada peraturan atau hukum yang melarang melakukan tindakan yang menyebabkan pencemaran air, dan memberikan sanksi yang tegas kepada pelaku pencemaran air.

    Kata Kunci : dampak serta penanggulangan pencemaran air

    BalasHapus
  37. @B19-Tri

    Review : Dampak pencemaran air sangat mempengaruhi kesehatan manusia, kerusakan ekosistem, dan kematian hewan. Seharusnya kita sadar akan pentingnya air bersih, mengingat banyak air di jakarta sudah tercemar.

    Kata kunci : dampak pencemaran air

    BalasHapus
  38. @C31-Retno

    Review : Air yang sudah tercemar dikarenkan pembuangan limpah rumah tangga maupun limbah pabrik dikarenakan mereka belum bisa menanggulangi pembuangan dengan baik, akibat tersebut berdampak pada ekosistem laut yang mengakibatkan kematian hewan di bawah laut

    Kata kunci : Air Limbah

    BalasHapus
  39. @C34-utama

    Review : Minyak yang merembes ke dalam tanah dapat menyebabkan tertutupnya suplai oksigen dan meracuni mikroorganisme tanah sehingga mengakibatkan kematian mikroorganisme tersebutdan tanah menjadi kurang subur.

    Kata kunci : Limbah air, Limbah minyak

    BalasHapus
  40. @B29-SAYOGI

    Review : kualitas air di jakarta setiap harinya semakin memburuk di karenakan semakin banyaknya populasi manusia yang sering melakukan pencemaran air

    pertanyaanya : bagaimana agar kualitas air di jakarta kembali membaik ?

    BalasHapus
  41. B04-Na'im

    Kata Kunci : Penanggulangan Pencemaran Air

    Pencemaran Air semakin hari semakin bertambah, seiring bertambahnya jumlah polutan air. Harus ada tindakan untuk menanggulangi hal ini. adapun langkah yang dapat diambil melalui hal - hal berikut :
    1. Pendidikan
    Memberikan pemahaman kepada generasi muda mengenai pentingnya merawat lingkungan sangatlah hal yang tepat untuk mengurangi pencemaran dimasa yang akan datang.

    2. Hukum
    Membuat peraturan mengenai penggunaan bahan kimia baik dari kuantitas maupun kualitas pada sektor utama (Industri).

    3. Ekonomi
    Yang dimaksud melalui langkah ekonomi adalah dengan memberlakukan sanki(denda) bagi individu maupun organisasi perusahaan yang melakukan pencemaran lingkungan.

    BalasHapus
  42. @C29-BAYU

    Review : pembuangan limbah industri atau limbah rumah tangga sangat berpengaruh besar terhadap Mahkluk hidup di air seperti ikan, dalam tubuh manusia melalui rantai makanan, sekitar 10-25 persen akan mengendap dalam tubuh dan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari gangguan pencernaan, anorexia, muntah-muntah, kolik.

    Kata kunci : pencemaran air berpengaruh besar terhadap kelangsungan hidup mahkluk yang hidup di air

    BalasHapus
  43. @B12-Virna

    Review : Beberapa cara pengolahan limbah antara lain dengan memberikan bahan kimia yang dapat menetralkan air, menghancurkan senyawa yang berbahaya dan menggumpalkan kotoran. untuk pengolahan limbah cair perlu dibangun Instalasi Pengolah Air Limbah (IPAL).

    Pertanyaan : Apakah ada cara lain untuk mengolah limbah?

    Kata Kunci: Pengolahan limbah

    BalasHapus
  44. @B03-zainudin

    Review:masalah pembuangan limbah seharusnya menjadi perhatian yang lebih untuk pemerintah dan pemilik pabrik.jika limbah di buang tanpa adanya treatment sebelum dibuang dikhawatirkan akan mengganggu ekosistem sekitar.

    Kata kunci:pencemaran
    Pertanyaan:apakah anda sendiri sebagai warga negara dan penduduk yang baik sudah melakukan gaya hidup yang sehat danembuang sampah tidak sembarangan?

    BalasHapus
  45. @C28-Yoppy
    Review : Industri yang tidak terurus banyak sekali, lalu pemerintah kemana ?
    sampah bekas oli yg dibuang kesungai,
    pewarna yang langsung dibuang tanpa difilter, dan lain lain
    Kata kunci : pencemaran air
    Pertanyaan : bagaimana prosedur melapor induistri yang tidak sesuai dengan UU ??

    BalasHapus
  46. @C16-Nando

    Review: Air limbah terdiri dari satu atau lebih parameter pencemar yang telah melampaui ambang batas yang telah ditetapkan. Air limbah ada kemungkinan mengandung minyak, lemak, bahan anorganik seperti besi, alumunium, nikel, plumbum, barium, fenol dan sebagainya

    Pertanyaan: Dampak apa yang ditimbulkan limbah terhadap tubuh manusia ?

    Kata Kunci: Limbah air

    BalasHapus
  47. @B06-Eka

    Review: banyaknnya Industri didunia saat ini menjadi penyumbang pencemaran air terbesar pada saat ini karena banyaknya pabrik yang tidak dapat mengolah limbah- limbah tersebut yang akan merusak kelestarian air.

    Pertanyaan: apa peran pemerintah dalam menyikapi hal ini?

    Kata kunci: Air tercemar

    BalasHapus
  48. @B10-Hasthi

    Review: Pabrik merupakan sumber utama pencemaran air, namun setiap individu manusia pada dasarnya juga merupakan sumber pencemaran air.

    Kata kunci: Sumber pencemaran air

    Pertanyaan: Tindakan apa yang akan anda lakukan jika air sungai di sekitar anda tercemar oleh limbah pabrik?

    BalasHapus
  49. @B13-dadang
    Review : Limbah cair merupakan sumber penyumbang pencemaran terbesar, dan harus sangat d diperhatikannya, karena setiap individu berkontribusi dalam menghasilkan limbah cair ini. Misalnya sisa-sisa pencucian yang dibuang ke air, sisa bahan kimia dari pembersih toilet, dan lain sebagainya. Selain itu juga pabrik-pabrik industri pun sebagian besar menghasilkan limbah cair tersebut.

    Kata kunci : Limbah Cair

    Pertanyaan : bagaimana cara menanggulangi limbah cair tersebut?

    BalasHapus
  50. @C08-Riki
    Review: pabrik adalah sumber utama penyebab pencemaran air,namun setiap individu manusia juga sebagai sumber peyebab pencemaran air
    Kata kunci: limbah air
    Pertanyaan: dampak yang ditimbulkan dari pencemaran air?

    BalasHapus
  51. @B26-ARIF
    Review :
    Pencemaran air merupakan keadaan dimana adanya berbagai zat asing yang masuk ke dalam air dan itu bersifat merusak atau bahan tersebut lebih dikenal sebagai polutan.
    kata kunci :
    polutan

    BalasHapus
  52. @B35-Isa

    Review: Limbah dari hasil pabrik kita ketahui sangatlah berbahaya bagi keberlangsungan hidup manusia dan lingkungan, begitupun limbah dari sisa rumah tangga.

    Pertanyaan: Adakah cara untuk meminimalisir limbah ataupun mengelola limbah tersebut menjadi tidak berbahaya lagi?

    kata kunci : limbah

    BalasHapus
  53. @C04-Suheri

    Review: Beberapa contoh limbah kimia yang menimbulkan pencemaran air dan sangat beracun ialah polychlorinated biphenyls (PBC).

    Kata Kunci: Limbah Kimia

    BalasHapus
  54. @C26-Irvan

    Limbah plastik dapat terurai sempurna di dalam tanah dalam waktu 50tahun.

    Apakah semua limbah plastik bisa didaur ulang?

    Kata kunci: pencemaran

    BalasHapus
  55. @C01-Dwezka

    Review : Setiap industri harus mampu mengolah hasil limbahnya sehingga limbah B3 yg dihasilkan tidak mencemari lingkungan.

    Kata kunci : Limbah B3

    BalasHapus
  56. @C03-Hanung

    Review : Salah satu penyebab dari pencemaran air adalah limbah radioaktif. Limbah radioaktif merupakan limbah yang berasal dari pemnfaatan teknologi nuklir yang diolah untuk beberapa kepentingan yang bermanfaat.

    Pertanyaan : Adakah peraturan perundang undangan untuk mengatur tentang limbah radioaktif mengingat radioaktif ini sangat berbahaya?

    Kata Kunci : Limbah Radioaktif

    BalasHapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. @B20-Bayu

    Review:
    Berdasarkan catatan Kristanto (2002), bahwa air limbah terdiri dari satu atau lebih parameter pencemar yang telah melampaui ambang batas yang telah ditetapkan. Air limbah ada kemungkinan mengandung minyak, lemak, bahan anorganik seperti besi, alumunium, nikel, plumbum, barium, fenol dan sebagainya, sehingga dalam proses pengolahannya diperlukan kombinasi dari beberapa metode dan peralatan.

    Pertanyaan:
    Bagaimana cara sederhana mengolah air limbah?

    Kata kunci:
    Air limbah

    BalasHapus
  60. @B08-Viki

    Review: limbah pabrik, limbah rumah tangga, limbah pertanian, menyebabkan pencemaran air sehingga mengakibatkan lingkungan dan ekosistem terganggu.

    Katakunci : Pencemaran

    BalasHapus
  61. @H01-THERESIA
    Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

    Meningkatnya kandungan nutrien dapat mengarah pada eutrofikasi.
    Sampah organik seperti air comberan menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.