.

Senin, 11 November 2019

Struktur Atom dan Sistem Periodik



Abstrak
                Atom adalah bagian terkecil dari suatu materi yang tidak dapat dipecah – pecah lagi dengan metode konvensional. Istilah atom pertama kali dikemukakan oleh Democritus dan dikukuhkan kembali oleh Dalton, sehingga dikenal dengan teori Dalton. Atom dibangun oleh partikel – partikel subatom, yaitu electron, proton, dan neutron. Proton dan neutron berada dalam inti atom, sedangkan electron berada disekeliling inti atom.
Kata Kunci : Atom, Struktur, Unsur
I. Pendahuluan
Model Atom Dalton Masa modern kimia diawali sejak proposal John Dalton tentang teori atom dalam bukunya New system of chemical philosophy Jauh sebelum Dalton sebenarnya beberapa teori telah diajukan oleh ilmuwan Yunani Leucippos yang dilanjutkan oleh Democritos pada abad ketiga sebelum Masehi. Akan tetapi teori Dalton ini sangat melengkapi dan lebih cocok, sehingga teori ini mampu menumbuhkan ilmu kimia. 
II. Pembahasan
Teori atom telah lama berkembang mulai pada beberapa abad sebelum Masehi. Teori ini telah menjadi pertanyaan besar di kalangan para ahli filsafat Yunani. Democritus (460 - 370 SM) berpendapat bahwa suatu materi tersusun atas partikel yang tak dapat dibagi. Berbeda dengan Democritus, Aristotle lebih percaya bahwa setiap benda terusun atas empat unsur dasar dan menurutnya materi bersifat kontinu, yang berarti akan terus menerus dapat dibelah.
Abad ke 5 SM di India telah ada pendapat yang menyatakan bahwa tiap unsur benda terdiri atas satu sampai lima atom
Abad ke 8, Jabir seorang ilmuan muslim menyatakan bahwa semua materi dibentuk oleh partikel dasar bermuatan yang menyerupai petir dan partikel, yang tidak dapat dibagi lagi. Setelah abad ke 19 mulai bermunculan, dari Dalton sampai teori atom modern
Teori Model Atom
1. John Dalton
Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur yang tidak dapat dibagi lagi. Unsur terdiri atas atom – atom yang sama, sehingga mempunyai sifat – sifat sama, seperti ukuran, bentuk, dan massa
2. J.J Thomsom
            Thomsom menganggap atom selain terdapat electron juga terdapat muatan positif, sehingga teorinya menyatakan atom sebagai suatu bola pejal bermuatan positif dan permukaannya terdapat electron – electron.
3. Ernest Rutherford
            Rutherford berpendapat, partikel alfa yang relative berat dan mempunyai kecepatan tinggi dapat dipantulkan dan dibelokan oleh atom, tentu ada gaya yang kuat didalam atom yang dapat menyebabkan gaya pada inti atom.
4. Niels Bohr
            Ilmuan ini menyimpulkan bahwa atom terdiri atas Inti atom yang bermuatan positif dan electron – electron yang ergerak mengelilingi inti dalam orbit lingkaran dengan energi tertentu.
Model atom Modern
            Menurut teori atom modern, atom terdiri atas inti yang terdiri dari dua jenis nucleon ( proton dan neutron ) dan electron berada disekeliling atom.
Struktur Atom
A. Elektron
            Elektron adalah partikel penyusun atom yang bermuatan negative.
B. Proton
            Eugene Goldstein (1886) melakukan eksperimen dari tabung gas yang memiliki katoda, yang diberi lubang-lubang dan diberi muatan listrik. Ternyata pada saat terbentuk elektron yang menuju anoda terbentuk pula sinar positif yang menuju arah berlawanan melewati lubang pada katoda. Setelah berbagai gas dicoba dalam tabung ini, ternyata gas hidrogenlah yang menghasilkan sinar muatan positif yang paling kecil baik massa maupun muatannya, sehingga partikel ini disebut dengan proton. 
C. Inti Atom
            Setelah penemuan proton dan elektron, Ernest Rutherford melakukan penelitian penembakan lempeng tipis. Jika atom terdiri dari partikel yang bermuatan positif dan negative maka sinar alpha yang ditembakkan seharusnya tidak ada yang diteruskan/ menembus lempeng sehingga muncullah istilah inti atom.
D. Neutron
            Pada tahun 1920, William Draper Harkins, beramsumsi bahwa terdapat partikel lain dalam inti atom selain proton, partikel itu bermassa hampir sama dengan proton dan tidak bermuatan, ia menyebutnya sebagai neutron. Hingga tahun 1932, James Chadwick, membuktikan keberadaan parikel neutron.
Isotop, Isobar dan isoton
1. Isotop → unsur-unsur yang mempunyai nomor atom sama tetapi nomor massanya berbeda
2. Isobar → unsur-unsur yang mempunyai nomor atom berbeda tetapi nomor massanya sama
3. Isoton → unsur-unsur yang mempunyai jumlah neutron sama
C. Perkembangan Sistem Periodik 
Logam & non logam
1. Triade Dobereiner
Unsur-unsur yang ada dikelompokkan menjadi satu kelompok yang terdiri dari 3 unsur yang mempunyai sifat-sifat yang sama
2. Hukum Oktaf Newlands
3. Sistem Periodik Mendeleyev
A. Unsur-unsur dikelompokkan menjadi 7 dimana unsur ke 1 sifatnya mirip dengan unsur ke 8, unsur ke 2 sifatnya mirip dengan unsur ke 9 dan seterusnya
B. Merupakan awal terbentuknya sistem periodik modern.
C. Unsur-unsur dibagi dalam lajur vertikal yang disebut golongan dimana unsur-unsur tersebut mempunyai sifat yang sama, secara horisontal unsur-unsur disusun berdasarkan kenaikan massa atom.
D. Mendeleyev mengosongkan tempat-tempat yang belum ditemukan unsurnya bahkan sudah diramalkan sifat-sifat fisika dan kimia dari unsur yang belum diketahui tersebut.
4. Sistem Periodik Modern
Dibagi 2 lajur, yaitu:
1. Lajur horisontal
Disebut periode, unsur-unsur disusun  berdasarkan kenaikan nomor atom dan terdiri dari 7 periode
2. Lajur vertikal
Disebut golongan, unsur-unsur dalam satu golongan mempunyai sifat-sifat kimia yang sama.
Golongan dibedakan atas golongan utama (A) dan golongan transisi (B)
1. Golongan I A → Alkali (logam)
2. Golongan II A → Alkali tanah (logam)
3. Golongan III A → Boron (logam & non logam)
4. Golongan IV A → Karbon (logam & non logam)
5. Golongan V A → Nitrogen (logam & non logam)
6. Golongan VI A → Oksigen (logam & non logam)
7. Golongan VII A → Halogen (non logam)
8. Golongan VIII A → Gas mulia (non logam)

III. Kesimpulan
            Bagian terkecil dari materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi disebut atom (berasal dari bahasa Yunani “atomos” yang berarti tidak dapat dibagi lagi). Namun, berakhir pendapat tersebut dapat dipatahkan dengan berbagai penelitian ilmiah. Berdasarkan penelitian ilmiah diketahui bahwa partikel dasar atom terdiri atas proton (bermuatan +), (elektron -), dan neutron (tidak bermuatan). Banyak teori yang bermunculan dari masa ke masa. Struktur yang terdapat pada atom ialah electron, proton, neutron, dan inti atom.
Daftar Pustaka
Afrianti, Trayda. Struktur Atom dan Tabel Periodik. https://sites.google.com/site/trayda1afrianti/materi/kelas-x/struktur-atom. Diakses pada 10 November 2019
Huda, M.N. 2017. Struktur Atom & Sistem Periodik Unsur. https://www.academia.edu/34644270/MAKALAH_STRUKTUR_ATOM_and_SISTEM_PERIODIK_UNSUR_COVER_Diajukan_untuk_Memenuhi_Tugas_Mandiri. Diakses pada 10 November 2019.
Purtadi, Sukisman. Sistem Periodik dan Struktur Atom. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132304809/pendidikan/Teaching+Material+Kimia+SMA+expl.pdf. Diakses pada 10 November 2019
Sanjaya, Devi. 2015. Struktur Atom dan Periodik Unsur. https://docplayer.info/198025-Struktur-atom-dan-sistem-periodik-unsur.html. Diakses pada 10 November 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.