.

Selasa, 05 September 2017

Air Dalam Ilmu Kimia




Disusun  oleh : Reno Bayu Aditya
@E22-Reno @proyekA01


Bumi kita secara fisik terdiri dari bahan kimia. Begitu pula dengan kehidupan yang ada di bumi tidak terlepas dari yang namanya zat kimia, mulai dari wujud fisiknya sampai dengan proses-proses yang menyertainya selalu melibatkan zat kimia.
Kegiatan yang dilakukan manusia untuk menunjang kebutuhan hidupnya juga membutuhkan bahan baku berupa zat kimia dan reaksi-reaksi kimia di samping proses yang bersifat fisik dan biologis.
Dengan adanya kemajuan tehnologi dan sumber daya manusia, ilmu kimia dikembangkan menjadi cabang ilmu yang beragam variasi contoh seperti kimia air, kimia atmosfer, kimia tanah, toksikologi kimia, dan lain-lain. Pada kesempatan kali ini yang akan di pelajari adalah kimia air.

Definisi
Kimia air adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang pembentukan air dan unsur-unsur yang menjadi penyusunnya. Sebuah molekul air terdiri dari sebuah atom oksigen yang berikatan kovalen dengan dua atom hydrogen. Ikatan oksigen dan hydrogen mempunyai dayu padu yang sangat kuat, sehingga air menjadi senyawa alam yang hanya bisa diuraikan oleh perantara paling agresif seperti energi listrik dan suatu reaksi kimia.

Sifat Istimewa Air
1.      Pelarut yang sangat baik
Efek : Pelarut digunakan sehari-hari untuk mencuci, contohnya mencuci tubuh manusia, pakaian, lantai, mobil, makanan, dan hewan.
2.      Konstanta dielektrik paling tinggi diantara cairan murni lainnya
Efek : Kelarutan dan ionisasi dari senyawa ini tinggi dalam kelarutan
3.      Tegangan permukaan lebih tinggi daripada cairan lainnya
Efek : Faktor pengendali dalam fisiologi membentuk fenomena tetes dan permukaan
4.      Panas laten dan peleburan lebih tinggi, kecuali ammonia
Efek : temperature stabil pada titik beku
5.      Kapasitas kalor lebih tinggi kecuali ammonia
Efek : stabilisasi dari temperature organisme dan wiliyah geographis
6.      Panas penguapan lebih tinggi dari material lainnya
Efek : menentukan transfer panas dan molekul air anatara atmosfer dan badan air




PEMANFAATAN AIR DARI BERBAGAI BIDANG

1.      Bidang kesehatan
a) Membentuk sel-sel baru, memelihara dan mengganti sel-sel yang rusak.
b) Melarutkan dan membawa nutrisi-nutrisi, oksigen dan hormon
c) Melarutkan dan mengeluarkan sampah-sampah dan racun dari dalam tubuh kita.
d)  Katalisator dalam metabolisme tubuh.
.
2.      Bidang pertanian
 a) Memberi pengairan pada sawah atau ladang.
 b) Penyuplai cairan tumbuhan-tumbuhan.
             3.    Bidang  penghasil listrik
Pembangunan kincir air yang memanfaatkan pergerakan aliran air untuk menggerakkan turbin, sehingga dapat menghasilkan energi listrik sebagai energi alternatif selain nuklir yang biasa digunakan masyarakat selama ini.

Kesadahan air
Kesadahan air adalah kandungan mineral-mineral tertentu di dalam air, umumnya aion kalsium (Ca) dan magnesium (Mg) dalam bentuk garam karbonat. Air sadah atau air keras adalah air yang memiliki kadar mineral yang tinggi, sedangkan air lunak adalah air dengan kadar mineral yang rendah. Selain ion kalsium dan magnesium, penyebab kesadahan juga bisa merupakan ion logam lain maupun garam-garam bikarbonat dan sulfat.

JENIS KESADAHAN AIR
Terdapat dua jenis kesadahan, yakni sebagai berikut:
1. Kesadahan sementara
                 Kesadahan sementara merupakan kesadahan yang mengandung ion bikarbonat, atau boleh jadi air tersebut mengandung senyawa kalsium bikarbonat dan atau magnesium bikarbonat. Air yang mengandung ion atau senyawa-senyawa tersebut disebut air sadah sementara karena kesadahannya dapat dihilangkan dengan pemanasan air, sehingga air tersebut terbebas dari ion
2. Kesadahan Tetap
                 Kesadahan tetap adalah kesadahan yang mengadung anion selain ion bikarbonat, dan kesadahannya tidak bisa dihilangkan hanya dengan cara pemanasan. Untuk membebaskan air tersebut dari kesadahan, harus dilakukan dengan cara kimia, yaitu dengan mereaksikan air tersebut dengan zat-zat kimia tertentu.

Daftar pustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.