.

Sabtu, 15 Februari 2020

Pengaruh air dalam kehidupan makhluk hidup

Oleh : Andyka Febriyansyah

Abstrak

Air merupakan suatu komponen yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup terutama manusia, semua makhluk hidup tentu sangat membutuhkan air.
Tentu negara indonesia ini kaya akan air nya karna indonesia merupakan negara kepulauan, maka dari itu kita harus bisa menjaga dan melestarikan kualitas air kita agar tidak tercemar.

Kata Kunci : Air , Mencegah

Pendahuluan

Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan ditempat penampungan air seperti laut, sungai hingga air tanah yang disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri. Dalam kehidupan sehari - hari air sudah menjadi komponen yang sangat penting maka dari itu kita harus menjaga dan melestarik air untuk tidak terjadi adanya pencemaran air. Pada dasarnya air memiliki standar 3 B, yakni tidak berwarna, berbau , dan beracun.


Pembahasan


I. Pengertian Pencemaran Air
Menurut Michael (1990). Pencemaran Air adalah Penyimpangan sifat-sifat air dari keadaan normal, bukan dari kemurniannya. Banyak air tawar yang tercemar berat oleh sisa-sisa pembuangan kotoran dan cairan pembuangan limbah rumah tangga ke dalam sungai.


II. Dampak

1. Meledaknya Hama
Salah satu dampak pencemaran lingkungan ialah memutus rantai makanan pada sebuah ekosistem. Contohnya adalah penggunaan pestisida yang berlebihan bisa menyebabkan banyak predator yang mati sehingga jumlah hama akan meledak.

2. Punahnya Spesies
Pencemaran air bisa membuat banyak spesies ikan dan biota lain yang ada di lingkungan perairan punah. Hal tersebut sangat merugikan karena bisa menurunkan jumlah keanekaragaman dalam ekosistem air.

3. Keseimbangan lingkungan terganggu
Keseimbangan lingkungan bisa terganggu saat terjadi perubahan interaksi dalam sebuah ekosistem.

III. Penyebab

1. Limbah industri
Limbah industri merupakan salah satu penyebab utama pencemaran lingkungan. Limbah cair industri yang dibuang ke laut atau sungai tanpa diolah terlebih dahulu bisa mencemari lingkungan perairan. Oleh karena itu, alangkah baiknya kalau sebelum dibuang limbah di olah terlebih dahulu supaya tidak membahayakan lingkungan di sekitar kita.

2. Perusakan Hutan
Limbah industri merupakan salah satu penyebab utama pencemaran lingkungan. Limbah cair industri yang dibuang ke laut atau sungai tanpa diolah terlebih dahulu bisa mencemari lingkungan perairan. Oleh karena itu, alangkah baiknya kalau sebelum dibuang limbah di olah terlebih dahulu supaya tidak membahayakan lingkungan di sekitar kita.

3. Pertambangan
Salah satu contoh pencemaran air adalah pertambangan batubara. Hal tersebut dikarenakan saat batubara dibakar maka merkuri yang terkandung di dalamnya telepas bebas di udara. Merkuri itu bisa kembali lagi dan masuk ke dalam tanah sehingga bisa mencemari air.

4. Sampah, banyak nya tumpukan sampah, sampah yang dibuang dengan sembarang. Terutama sampah plastik sering kita liat ada di laut yang mana sampah plastik itu sangat dapat merusak ekosistem, kadang juga banyak ikan yang tidak sengaja memakan plastik.

IV. Solusi
  • Gunakan air dengan bijaksana. Kurangi penggunaan air untuk kegiatan yang kurang berguna dan gunakan dalam jumlah yang tepat.
  • Kurangi penggunaan detergen. Sebisa mungkin pilihlah detergen yang ramah lingkungan dan dapat terurai di alam secara cepat.
  • Kurangi konsumsi obat-obatan kimia berbahaya. Obat-obatan kimia yang berbahaya seperti pestisida, dan obat nyamuk cair merupakan salah satu penyebab rusaknya ekosistem air
  • Jangan membuang sampah rumah tangga di sungai/danau. Kelola sampah rumah tangga dengan baik dan usahakan menanam pohon di pinggiran sungai/danau.
  • Sadar akan kelangsungan ketersediaan air dengan tidak merusak atau mengeksploitasi sumber mata air agar tidak tercemar. 
  • Mengoptimalkan pelaksanaan rehabilitasi lahan kritis yang bertujuan untuk meningkatkan konservasi air bawah tanah
  • Menanggulangi kerusakan lahan bekas pembuangan limbah B3.

Kesimpulan

Kita sebagai makhluk hidup harus bisa menjaga dan melestarikan sumber daya yang kita punya, terutama air ini yang sudah menjadi sumber pokok kehidupan manusia untuk jangka panjang bahkan tak terhingga, dengan begitu kita harus bisa sama - sama mengurangi sekaligus mencegah akan terjadinya pencemara air agar tidak berkelanjutan.

Daftar Pustaka

Rafi, Ahmad ( 2016). "Pengertia Pencemaran Air Menurut Para Ahli" http://ahmadrapi01.blogspot.com/2016/09/pengertian-pencemaran-air-menurut-paia.html (Diakses Tanggal 14-02-2020)

Duniapcoid (2020). " Pengertian Pencemaran Air" https://duniapendidikan.co.id/pencemaran-air/ (Diakses Tanggal 14-02-2020).

Anonim (2013). " Cara mengatasi pencemaran air : Berawal dari diri sendiri" http://ekosistem-ekologi.blogspot.com/2013/04/cara-mengatasi-pencemaran-air-berawal.html  (Diakses Tanggal 14-02-2020).

1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.