.

Senin, 03 Desember 2018

Kimia hijau


 Muhammad fikri adzkiya
41618010026
Kimia hijau
Abstrak: Green chemistry atau “kimia hijau” merupakan bidang kimia yang berfokus pada pencegahan polusi. Pada awal 1990-an, green chemistry mulai dikenal secara global setelah Environmental Protection Agency (EPA) mengeluarkan Pollution Prevention Act yang merupakan kebijakan nasional untuk mencegah atau mengurangi polusi. Green chemistry merupakan pendekatan untuk mengatasi masalah lingkungan baik itu dari segi bahan kimia yang dihasilkan, proses ataupun tahapan reaksi yang digunakan. Konsep ini menegaskan tentang suatu metode yang didasarkan pada pengurangan penggunaan dan pembuatan bahan kimia berbahaya baik itu dari sisi perancangan maupun proses. Bahaya bahan kimia yang dimaksudkan dalam konsep green chemistry ini meliputi berbagai ancaman terhadap kesehatan manusia dan lingkungan, termasuk toksisitas, bahaya fisik, perubahan iklim global, dan penipisan sumber daya alam.
Kata kunci:Kimia hijau
            Istilah kimia digunakan dalam “green chemistry” dimaksudkan karena melibatkan struktur dan perubahan suatu materi.Perubahan tersebut pasti melibatkan energi sebagai sumbernya. Oleh karena itu konsep green chemistry ini juga erat kaitannya dengan energi dan penggunaannya baik itu secara langsung maupun yang tidak langsung seperti penggunaan suatu material dalam hal pembuatan, penyimpanan dan proses penyalurannya.
Green chemistry merupakan pendekatan yang sangat efektif untuk mencegah terjadinya polusi karena dapat digunakan secara langsung oleh para ilmuwan dalam situasi sekarang. Konsep ini lebih memfokuskan pada cara pandang seorang peneliti untuk menempatkan aspek lingkungan pada prioritas utama. Area penelitian dalam bidang green chemistry ini meliputi pengembangan cara sintesis yang lebih ramah lingkungan, penggunaan bahan baku yang terbarukan, merancang bahan kimia yang green, serta penggunaan bioteknologi sebagai alternatif dalam industri (Sharma, 2008).
            Anastas dan Warner (1998) mengusulkan konsep“The Twelve Principles of Green Chemistry” yang digunakan sebagai acuan oleh para peneliti untuk melakukan penelitian yang ramah lingkungan. Berikut adalah ke-12 prinsip kimia hijau yang diusulkan oleh Anastas dan Warner :
  1. Mencegah timbulnya limbah dalam proses
  1. Mendesain produk bahan kimia yang aman
  1. Mendesain proses sintesis yang aman
  1. Menggunakan bahan baku yang dapat terbarukan
  1. Menggunakan katalis
  1. Menghindari derivatisasi dan modifikasi sementara dalam reaksi kimia
  1. Memaksimalkan atom ekonomi
  1. Menggunakan pelarut yang aman
  1. Meningkatkan efisiensi energi dalam reaksi
  1. Mendesain bahan kimia yang mudah terdegradasi
  1. Penggunaan metode analisis secara langsung untuk mengurangi polusi
  1. Meminimalisasi potensi kecelakaan.
Kriteria teknologi hijau:
      Meminimumkan degrasi kualitas lingkungan
      Mempunyai pembebasan gas rumah kaca yang rendah
      Aman untuk digunakan dan menyediakan lingkungan hidup sehat dan lebih baik untuk semua kehidupan
      Menghemat energy dan sumberdaya alam
      Menggalakkan sumber-sumber yang dapat diperbaharui (renewable).
Bidang yang berkaitan dengan teknologi hijau:
      Energi:  pembangunan energi alternatif dan ketahanan energi.
      Bangunan Hijau: melibatkan semua aspek termasuk penggunaan bahan / material buatan – sintetis dan lokasi bangunan, bukan merujuk kepada warna bangunan tersebut.
      kimia Hijau: Reka cipta, reka bentuk pemrosesan dan aplikasi kimia serta meminimumkan penggunaan bahan berbahaya.
      anoteknologi Hijau: melibatkan manipulasi bahan pada skalar nanometer atau satu bilion lebih kecil berbanding ukuran satu meter, ia melibatkan aplikasi kimia hijau dan prinsip standarisasi.
Industri Hijau adalah sebuah icon industri yang harus dipahami dan dilaksanakan, yaitu industri yang dalam proses produksinya menerapkan upaya efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan sumber daya secara berkelanjutan.
Manfaat industri hijau:
·         Meningkatkan image perusahaan
·         Kinerja perusahaan yang ramah lingkungan
·         Mempermudah akses pendanaan
·         Flexsibilitas dalam regulasi
·         Terbukanya pasar baru
Daftar rujukan
Kimia hijau dan 12 prinsip kima hijau
Bidang dan kriteria teknologi hijau
Industri hijau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.