.

Selasa, 01 Oktober 2019

Materi 5 : Kimia Industri (Bagian 2) Kelas P

Pengelompokan industri kimia meliputi banyak versi, The Essential Chemical Industry dan The University of York, dalam situs web ECI (2013) menjelaskan, bahwa produk industri kimia meliputi empat kelompok, yaitu : Kimia Dasar,  Kimia Khusus,  Kimia Konsumen, dan Kimia yang Berkaitan dengan Ilmu Kehidupan (Biologi).


Berikan komentar, catatan, review terhadap bahan kuliah ini...

14 komentar:

  1. Sunu Dwi Prambudi (@P11-SUNU)
    Senyawa aromatik merupakan hidrokarbon tak jenuh yang mempunyai ikatan atom C siklis, senyawa aromatik pada jaman dulu digunakan untuk menerangkan senyawa pemberi aroma seperti benzaldehid ( dari buah cherries peaches dan almonds )

    BalasHapus
  2. Rosa Amaria Putri (@P09-Rosa)
    Menurut saya, seperti industri lainnya, industri kimia tidak terlepas dari isu lingkungan,terdapat beberapa masalah seperti bau yang ditimbulkan oleh polisi bahan kimia,pelepasan bahan kimia beracun,penambahan rumah kaca,emisi senyawa organik volatil , penambahan konsentrasi gas rumah kaca,dll.Dampak dari pencemaran lingkungan oleh industri kimia dapat menurunkan kualitas hidup manusia disekitarnya.

    BalasHapus
  3. Auliyah pertiwi (@P02-AULIYAH) menurut saya industri petrokimia berbasis olefin adalah merupakan senyawa hidrokarbon tidak jenuh yang mempunyai ikatan rangkap terbuka yang sangat reaktif (mudah bereaksi dengan zat lain), bersifat mudah terpolimerasi.

    BalasHapus
  4. Rachmatika A.A. (P18-ANANTIA)

    Menurut alanisa saya. Pencemaran lingkungan oleh industri kimia atau industri lainnya terjadi di sentra industri, kawasan industri atau kota industri. Dampak nya ialah menurunkan kualitas hidup manusia disekitarnya, bahkan dapat menimbulkan penyakit kronis. Industri kimia menimbulkan beragam persoalan lingkungan terbesar, merupakan alah satu pengguna gas alam terbesar, baik untuk bahan baku maupun kebutuhan energi. Dengan demikian diperlukan adanya tindakan dalam mengendalikan pencemaran lingkungan oleh industri kimia dan industri lainnya.

    BalasHapus
  5. Hana Muyesca (@P10-HANA)
    Menurut saya industri kimia menggunakan bahan petrokimia sangat bermanfaat bagi lingkungan. Contoh industri petrokimia adalah bqn, cat, polytam pp (untuk plastik). Contoh ini termasuk industri kimia berbasis olefin (jalur olefin)

    BalasHapus
  6. Andi Muhamad Iskandar (@P16-Andi)

    Industri kimia dasar adalah industri proses kimia yang menghasilkan produk zat kimia dasar, seperti Asam Sulfat dan Ammonia. Industri ini biasanya menghasilkan bahan-bahan dasar/bahan-bahan baku utama bagi bagi industri kimia lainnya, dan selanjutnya akan diolah menjadi berbagai macam produk-produk.

    BalasHapus
  7. Bagas Fadhlullah Akmal (@P25-BAGAS)

    Kimia Industri ( Proses Industri Kimia) merupakan proses yang terjadi dalam industri kimia, perhitungan yang menyertai proses-proses berhubungan dengan banyaknya zat yang terlibat ( stoikiometri), maupun dengan jumlah panas yang dibebaskan maupun diperlukan dalam suatu proses tertentu

    BalasHapus
  8. Gayatri Wahyu Andini (@P13-GAYATRI)
    Menurut Mc.Kibbin (2005) bahwa industri kimia merupakan pengembangan optimasi dan monitoring proses kimia dasar yg digunakan dalam industri untuk mengubah bahan baku dan peekursor menjadi produk komersial yang berguna bagi masyrakat. Sebagai contoh : sabun, parfum, deterjen, dsb.
    Menurut Killheffer mengemukakan bahwa industri kimia dapat dilihat dari bahan baku seperti bahan bakar fosil, udara, air, garam, dsb. Industri kimia melakukan proses perubahan bahan baku speerti produk primer, sekunder dan tersier.
    Menurut Hidayat mengemukakan industri proseskimia adalah industri yang mengolah bahan baku mentah menjadi bahan produk yang bermanfaat bagi masyarakat.

    BalasHapus
  9. Arolvo Artya Anggarexo(@P12-AROLVO)
    Kimia industri adalah cabang ilmu kimia yang menerapkan pengetahuan kimiawi terhadap produksi material dan zat kimia khusus dengan sedikit dampak buruk pada lingkungan.

    BalasHapus
  10. Firsta Fauzyah (@P23-FIRSTA)2 Oktober 2019 pukul 19.40

    Firsta Fauzyah (@P23-FIRSTA)
    teknologi industri adalah pengembangan, perbaikan, invensi atau inovasi dalam bentuk teknologi proses dan perekayasaan, metode, dan sistem yang diterapkan dalam kegiatan industri

    BalasHapus
  11. proses industri kimia merupakan proses yang terjadi dalam industri kimia, perhitungan yang menyertai proses-proses berhubungan dengan banyaknya zat yang terlibat maupun dengan jumlah panas yang dibebaskan maupun diperlukan dalam proses tertentu. jadi dapat disimpulkan bahwa proses industri kimia adalah proses yang terjadi dibidang industri dan berkaitan dengan kimia.

    BalasHapus
  12. Wening Suciati (@P05-WENING)
    industri kimia merupakan relasi antara penelitian yang ada di laboratorium perguruan tinggi atau pusat-pusat penelitian dengan teknik kimia dalam skala industri dengan memanfaatkan pengetahuan dan pemahaman yang luas

    BalasHapus
  13. Viviancho Samosir P (@P24-VIVIANCHO)
    Kimia berkaitan dengan komposisi dan sifat materi serta berbagai perubahan yang dialaminya. Adapun yang dimaksud ialah apapun yang dapat menempati ruang dan mempunyai massa. Dalam perspektifnya dapat berubah menjadi materi yang lebih sederhana atau lebih kompleks. Dikarenakan meliputi zat murni atau koalisi dari beberapa zat campuran.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.