.

Senin, 02 September 2019

Materi 1 : Kimia dan Perkembangannya

i
Perubahan kimia atau lebih popular dengan istilah rekasi kimia  memungkinkan terbentuknya zat-zat baru yang sebelumnya tidak dikenal. Hal ini memberikan peluang yang besar untuk berbagai kepentingan, mulai dari industri, pertanian, kedokteran, konstruksi, dan sebagainya.
Namun di sisi lainnya tidak semua proses pembentukan zat baru menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, banyak juga di antaranya yang justru merugikan peradaban manusia seperti limbah industri, limbah pertanian, limbah rumah tangga, dan sebagainya. Contoh sederhana perubahan materi dari besi murni menjadi besi berkarat dianggap sangat merugikan, karena mengurangi sifat penting yang ada pada materi tersebut.



Selengkapnya pelajari Buku : Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri;  Bab 1  Kimia dan Perkembangannya.

Berikan pembahasan/analisa/catatan Anda terhadap konten Bab tersebut. Lengkapi dengan : Nama Lengkap (Kode Peserta) pada bagian atas.





64 komentar:

  1. Caesar Antonius
    (@N05-CAESAR)
    "Larutan Asam Basa "
    Menurut saya larutan asam adalah senyawa kimia yang kalau di larutkan ke dalam air akan menghasilkan ph di bawah <7 dan zat yang dapat memberikan proton ke zat lain , sedangkan basa mempunyai ph lebih besar dari >7 dan akan terurai jika dilarutkan ke udara dan sifatnya dapat menghantarkan arus listrik.
    Sekian dan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Sifat larutan asam :
      -memiliki rasa masam
      -Dapat mengubah lakmus biru menjadi merah
      Sifat larutan basa :
      -Terasa licin jika disetujui kulit
      -Dapat mengubah lakmus merah menjadi biru
      Sumber by : https://www.pelajaran.co.id/2018/06/pengertian-sifat-dan-contoh-larutan-asam-basa-dan-garam-terlengkap.html

      Hapus
  2. MUHAMMAD FATHAN FADILAH (@N10-FATHAN)
    Molaritas adalah suatu larutan yang menyatakan suatu zat mol perliter. Yang memiliki rumus M=gr/mr x 1000/gr pelarut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umumnya konsentrasi larutan berair encer dinyatakan dalam satuan molar. Keuntungan menggunakan satuan molar adalah kemudahan perhitungan dalam stoikiometri, karena konsentrasi dinyatakan dalam jumlah mol (sebanding dengan jumlah partikel yang sebenarnya). Kerugian dari penggunaan satuan ini adalah ketidaktepatan dalam pengukuran volum. Selain itu, volum suatu cairan berubah sesuai temperatur, sehingga molaritas larutan dapat berubah tanpa menambahkan atau mengurangi zat apapun.
      sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Molaritas

      Hapus
  3. SAHLEVI ARIPUTRA (@N09-SAHLEVI)
    Minyak Bumi merupakan hasil tambang dalam tanah yang sangat dibutuhkan oleh SDM untuk kendaraan kehidupan sehari hari,seperti premium dan pertamax.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minyak bumi memiliki beberapa keuntungan saat di kelola diantaranya adalah :

      1.Pengelolahan dari minyak bumi dan gas alam sebenarnya dilakukan dengan beberapa cara yang sangat ringan dibandingkan dengan pengelolahan yang dilakukan untuk sumber daya lain uang juga memiliki pengaruh besar untuk kehidupan manusia.

      2.Minyak bumi sebenarnya sangat mudah dalam proses pendistribusian sehingga sumber pengelolahan dari pusat pengolalah dilakukan degan jaringan pipa yang kemudaian ditanamkan dalam pusat pengelolah yang kusus. Agar berbeda dengan sistem pengolahand ari sumber daya yang lain.

      3.Minyak bumi sebenarnya memiliki manfaat dalam pembangaun pembangkit tenaga listirk karena memiliki sitem penyaluran bahan bakar yang cukup ringan dan juga cukup cepat serta dalam proses yang mudah. Bahkan dalam sistem untuk pembangkit tenag listirk bisa dipasangan dikasawan manapun.

      Walaupun sangat banyak keuntungannya ada beberapa kerugian dair pengelolahan bahan bakar diantaranya adalah :

      1.Sumber daya minyak bumi dan gas memerlukan waktu yang cukup lama dalamproses membentuknya kembali. Karena minyak bumi sebenarnya memiliki sifat sekalo pakai yang tidak baik. Sehingga sumber minyak bumi bisa habis kapanpun.

      2.Dalam proses pengelolahan bisanya
      menimbulkan beberapa efek buruk untuk kesehatan dan mebuat pemanasan global karena menimbulkan polusi dan pencemaran.

      http://yalinissanodhika.blogspot.com/2016/11/materi-kimia-kelas-xi-kurikulum-2013.html?m=1

      Hapus
  4. Muhammad Fikri Aditya ( @N06-FIKRI )
    Atom merupakan partikel paling terkecil. Atom di bagi menjadi beberapa model atom, yaitu :
    1. Atom Thompson, berbentuk seperti roti kismis (bola padat yang bermuatan positif dengan elektron tersebar didalamnya.
    2. Atom Rutherford, inti atom bermuatan positif dan di kelilingi oleh elektron.
    3. Atom Bohr, inti atom mengandung proton dan neutron dan di kelilingi elektron yang berputar dalam orbitnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Atom Thompson, Berdasarkan hasil penelitian oleh Thomson. Model atom thomson digambarkan sebagai roti kismis atau bola pejal layaknya bola billiar. Dimana, inti bola yang berwarna kuning sebagai muatan positif dan bola kecil berwarna hijau sebagai muatan negatif yang menyebar merata di sekitar muatan positif.
      Walaupun J.J Thomson mampu menemukan muatan negatif atau elektron yang tersebar disekitar struktur atom.
      2. Atom Rutherford, Berdasarkan hasil percobaan yang didapatkan oleh Rutherford dan beserta kedua muridnya. Rutherford pun menyatakan bahwa : struktur atom tersusun dari inti atom yang bermuatan positif sebagai pusat massa dan dikelilingi elektron-elektron yang bermuatan negatif yang mengitari inti atom.
      3. Atom Bohr, Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukannya. Bohr pun mengemukakan teori yang di milikinya yang menyebutkan bahwa elektron yang bermuatan negatif berputar mengengelilingi inti atom yang bermuatan atom positif pada jalur lintasanya tersendiri. Dan setiap lintasan elektron yang memiliki orbitnya tersendiri memiliki kekuatannya elektronnya tersendiri.
      Dengan elektron terluar merupakan elektron yang paling mudah lepas atau berpindah. Sedangkan, elektron yang paling dekat dengan inti merupakan elektron yang paling sulit untuk berpindah.
      Sumber = https://enjiner.com/struktur-atom/

      Hapus
  5. Dymas Nurbayu Yulianto
    (@N02-DYMAS)
    "Oksigen"
    Oksigen atau zat asam adalah unsur kimia yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oksigen atau zat asam adalah unsur kimia yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. Dalam tabel periodik, oksigen merupakan unsur nonlogam golongan VIA (kalkogen) dan dapat dengan mudah bereaksi dengan hampir semua unsur lainnya (utamanya menjadi oksida). Pada temperatur dan tekanan standar, dua atom oksigen berikatan menjadi O2 (dioksigen), gas yang tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau. Oksigen merupakan unsur paling melimpah ketiga di alam semesta berdasarkan massa (setelah hidrogen dan helium)[1] dan unsur paling melimpah di kerak Bumi.[2] Berdasarkan volume, 20,9% atmosfer bumi adalah oksigen.[3]. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Oksigen

      Hapus
  6. ADETHA MUHAMMAD DZULFAQAR (@N11-ADETHA)

    Kimia pada dasarnya adalah materi dengan bagian yang mempunyai sifat dan susunan yang sama. Ada tiga bentuk zat kimia yaitu, yang paling sederhana ada unsur,contoh dari unsur yaitu hidrogen. Yang kedua ada senyawa, senyawa merupakan gabungan beberapa unsur yang menjadi reaksi kimia seperti air (H2O) yang merupakan senyawa yang terbentuk dari hidrogen dan oksigen. Dan yang ketiga ada campuran,campuran adalah hasil penggabungan dari beberapa zat tanpa terjadinya reaksi kimia sebagai contoh yaitu campuran pasir dan air.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merdeka.com - Tahukah kamu apa saja yang termasuk zat kimia? Zat kimia pada dasarnya adalah materi yang seluruh bagiannya mempunyai sifat dan susunan yang sama. Sebagian besar zat-zat kimia yang kita jumpai di alam berada dalam bentuk senyawa, walaupun ada juga yang berada dalam bentuk unsur atau campuran. Nah, kali ini, yuk kita belajar lebih dalam tentang ketiganya. Yang pertama adalah unsur. Unsur adalah zat yang paling sederhana dari materi. Unsur nggak bisa diuraikan lagi menjadi zat-zat yang lebih sederhana. Sampai saat ini, unsur-unsur yang sudah diketahui sebanyak 116 unsur. Sebagian besar ditemukan di alam walaupun ada juga yang berasal dari hasil sintesis di laboratorium. Contoh-contoh unsur, misalnya xenon, hydrogen, dan natrium.

      Yang kedua adalah senyawa. Senyawa adalah zat-zat yang terbentuk dari unsur-unsur melalui suatu reaksi kimia. Sifat-sifat suatu senyawa sangat berbeda dengan sifat-sifat unsur pembentuknya. Seperti air (H2O) merupakan senyawa yang terbentuk dari unsur-unsur hidrogen dan oksigen. Akan tetapi sifat air tidaklah sama dengan sifat hidrogen dan oksigen. Air berwujud cair, sedangkan hidrogen dan oksigen berwujud gas pada suhu kamar. Gas hidrogen sangat mudah terbakar, tapi saat sudah menjadi air, ia mustahil terbakar. Sangat menarik, kan?

      Yang ketiga adalah campuran. Campuran adalah hasil penggabungan dari beberapa zat-zat tanpa terjadinya reaksi kimia. Suatu campuran dapat dipisahkan dengan beberapa cara, misalnya:

      filtrasi (penyaringan) kristalisasi (penghabluran) destilasi (penyulingan) ekstraksi (penyarian) adsorpsi (penyerapan) kromatografi (pemisahan zat-zat warna)

      Itulah 3 jenis zat kimia yang ada di dunia. Kamu juga bisa menemukan zat-zat itu kalau suatu saat kamu punya kesempatan untuk meneliti angkasa luar.

      https://www.google.com/amp/s/m.merdeka.com/amp/pendidikan/3-bentuk-zat-kimia-yang-ada-di-bumi-ada-apa-saja.html

      Hapus
  7. SATRIA AJI SURYA(@N15-SATRIA)
    LAJU REAKSI
    Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi ada 4 faktor yaitu
    1. Tekanan
    2. Suhu
    3. Luas permukaan
    4. Konsentrasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laju Reaksi
      Pengertian Laju Reaksi
      Laju reaksi adalah perubahan konsentrasi dari reaktan ataupun produk per satu satuan waktu. Rumus laju reaksi (v) yaitu:



      rumus laju reaksiTanda negatif pada laju perubahan konsentrasi reaktan A dan B (reaktan) ditujukan agar nilainya positif, sebagaimana laju reaksi adalah besaran yang nilainya harus selalu positif. Satuannya adalah M s-1 atau mol L-1 s-1.

      Teori Tumbukan
      Teori tumbukan menyatakan bahwa partikel-partikel reaktan harus saling bertumbukan untuk bereaksi. Tumbukan antar partikel reaktan yang berhasil menghasilkan reaksi disebut tumbukan efektif. Energi minimum yang harus dimiliki oleh partikel reaktan untuk bertumbukan efektif disebut energi aktivasi (Ea). Pada dasarnya, laju reaksi bergantung pada:



      1. Orientasi (arah) tumbukan partikel
      Pada reaksi umumnya, partikel harus dalam orientasi yang tertentu ketika bertumbukan agar tumbukan yang terjadi efektif menghasilkan reaksi. Sebagai contoh, perhatikan beberapa tumbukan yang mungkin terjadi antara molekul gas NO dan molekul gas NO3 dalam reaksi:

      NO(g) + NO3(g) → 2NO2(g)

      ilustrasi tumbukanIlustrasi pentingnya orientasi dari tumbukan
      (Sumber: Silberberg, Martin S. 2009. Chemistry: The Molecular Nature of Matter and Change (5th edition). New York: McGraw Hill)

      2. Frekuensi terjadinya tumbukan partikel
      Semakin sering terjadinya tumbukan partikel (frekuensi tumbukan tinggi) maka semakin besar peluang terjadinya tumbukan efektif sehingga laju reaksi juga menjadi semakin cepat.

      3. Energi partikel reaktan yang bertumbukan
      Energi partikel reaktan yang bertumbukan harus melampaui energi aktivasi, yakni energi penghalang terjadinya reaksi, sehingga reaksi dapat terjadi. Bila energi aktivasi semakin rendah, maka laju reaksinya akan semakin cepat.

      Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi antara lain:

      1. Konsentrasi Reaktan
      Semakin tinggi konsentrasi reaktan, semakin banyak jumlah partikel reaktan yang bertumbukan, sehingga semakin tinggi frekuensi terjadinya tumbukan dan lajunya meningkat. Sebagai contoh, dalam reaksi korosi besi di udara, laju reaksi korosi besi lebih tinggi pada udara yang kelembabannya lebih tinggi (konsentrasi reaktan H2O tinggi)


      2. Wujud Fisik Reaktan
      Jika reaktan yang bereaksi dalam wujud fisik (fasa) yang sama, semuanya gas atau semuanya cair, maka tumbukan antar partikel didasarkan pada gerak acak termal dari partikel. Jika reaktan yang bereaksi berbeda wujud fisik (fasa), tumbukan yang efektif hanya terjadi pada bagian antarfasa. Jadi, reaksi dengan reaktan-reaktan berbeda fasa dibatasi oleh luas permukaan kontak reaktan. Oleh karena itu, semakin luas permukaan kontak reaktan per unit volum, maka semakin tinggi frekuensi terjadinya tumbukan partikel reaktan dan laju reaksi meningkat.

      3. Temperatur
      Semakin tinggi temperatur maka semakin tinggi energi kinetik dari partikel reaktan, sehingga frekuensi tumbukan dan energi tumbukan meningkat. Oleh karena itu, semakin tinggi temperatur, laju reaksi juga semakin cepat.

      4. Keberadaan Katalis
      Katalis adalah zat yang dapat mempercepat laju reaksi, tanpa terkonsumsi di dalam reaksi tersebut.

      Referensi
      – Brown, Theodore L. et al. 2015. Chemistry: The Central Science (13th edition). New Jersey: Pearson Education, Inc.
      – Chang, Raymond. 2010. Chemistry (10th edition). New York: McGraw Hill
      – Purba, Michael. 2006. Kimia 2A untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
      – Silberberg, Martin S. 2009. Chemistry: The Molecular Nature of Matter and Change (5th edition). New York: McGraw Hill

      Artikel: Laju Reaksi Kimia
      Kontributor: Nirwan Susianto, S.Si.
      Alumni S1 Kimia UI

      Materi StudioBelajar.com

      Hapus
  8. NI WAYAN ANDINI PITALOKA (@N20-WAYAN)


    Kimia biasanya berhubungan dengan partikel-partikel dan zat-zat yang tidak terlihat yang hanya bisa dipelajari dengan ilmu kimia

    - Asam basa
    Asam dengan pH dibawah 7. untuk mengujinya gunakan kertas lakmus, tetesi cairan dikertas lakmus merah (tetap berwarna merah) dikertas lakmus biru (akan berwarna merah), artinya cairan tersebut asam.

    Sedangkan basa diatas pH 7. Untuk mengujinya juga menggunakan kertas lakmus. Tetesi cairan diatas lakmus merah (akan berubah warna biru),lakmus biru (tetap berwarna biru), artinya cairan basa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan banyak sedikitnya ion H+ yang dihasilkan, larutan asam dibedakan menjadi dua macam sebagai berikut.

      1). Asam Kuat
      Asam kuat yaitu senyawa asam yang dalam larutannya terion seluruhnya menjadi ion-ionnya.

      2). Asam Lemah
      Asam lemah yaitu senyawa asam yang dalam larutannya hanya sedikit terionisasi menjadi ion-ionnya.

      Larutan basa dibedakan menjadi:

      1). Basa Kuat

      Basa kuat yaitu senyawa basa yang dalam larutannya terion seluruhnya menjadi ion-ionnya.

      2.). Basa Lemah

      Basa lemah yaitu senyawa basa yang dalam larutannya hanya sedikit terionisasi menjadi ion-ionnya.

      Contoh larutan:

      Asam kuat = HCl, HBr, HI, H2SO4, HClO4, HClO3, HNO3
      Basa

      Basa kuat = golongan IA dan IIA
      Basa lemah = semua basa kecuali golongan IA dan IIA


      Sumber: https://zammiluniblog.wordpress.com/kimia-kelas-xi/semester-2-3/asam-dan-basa/

      https://bisakimia.com/2018/03/21/materi-asam-basa-sma-ringkas/

      Hapus
  9. Satria Hotma Hizkia (@N19-Satria)
    Saya hanya paham sedikit beberapa materi
    seperti:
    *Konfigurasi Elektron 1s 2s
    *Teori Atom dan model model atom seingat saya ada atom Bohr,Atom Dalton, Atom Rutherford
    *Hapalan Tabel Periodik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konfigurasi elektron adalah susunan elektron berdasarkan kulit atau orbital dari suatu atom
      https://blog.ruangguru.com/konfigurasi-elektron-dan-diagram-orbital

      Teori atom dalton
      Senyawa terbentuk dari kombinasi atom-atom dari unsur-unsur yang berbeda dengan rasio atom yang spesifik.
      Teari atom Bohr
      Bohr menyatakan bahwa elektron-elektron bermuatan negatif bergerak mengelilingi inti atom bermuatan positif pada jarak tertentu yang berbeda-beda seperti orbit planet-planet mengitari matahari.
      https://www.studiobelajar.com/teori-atom/

      Hapus
  10. May Rose Indah Pratiwi Tedjo(
    @N21-MAY )

    PH:
    PH berfungsi untuk menentukan tingkat keasaman suatu larutan,PH ada yang asam dan ada yang basa, asam memiliki PH kurang dari 7 dan basa memiliki PH lebih dari 7

    BalasHapus
    Balasan

    1. PH adalah derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman yang dimiliki oleh suatu larutan.
      Asam dalam pelajaran kimia adalah senyawa kimia yang bila dilarutkan dalam air akan menghasilkan larutan dengan pH lebih kecil dari 7. asam adalah suatu zat yang dapat memberi proton (ion H+) kepada zat lain (yang disebut basa), atau dapat menerima pasangan elektron bebas dari suatu basa. Contoh asam : jeruk nipis, lemon, dan tomat. Ciri - ciri : - Rasanya asam
      Basa adalah senyawa kimia yang menyerap ion hidronium ketika dilarutkan dalam air. Basa memiliki pH lebih besar dari 7. Contoh basa : sabun mandi, sabun cuci, sampo, pasta gigi, pupuk. Ciri - ciri : - Rasanya pahit
      Suatu larutan dikatakan netral apabila memiliki nilai pH=7. Nilai pH>7 menunjukkan larutan memiliki sifat basa, sedangkan nilai pH<7 menunjukan keasaman.
      Alat untuk mengukur skala keasaman atau pH adalah pH meter dan kertas lakmus. Skala pHnya adalah antara 0-14. Jika memakai kertas lakmus, maka zat yang bersifat asam mengubah lakmus biru menjadi merah dan zat yang bersifat basa mengubah lakmus merah menjadi biru.
      Sumber: https://id.m.wikibooks.org/wiki/Subjek:Kimia/Materi:Asam,_Basa,_Garam
      https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/kikik/derajat-keasaman-ph_55003ddca333111e7351026a

      Hapus
  11. Adrian Rahadi (@N16-ADRIAN)

    Korosi
    yaitu merupakan peristiwa perusakan logam oleh terjadinya reaksi kimia dengan zat zat yang ada di lingkungan.
    contoh contoh korosi yaitu karat pada besi, pudarnya warna mengkilap pada perak.

    faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi yaitu
    1. Kadar pH <7 atau kadar asam nya tinggi korosi akan cepat terjadi

    2. Suhu, semakin tinggi maka semakin cepat juga terjadi korosi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus

    2. pengertian korosi secara umum adalah rusaknya benda-benda logam yang disebabkan oleh pengaruh lingkungan. Proses korosi dapat dijelaskan secara elektrokimia lho, misalnya pada proses perkaratan besi yang membentuk oksida besi. Secara elektrokimia, proses perkaratan besi adalah peristiwa teroksidasinya logam besi oleh oksigen yang berasal dari udara.





      Korosi pada besi terjadi karena kontak dengan air. Pada besi tersebut ada yang menjadi anode dan ada yang menjadi katode. (Sumber: http://schoolbag.info)





      Berdasarkan nilai potensial reaksinya,besi merupakan logam yang mudah mengalami korosi. Logam-logam lain yang mempunyai nilai potensial elektrode lebih besar dari 0,4 V akan sulit mengalami korosi, sebab dengan potensial tersebut akan menghasilkan Eoreaksi < 0 (negatif) ketika kontak dengan oksigen di udara. Logam-logam perak, platina, dan emas mempunyai potensial elektrode lebih besar dari 0,4 V sehingga sulit mengalami korosi.

      Faktor penyebab korosi / yang mempercepat korosi

      1. Air dan kelembaban udara

      Dilihat dari reaksi yang terjadi pada proses korosi, air merupakan salah satu faktor penting untuk berlangsungnya korosi. Udara lembab yang banyak mengandung uap air akan mempercepat berlangsungnya proses korosi.

      2. Elektrolit

      Elektrolit (asam atau garam) merupakan media yang baik untuk terjadinya transfer muatan. Hal ini mengakibatkan elektron lebih mudah untuk diikat oleh oksigen di udara. Air hujan banyak mengandung asam, sedangkan air laut banyak mengandung garam. Oleh karena itu air hujan dan air laut merupakan penyebab korosi yang utama.

      3. Permukaan logam yang tidak rata

      Permukaan logam yang tidak rata memudahkan terjadinya kutub-kutub muatan, yang akhirnya akan berperan sebagai anode dan katode. Permukaan logam yang licin dan bersih akan menyebabkan korosi sulit terjadi, sebab kutub-kutub yang akan bertindak sebagai anode dan katode sulit terbentuk.

      4. Terbentuknya sel elektrokimia

      Jika dua logam yang berbeda potensial bersinggungan pada lingkungan berair atau lembab, dapat terbentuk sel elektrokimia secara langsung. Logam yang potensialnya lebih rendah akan segera melepaskan elektron ketika bersentuhan dengan logam yang potensialnya lebih tinggi, serta akan mengalami oksidasi oleh oksigen dari udara. Hal tersebut mengakibatkan korosi lebih cepat terjadi pada logam yang potensialnya rendah, sedangkan logam yang potensialnya tinggi justru lebih awet. Sebagai contoh, paku keling yang terbuat dari tembaga untuk menyambung besi akan menyebabkan besi di sekitar paku keling tersebut berkarat lebih cepat.

      Sumber referensi : https://blog.ruangguru.com/pengertian-korosi-dan-faktor-penyebabnya

      Hapus
  12. Alfina Septiyadevi
    (@N12-ALFINA)
    Hukum Faraday 1
    W= e.i.t / F
    Keterangan :
    W= massa zat (gram)
    e= berat ekuivalen zat (ar/muatan)
    I= kuat arus (ampere)
    t= waktu (sekon)
    F= nilai faraday, 1F=96500

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prinsip dasar hukum faraday =
      1.Dalam sel elektrokimia,massa zat yang diendapkan pada suatu elektrode sebanding dengan besarnya muatan listrik yang terlibat didalam sel.
      2.Massa ekuivalen zat yang diendapkan pada elektrode akan setara dengan muatan listrik yang dialirkan ke dalam sel.
      Sumber : https://ardra.biz/sain-teknologi/ilmu-kimia/hukum-faraday-pada-reaksi-sel-elektrokimia-elektrolisis/

      Hapus
  13. Yoga Andhinova (@N03-YOGA)
    Larutan elektrolit adalah larutan yang terurai kedalam ion dan selanjutnya dapat menghantarkan listrik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik, memberikan gejala berupa menyalanya lampu pada alat uji atau timbulnya gelembung gas dalam larutan. Sedangkan larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik, sebabnya karena larutan tidak dapat menghasilkan ion-ion.
      Sumber
      (https://blog.ruangguru.com)

      Hapus
  14. wildan Bagus Purnomo @N13-WILDAN
    Asam memiliki ph dibawah 7 dan mampu menghantarkan arus listrik. Dengan menggunakan anoda dan katoda apabila larutan asam dicampurkan kesitu akan menghasilkan gelembung-gelembung yang dinamakan elektrolit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wildan Bagus Purnomo @N13-WILDAN
      Mengapa asam bersifat elektrolit? Kita ambil contoh cuka yang mempunya sifat elektrolit yang lemah, nah mengapa demikian? Suatu larutan tersebut akan mengahantarkan arus listrik kemudian didalam larutan tersebut akan terjadi ionisasi. Semakin banyak ion yang dihasilkan dalam larutan elektrolit semakin besar pula daya hantar listriknya. Zat yang didalam ionisasi itu akan terurai menjadi partike – partikel yang bermuatan listrik positif (ion positif kation) dan bermuatan listril negatif (ion positif anion).

      Sumber: http://gurupintar.com/threads/mengapa-asam-bersifat-elektrolit.647/

      Hapus
  15. Muhammad Arifin (@N14-ARIFIN)
    Asam dan basa kuat
    Asam dan basa kuat adalah asam dan basa yang dapat terionisasi secara sempurna di dalam air. Karena mampu terionisasi dengan sempurna, maka asam dan basa kuat termasuk elektrolit kuat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Asam kuat
      asam kuat merupakan senyawa elektrolit kuat. Didalam air, senyawa ini dapat menghasilkan ion H+ secara sempurna, yaitu seluruh molekul asam membentuk ion. maka PH yang dihasilkan oleh asam kuat akan jauh lebih rendah dibandingkan PH yang dihasilkan oleh asam lemah pada konsentrasi yang sama. Hal ini terjadi karena konsentrasi ion H+ dari asam kuat jauh lebih banyak dibandingkan konsentrasi ion H+ dari asam lemah.
      Basa Kuat
      Basa kuat merupakan senyawa elektrolit kuat. Di dalam air, senyawa ini menghasilkan ion OH– secara sempurna yaitu seluruh molekul basa membentuk ion . Dalam penulisan ionisasi basa kuat, digunakan satu anak panah yang menunjuk ke arah yang menyatakan bahwa seluruh basa kuat terionisasi.
      Sumber : https://jempolkimia.com/2018/11/09/rumus-asam-kuat-dan-basa-kuat/

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Oky Maulana (N07-OKY)
    Untuk mencari massa molekul relatif (Mr) menggunakan rumus : jumlah atom x ar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Massa molekul relatif (Mr) dibentuk dari gabungan 2 atom atau lebih yg memiliki massa atom relatif (Ar) dengan rumus : jumlah atom x massa atom relatif (Ar) contoh : tentukan Mr NH3 : diketahui Ar N : 14, Ar H :1 maka jumlah Mr nya : ( 1x14 + 3x1 ) : Mr NH3: 17
      Sumber :https://www.kimiamath.com/post/massa-molekul-relatif-mr-senyawa

      Hapus
  18. Ardy Triananda (@N08-ARDY)
    Menurut saya larutan basah yang dapat terionisasi oleh udara dan sifatnya dapat menghantarkan arus listrik dengan Ph lebih dari 7

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengertian Basa
      Basa ialah zat(senyawa) yang bisa beraksi dengan asam, menghasilkan senyawa yang disebut garam. Sedangkan basa yaitu suatu zat-zat yang bisa menetralkan asam. Secara kimia, asam dan basa saling berlawanan. Sifat basa pada umumnya ditunjukkan dari rasa pahit dan licin.
      Sumber:https://www.gurupendidikan.co.id/asam-basa-dan-garam/

      Hapus
  19. SHABILLA MAHARANI WIYANA (@N18-SHABILLA)
    “Laju Reaksi”
    Laju reaksi merupakan suatu reaksi kimia yg terjadi karena tiap reaksi kimia mengalami laju terbatas pada suatu keadaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Faktor yg mempengaruhi laju reaksi:
      1. Konsentrasi reaktan
      2. Suhu
      3. Tekanan
      4. Keberadaan Katalis
      5. Luas Permukaan Sentuh

      Rumus laju reaksi:
      a. berkurangnya jumlah pereaksi per satuan waktu dengan r = laju reaksi, – d[R] = berkurangnya reaktan (pereaksi), dan dt = perubahan waktu.

      b. bertambahnya jumlah produk per satuan waktu dengan +Δ[P] = bertambahnya konsentrasi produk (hasil reaksi).
      Sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/laju-reaksi/

      Hapus
  20. ROMA WIBERO (@N04-ROMA) Pembelajaran KIMIA yang dapat saya dalamkan teori asam basa,Asam itu merupakan zat(senyawa) yang menyebabkan rasa masam sedangkan basa artinya zat(senyawa) yang bisa beraksi dengan asam yang menghasilkan senyawa desibut garam. Dapat saya jelaskan asam dan basa ini dalam ilmu kimia saling berlawanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ASAM

      Rasa asam
      Bereaksi dengan beberapa ion logam menghasilkan gas H2
      Bereaksi dengan bikarbonat menghasilkan gas CO2
      Bersifat korosif
      pH kurang dari 7
      mengubah kertas lakmus biru/merah menjadi merah
      BASA

      Rasa pahit dan licin
      pH lebih dari 7
      mengubah kertas lakmus merah/biru menjadi biru
      Ada 3 teori asam-basa

      ARHENIUS
      Asam = zat yang jika dilarutkan kedalam air akan menghasilkan ion H+
      Contoh : HCl -> H+ + Cl–

      H2S -> 2H+ + S2-

      Basa = zat yang jika dilarutkan kedalam air akan menghasilkan ion OH–
      Contoh : LiOH -> Li+ + OH–

      Mg(OH)2 -> Mg2+ + 2OH–

      Kelemahan teori ARHENIUS = tidak semua senyawa asam memiliki atom Hidrogen dan tidak semua basa memiliki atom Oksigen dan Hidrogen.



      BRONSTED-LOWRY
      Asam = Donor / pemberi proton (H+)
      Basa = Akseptor / penerima proton (H+)
      Reaksi harus terjadi secara bersamaan.

      Contoh : HCl + NH3 ↔ Cl– + NH4+

      HCl bersifat asam, karena mendonorkan H+ nya sehingga terbentuk Cl– (basa konjugasi). Dan NH3 bersifat basa, karena menerima ion H+ dari HCl, sehingga terbentuk NH4+ (asam konjugasi).

      Kelemahan teori BRONSTED-LOWRY = tidak semua senyawa asam memiliki ion H+ .
      https://bisakimia.com/2018/03/21/materi-asam-basa-sma-ringkas/

      Hapus
  21. FIRSTA FAUZYAH(P23-FIRSTA)
    Teori yang saya dapat saat di SMA yaitu, stoikiometri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stoikiometri didasarkan pada hukum-hukum dasar kimia, yaitu hukum kekekalan massa, hukum perbandingan tetap, dan hukum perbandingan berganda. Stoikiometri diilustrasikan melalui gambar berikut, dengan persamaan reaksi setara:

      CH4 + 2 O2 → CO2 + 2 H2O.
      Di sini, satu molekul metana bereaksi dengan dua molekul gas oksigen untuk menghasilkan satu molekul karbon dioksida dan dua molekul air. Persamaan kimia khusus ini adalah contoh pembakaran sempurna. Stoikiometri mengukur hubungan kuantitatif ini, dan digunakan untuk menentukan jumlah produk dan reaktan yang diproduksi atau dibutuhkan dalam reaksi yang diberikan. Menggambarkan hubungan kuantitatif antara zat-zat ketika mereka berpartisipasi dalam reaksi kimia dikenal sebagai stoikiometri reaksi. Dalam contoh di atas, stoikiometri reaksi mengukur hubungan antara metana dan oksigen ketika mereka bereaksi membentuk karbon dioksida dan air.

      Hapus
    2. Dalam ilmu kimia, stoikiometri (/ˌstɔɪkiˈɒmᵻtri/) adalah ilmu yang mempelajari dan menghitung hubungan kuantitatif dari reaktan dan produk dalam reaksi kimia (persamaan kimia). Kata ini berasal dari bahasa Yunani kuno στοιχεῖον stoicheion "elemen" dan μέτρον metron "pengukuran. Dalam bahasa Yunani patristik, kata Stoichiometria digunakan Nikephoros untuk merujuk pada jumlah baris dari Perjanjian Baru kanonik dan beberapa Apokrifa.

      Stoikiometri didasarkan pada hukum-hukum dasar kimia, yaitu hukum kekekalan massa, hukum perbandingan tetap, dan hukum perbandingan berganda. Stoikiometri diilustrasikan melalui gambar berikut, dengan persamaan reaksi setara:

      CH4 + 2 O2 → CO2 + 2 H2O.
      Di sini, satu molekul metana bereaksi dengan dua molekul gas oksigen untuk menghasilkan satu molekul karbon dioksida dan dua molekul air. Persamaan kimia khusus ini adalah contoh pembakaran sempurna. Stoikiometri mengukur hubungan kuantitatif ini, dan digunakan untuk menentukan jumlah produk dan reaktan yang diproduksi atau dibutuhkan dalam reaksi yang diberikan. Menggambarkan hubungan kuantitatif antara zat-zat ketika mereka berpartisipasi dalam reaksi kimia dikenal sebagai stoikiometri reaksi. Dalam contoh di atas, stoikiometri reaksi mengukur hubungan antara metana dan oksigen ketika mereka bereaksi membentuk karbon dioksida dan air.

      https://id.m.wikipedia.org/wiki/Stoikiometri

      Hapus
  22. AULIYAH PERTIWI (@P02-AULIYAH)

    Pada masa SMA saya belajar kimia dan menguasai materi atom, atom yaitu suatu partikel yang paling kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atom adalah suatu satuan dasar materi, yang terdiri atas inti atom serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya. Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif, dan neutron yang bermuatan netral (kecuali pada inti atom Hidrogen-1, yang tidak memiliki neutron). Elektron-elektron pada sebuah atom terikat pada inti atom oleh gaya elektromagnetik. Sekumpulan atom demikian pula dapat berikatan satu sama lainnya, dan membentuk sebuah molekul. Atom yang mengandung jumlah proton dan elektron yang sama bersifat netral, sedangkan yang mengandung jumlah proton dan elektron yang berbeda bersifat positif atau negatif dan disebut sebagai ion. Atom dikelompokkan berdasarkan jumlah proton dan neutron yang terdapat pada inti atom tersebut. Jumlah proton pada atom menentukan unsur kimia atom tersebut, dan jumlah neutron menentukan isotop unsur tersebut.

      https://id.m.wikipedia.org/wiki/Atom

      Hapus
  23. Rachmatika A.A (@P18-anantia)

    Pelajaran kimia yang saya dapatkan yaitu
    Asam basa, asam memiliki ph dibawah 7 dan dapat menghantarkan listrik, sedangkan basa memiliki ph di atas 7.
    Asam dan basa apabila di gabungkan dapat menjadi garam. Asam dapat mengubah kertas lakmus merah/biru menjadi merah, sedangkan basa dapat mengubah kertas lakmus merah/biru menjadi biru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengertian Asam dan Basa Kimia | Asam dan basa adalah dua senyawa kimia yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Pengertian asam adalah suatu zat yang bila dilarutkan ke dalam air akan menghasilkan ion hidronium (H+). Asam umumnya adalah senyawa kovalen dan akan bersifat asam bila sudah larut ke dalam air. Contohnya, gas hidrogen klorida bukan merupakan asam, tetapi bila sudah dilarutkan ke dalam air akan menghasilkan ion H+. Dipandang dari jumlah ion yang dihasilkan, jenis asam dibedakan menjadi asam kuat dan asam lemah. Asam kuat adalah asam yang mudah terionisasi dan banyak menghasilkan ion H+ dalam larutannya. Sedangkan, asam lemah adalah asam yang sedikit terionisasi dan menghasilkan sedikit ion H+ dalam larutannya. Contoh asam kuat antara lain HCl. HBr, HI, H2SO4 HNO3, dan HClO4.


      Sedangkan, pengertian basa adalah suatu senyawa yang di dalam air (larutan) dapat menghasilkan ion OH-. Umumnya basa terbentuk dari senyawa ion yang mengandung gugus hidroksida (OH-) di dalamnya. Amonia (NH3) meskipun merupakan suatu senyawa kovalen, tetapi di dalam air termasuk senyawa basa, sebab setelah dilarutkan ke dalam air dapat menghasilkan ion OH-. Berdasarkan daya hantar listriknya, jenis basa dibedakan ke dalam basa kuat dan basa lemah. Basa kuat adalah basa yang terionisasi sempurnya, contohnya KOH, NaOH, Ba(OH)2, dan Ca(OH)2. Sedangkan, basa kuat adalah basa yang hanya sedikit terionisasi dalam air, contohnya NH3 dan Al(OH)3.

      https://pengertianahli.id/2014/01/pengertian-asam-dan-basa-kimia.html

      Hapus
  24. Viviancho Samosir P (@P24-VIVIANCHO)

    Laju reaksi merupakan
    Perubahan konsentrasi reaktan per satuan waktu

    Asam memiliki pH<7, Basa memiliki pH>7, Netral memiliki pH=7, dengan dapat dilakukan dengan percobaan pakai kertas lakmus merah-biru. Dengan melakukan percobaan asam pakai kertas lakmus merah tetap merah - merah menjadi biru, dan percobaan basa pakai kertas lakmus merah menjadi biru - biru tetap biru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asam dalam pelajaran kimia adalah senyawa kimia yang bila dilarutkan dalam air akan menghasilkan larutan dengan pH lebih kecil dari 7. Dalam definisi modern, asam adalah suatu zat yang dapat memberi proton (ion H+) kepada zat lain (yang disebut basa), atau dapat menerima pasangan elektron bebas dari suatu basa. Atau Asam adalah zat (senyawa) yang menyebabkan rasa masam pada berbagai materi. Contoh asam : jeruk nipis, lemon, dan tomat. Ciri - ciri : - Rasanya asam

      - Dapat menimbulkan korosif
      - Mengubah kertas lakmus biru menjadi merah
      - Ph < 7
      - Menghasilkan ion H+
      Jenis larutan asam : - Asam kuat - Asam astrat

      Basa adalah senyawa kimia yang menyerap ion hidronium ketika dilarutkan dalam air. Basa memiliki pH lebih besar dari 7. Atau Basa adalah zat (senyawa) yang dapat bereaksi dengan asam, menghasilkan senyawa yang disebut garam. Contoh basa : sabun mandi, sabun cuci, sampo, pasta gigi, pupuk, obat mag. Ciri - ciri : - Rasanya pahit

      - Terasa licin di kulit
      - Mengubah kertas lakmus merah menjadi biru
      - Menghasilkan OH- dalam air
      Jenis larutan basa : - Basa kuat - Basa lemah

      Hapus
    2. Asam dalam pelajaran kimia adalah senyawa kimia yang bila dilarutkan dalam air akan menghasilkan larutan dengan pH lebih kecil dari 7. Dalam definisi modern, asam adalah suatu zat yang dapat memberi proton (ion H+) kepada zat lain (yang disebut basa), atau dapat menerima pasangan elektron bebas dari suatu basa. Atau Asam adalah zat (senyawa) yang menyebabkan rasa masam pada berbagai materi. Contoh asam : jeruk nipis, lemon, dan tomat. Ciri - ciri : - Rasanya asam

      - Dapat menimbulkan korosif
      - Mengubah kertas lakmus biru menjadi merah
      - Ph < 7
      - Menghasilkan ion H+
      Jenis larutan asam : - Asam kuat - Asam astrat

      Basa adalah senyawa kimia yang menyerap ion hidronium ketika dilarutkan dalam air. Basa memiliki pH lebih besar dari 7. Atau Basa adalah zat (senyawa) yang dapat bereaksi dengan asam, menghasilkan senyawa yang disebut garam. Contoh basa : sabun mandi, sabun cuci, sampo, pasta gigi, pupuk, obat mag. Ciri - ciri : - Rasanya pahit

      - Terasa licin di kulit
      - Mengubah kertas lakmus merah menjadi biru
      - Menghasilkan OH- dalam air
      Jenis larutan basa : - Basa kuat - Basa lemah
      https://id.m.wikibooks.org/wiki/Subjek:Kimia/Materi:Asam,_Basa,_Garam

      Hapus
  25. Nama:Dicky Abdillah Maulana (@P03-Dicky)
    Saya mengetahui unsur oksigen dan asam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oksigen atau zat asam adalah unsur kimia yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. Dalam tabel periodik, oksigen merupakan unsur nonlogam golongan VIA (kalkogen) dan dapat dengan mudah bereaksi dengan hampir semua unsur lainnya (utamanya menjadi oksida). Pada temperatur dan tekanan standar, dua atom oksigen berikatan menjadi O2 (dioksigen), gas yang tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau. Oksigen merupakan unsur paling melimpah ketiga di alam semesta berdasarkan massa (setelah hidrogen dan helium)[1] dan unsur paling melimpah di kerak Bumi.[2] Berdasarkan volume, 20,9% atmosfer bumi adalah oksigen.[3]
      id.m.wikipedia.org/wiki/oksigen

      Hapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Sunu dwi prambudi (@p11-sunu)
    Kimia mempelajari tentang teori atom, larutan elektrolit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Model Teori Atom John Dalton

      John Dalton pada tahun 1803 mengemukakan pendapatnaya tentang atom. Teori atom Dalton didasarkan pada dua hukum, yaitu hukum kekekalan massa (hukum Lavoisier) dan hukum susunan tetap (hukum prouts). Lavosier mennyatakan bahwa “Massa total zat-zat sebelum reaksi akan selalu sama dengan massa total zat-zat hasil reaksi.” Sedangkan Prouts menyatakan bahwa “Perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa selalu tetap.”

      Dari kedua hukum tersebut Dalton mengemukakan pendapatnya tentang atom sebagai berikut:

      Atom merupakan bagian terkecil dari materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi.
      Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil, suatu unsur memiliki atom-atom yang identik dan berbeda untuk unsur yang berbeda.
      Atom-atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana. Misalnya air terdiri atom-atom hidrogen dan atom-atom oksigen.
      Reaksi kimia merupakan pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali dari atom-atom, sehingga atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan.

      Model Teori Atom JJ. Thomson
      J.J. Thomson pada awal 1900an, mengemukakan teori baru tentang atom. Menurutnya di dalam atom terdapat partikel elektron dan proton. Berdasarkan hasil eksperimennya, proton memiliki massa yang jauh lebih besar dibandingkan elektron, sehingga model atom Thomson menggambarkan atom sebagai proton tunggal yang besar.

      Di dalam proton terdapat elektron elektron yang menetralkan adanya muatan positif dari proton. Menurut Thomson, atom terdiri dari suatu bulatan bermuatan positif dengan rapat muatan yang merata.

      Model Atom Rutherford
      Pada tahun 1910 Rutherford bersama dua orang muridnya (Hans Geiger dan Erners Masreden) melakukan percobaan yang dikenal dengan hamburan sinar alfa (λ) terhadap lempeng tipis emas. Dari hasil pengamatannya ditemukan bahwa sebagian besar partikel alfa mampu menembus lembaran emas tanpa dibelokkan.

      https://www.google.com/url?sa=i&source=web&cd=&ved=2ahUKEwixwsae8bPkAhV77XMBHSgaDbkQzPwBegQIARAB&url=https%3A%2F%2Fwww.quipper.com%2Fid%2Fblog%2Fmapel%2Ffisika%2Fpengertian-teori-atom%2F&psig=AOvVaw2gZPtD8vLt87tVIw4JBZ67&ust=1567573701896145

      Larutan elektrolit merupakan larutan yang bisa menghantarkan arus listrik. Dalam larutan elektrolit molekul-molekulnya terurai (terdisosiasi) menjadi partikel-partikel bermuatan listrik positif dan negatif yang disebut dengan ion (ion positif-ion negatif). Ion positif yang dihasilkan dinamakan kation dan ion negatif yang dihasilkan dinamakan anion. Jumlah dari muatan ion positif dan ion negatif akan sama sehingga muatan ion-ion dalam larutan netral. Ion-ion inilah yang kemudian menghantarkan arus listrik.
      https://www.gurupendidikan.co.id/elektrolit/

      Hapus
  28. Aditya Yuwono Pangestu (@P06-ADITYA)
    Unsur adalah suatu zat yang tidak dapat diuraikan menjadi zat yang lebih sederhana. Unsur dibagi 3 yaitu unsur logam,unsur non logam dan unsur semi logam

    BalasHapus
    Balasan
    1. -Logam adalah unsur yang memiliki sifat mengkilap dan umumnya merupakan penghantar listrik dan penghantar panas yang baik.Contoh unsur logam adalah aluminium ( Al), barium (Ba), besi ( Fe), emas ( Au), kalium ( K), kalsium ( Ca)
      -Unsur nonlogam adalah unsur yang tidak memiliki sifat seperti logam. Pada umumnya, unsur-unsur nonlogam berwujud gas dan padat pada suhu dan tekanan normal. Contoh unsur non logam adalah belerang ( S), fosforus ( P), karbon ( C), silikon ( Si), dan iodin ( I)
      -Unsur semi logam Selain unsur logam dan nonlogam ada juga unsur semilogam atau yang dikenal dengan nama metaloid.contoh unsur semi logam adalah boron ( B), silikon ( Si), germanium ( Ge), arsen ( As)
      http://xsact.blogspot.com/2011/12/unsur-logam-non-logam-semi-logam.html?m=1

      Hapus
  29. Ivan Jati Purnomo (@P22-IVAN)
    Yang pernah saya pelajari Tentang Kimia seperti Molekul,Asam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asam adalah molekul atau ion yang dapat memberikan proton (ion hidrogen H+), atau, alternatifnya, dapat membentuk ikatan kovalen dengan pasangan elektron (asam Lewis).[1]

      Hapus
  30. Reaksi kimia dapat menguntungkan ataupun merugikan kita... seperti halnya : besi yang menjadi berkarat, ataupun makanan yang membusuk. Cara yang bisa dilakukan kepada reaksi-reaksi kimia yang merugikan seperti yang disebutkan mungkin hanya sekedar mencegahnya atau hanya memperlambat reaksi kimia yang merugikan tersebut tercipta tetapi pada akhirnya reaksi tersebut tetap tercipta

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.