.

Selasa, 03 Oktober 2017

Materi 6 : Kimia Lingkungan (Bagian Pertama)

Pencemaran Lingkungan
(https://www.papermasters.com)
Kimia lingkungan merupakan bidang ilmu yang mempelajari proses kimia dalam lingkungan yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia.  Dampak tersebut dapat dirasakan pada skala lokal, melalui kehadiran polutan udara di kawasan  perkotaan atau toksik yang timbul dari  limbah kimia yang dibuang kawasan industri, sedangkan  pada skala global, terjadinya  penipisan ozon di lapisan  stratosfir atau pemanasan global.


Berikan komentar, catatan, review terhadap bahan kuliah ini...

48 komentar:

  1. @E07-Lucia
    Kimia lingkungan merupakan studi mengenai sumber, reaksi, pengaruh dan akhir zat kimia dalam tanah, air, dan udara. Dapat juga dikatakan bahwa kimia lingkungan ialah studi tentang gejala kimia di lingkungan sekitar kita. Ahli kimia dapat terlibat dalam pengujian analisis atau pengembangan produk baru di laboratorium, bekerja dengan menggunakan bahan kimia di lapangan, dan bekerja diperkantoran untuk bidang yang berkaitan dengan hukum, peraturan, kebijakan, dan keamanan.

    BalasHapus
  2. @E02-Elvi
    Kimia lingkungan merupakan bidang ilmu yang mempelajari proses kimia dalam lingkungan yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia.Kimia lingkungan adalah cabang ilmu kimia yang berhubungan dengan produksi, transportasi, reaksi, efek, dan nasib zat kimia tertentu yang terpapar dalam air,udara, darat, dan lingkungan biologis,serta bagaimana efeknya terhadap kehidupan manusia (Manahan,2009). Kimia lingkungan merupakan studi mengenai sumber, reaksi, pengaruh dan akhir zat kimia dalam tanah, air, dan udara di sekitar kita. Berbagai upaya telah dirintis dan dikembangkan untuk menekan tingkat pencemaran lingkungan. Konsep zero discharge of wastes perlu mendapat perhatian lebih serius untuk mengembangkan aktivitas dengan tingkat polutan seminimal mungkin. Para ahli kimia lingkungan berupaya memonotor kondisi udara, perairan dan tanah, antara lain untuk mempelajari bagaimana bahan kimia tertentu mengkontaminasi lingkungan baik secara kontak atau sistemik, secara umum dikaji juga bagaimana aktivitas manusia mempengaruhi lingkungan.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. @E17-Nabilla
    kimia lingkungan merupakan studi mengenai sumber,reaksi, pengaruh dan akhir zat kimia dalam tanah,air,udara juga di Kimia lingkungan studi air, gejala kimia di lingkung dan akhir zat dalam tanah, studi tentang bahwa kimia ialah lingkungan adalah cabang bahwa kimia an kita. dengan uksi, trans reaksi, efek, dan ilmu kimia yang berhubungan "nasib" zat kimia tertentu yang terpapar dalam air, udara, darat, dan lingkun- gan biologis, serta Pada tahun muncul peraturan dan perundang-undangan yang diterapkan untuk mengendalikan polusi udara dan air, serta angan untuk me bersihkan limbah berbahaya. Munculnya ketentuan untuk mengelolah terlebih dahulu sebelum lingkungan, telah berhasil mengurangi pencemaran lingkungan.
    Pencemaran lingkungan merupakan efek dari perubahan yang tidak diinginkan dalam lingkungan, yang secara langsung berpengaruh buruk terhadap kondisi tumbuhan, hewan dan manusia. nsi yang menyebabkan pencemaran lingkungan dikenal sebagai polutan, dapat berbentuk padat, cair dan gas. Sebagian besar polutan diproduksi bagai efek samping dari aktivitas manusia. Sebagai catatan, seorang manu- sia rata-rata membutuhkan hampir 12-15 kali lebih banyak udara daripada makanan. Jadi, bahkan sejumlah kecil polutan di udara berdampak makanan nifikan dibandingkan dengan tingkat yang sama yang ada pada Polutan ada yang segera terdegaradasi melalui proses alam.
    Sebagai limbah penyusun lainnya. Sedangkan contoh Sayulall posisi dan bahan plastik, logam berat, berbaga seperti dichlorodiphenyltrichloroethane (DDT), secara alami. Polutan yang bahan kimia dan limbah terdegradasi sulit terdegradasi oleh alam akan berbahaya bagi kehidupan organisme.

    BalasHapus
  5. @E08-wulan

    Bentuk kontaminasi sungai penuh dengan bahan kimia beracun dari proses industri,sungai yang dipenuhi dengan nutrisi dari peternakan, sampah bertiup jauh dari tempat pembuangan sampah, langit kota yang tertutup kabut asap, pembakaran hutan karna pembuatan lahan pertanian baru. Bahkan lanskap yang muncul murni dapat mengalami efek sumber pencemaran terletak ratusan atau ribuan mil jauhnya. Pencemaran yang sering kita rasakan sehari-hari yaitu pencemaran udara, udara yg tercemar karna banyaknya kendaraan menjadikan udara yang kita hirup sudah tidak sehat lagi karna mengandung begitu banyak karbon dioksida. Dari proses penggunaan batu bara dilepaskan sulfur dioksida ke udara yang sifatnya beracun, selain itu menimbulkan pemanasan global dan hujan asam, ditandai dengan peningkatan suhu hujan tidak menentu dan kekeringan terjadi di seluruh dunia, sehingga banyak hewan dan tumbuhan yang mengalami kesulitan untuk melanjutkan hidupnya.

    BalasHapus
  6. @E09-Maulani
    Kimia lingkungan merupakan studi mengenai Sumber, reaksi, pengaruh, dan akhir zat kimia dalm tanah, air, dan udara di sekitar kita. Fokus kimia lingkungan ialah meningkatkan pemahaman dan penelitian mengenai berbagai sifat dan kegiatan manusia yang berkaitan dengan lingkungan dapat dievakuasi secara akurat. Pencemaran lingkungan mmanusia merupakan efek dari perubahan yang tidak diinginkan dalam lingkungan, yang secara langsung berpengaruh buruk terhadap kondisi tumbuhan, hewan dan .

    BalasHapus
  7. D06-rebekka

    Kimia lingkungan adalah studi ilmiah terhadap fenomena kimia dan biokimia yang terjadi di alam . Bidang ilmu ini dapat didefinisikan sebagai studi terhadap sumber, reaksi, transpor, efek, dan nasib zat kimia di lingkungan udara ,
    tanah , dan air; serta efek aktivitas manusia terhadapnya. Kimia lingkungan adalah ilmu antardisiplin yang memasukkan ilmu kimia atmosfer,
    akuatik , dan tanah , dan juga sangat bergantung dengan kimia analitik , ilmu lingkungan, dan bidang-bidang ilmu lainnya.
    Kimia lingkungan pertama kali mempelajari bagaimana cara kerja
    lingkungan yang tak terkontaminasi, zat kimia apa dan berapa konsentrasi yang ada secara alami, dan apa efeknya. Tanpa hal ini, mustahil untuk mempelajari secara akurat efek manusia terhadap lingkungan dengan pelepasan zat kimia.

    BalasHapus
  8. @D28-Selvy
    Kimia lingkungan merupakan studi mengenai sumber, reaksi, pengaruh dan akhir zat kimia dalam tanah, air dan udara disekitar kita. Dapat juga dikatakan bahwa kimia lingkungan ialah studi tentang gejala kimia dilingkungan kita. Definisi lainnya menyebutkan bahwa kimia lingkungan adalah cabang ilmu kimia yang berhubungan dengan produksi, transportasi, reaksi, efek dan "nasib" zat kimia tertentu yang terkapar dalam udara, air, darat dan lingkungan biologis serta bagaimana efeknya terhadap kehidupan manusia. Lingkup kimia lingkungan cukup luas dan interdisipliner, beririsan dengan keilmuan biologi, geologi, ekologi, sedimentologi, mineralogi, genetika, ilmu tanah, kimia air, hidrodrologi, toksikologi, matematika, dan rekayasa. Bidang kimia lingkungan berkembang sangat pesat, terutama karena adanya sinergi antara perguruan tinggi dan lembaga penelitian, dunia dan pemerintah berbagai negara.

    BalasHapus
  9. @D05-Yulia
    Menurut Manahan,2009. Kimia lingkungan adalah cabang ilmu kimia yang berhubungan dengan produksi, transportasi, reaksi, efek dan "nasib" zat kimia tertentu yang terpapar dalam air, udara, darat dan lingkungan biologis, serta bagaimana efeknya terhadap kehidupan manusia. Dampak dari kimia lingkungan dapat dirasakan pada skala lokal. Oleh karena itu pada tahun 1970-an muncul peraturan perundang-undangan guna mengendalikan polusi udara dan air, serta limbah yang dihasilkannya. Pendekatan secara regulasi telah diketahui dapat mengurangi tingkat pencemaran lingkungan dan melakukan pengolahan daur ulang hingga tidak membuang limbah sama sekali demi berlangsungnya kehidupan.

    BalasHapus
  10. @E14-Devi
    Pencemaran adalah peristiwa penyebaran bahan kimia dengan kadar tertentu yang dapat
    merubah keadaan keseimbangan pada daur materi dalam lingkungan (keseimbangan lingkungan) baik keadaan struktur maupun fungsinya sehingga dapat mengganggu kesejahteraan/kelangsungan hidup manusia. Pencemaran lingkungan meliputi pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran tanah (daratan).
    Lingkungan dapat tercemar karena:
    Kecepatan hilangnya senyawa tertentu dari lingkungan lebih besar daripada kecepatan masuknya senyawa pengganti.
    Rusaknya atau putusnya alur siklus biokimia.
    Kecepatan masuknya senyawa ke dalam lingkungan lebih besar daripada kecepatan
    pengambilannya.
    Masuknya senyawa yang tidak terdegredasi ke dalam lingkungan.

    BalasHapus
  11. @D14-Humairoh

    Pada masa ini, pencemaran lingkungan sudah tidak bisa di pungkiri lagi, kemajuan di segala bidang seperti perindustrian, pertanian dan lain lain menyebabkan munculnya berbagai macam masalah pencemaran seperti pencemaran udara, air, dan tanah. Masalah tersebut mempengaruhi kualitas lingkungan di sekitar kita, bisa kah lingkungan tetap terjaga walau banyaknya pabrik-pabrik, banyak nya pengguna kendaraan dan kemajuan di bidang lain ? Disinilah tugas kita, bagaimana cara kita mengurangi dan menanggulangi berbagai macam pencemaran agar lingkungan tetap asri.

    BalasHapus
  12. @D13-Mega
    Pemcemaran atau polusi merupakan suatu kondisi yang telah berubah dari bentuk asal pada keadaan yang lebih buruk. Kondisi lingkungan sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan dan kesehatan populasi manusia, hal ini sangat jelas di mana pencemaran lingkungan menjadi persoalan diseluruh negara, karena pengaruhnya secara nyata dapat menurunkan kualitas kesehatan manusia. Sisi lain di negara-negara miskin sekitar 80% perairan tercemar dan dipengaruh dan di pergunakan untuk irigasi, biasanya kawasan industri berpusat diperkotaan dan pedesaan yang mengalami "metamorfosa" menjadi perkotaan, yang di padai oleh penduduk yang sebagian besar berpenghasilan rendah.

    BalasHapus
  13. D03-Almira
    Pengertian Pencemaran Lingkungan Pencemaran adalah peristiwa penyebaran bahan kimia dengan kadar tertentu yang dapat
    merubah keadaan keseimbangan pada daur materi dalam lingkungan (keseimbangan lingkungan) baik keadaan struktur maupun fungsinya sehingga dapat mengganggu kesejahteraan/kelangsungan hidup manusia. Pencemaran lingkungan meliputi pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran tanah (daratan).

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. @D18-Rifqi
    Kimia lingkungan adalah studi ilmiah terhadap fenomena kimia dan biokimia yang terjadi di alam. Bidang ilmu ini dapat didefinisikan sebagai studi terhadap sumber, reaksi, transpor, efek, dan nasib zat kimia di lingkungan udara, tanah, dan air; serta efek aktivitas manusia terhadapnya. Kimia lingkungan adalah ilmu antardisiplin yang memasukkan ilmu kimia atmosfer, akuatik, dan tanah, dan juga sangat bergantung dengan kimia analitik, ilmu lingkungan, dan bidang-bidang ilmu lainnya.
    Kimia lingkungan pertama kali mempelajari bagaimana cara kerja lingkungan yang tak terkontaminasi, zat kimia apa dan berapa konsentrasi yang ada secara alami, dan apa efeknya. Tanpa hal ini, mustahil untuk mempelajari secara akurat efek manusia terhadap lingkungan dengan pelepasan zat kimia.
    Pencemaran hidrokarbon
    Dampak Pencemaran oleh Hidrokarbon
    Pembakaran hidrokarbon menghasilkan panas. Panas yang tinggi menimbulkan peristiwa
    pemecahan (Cracking) menghasilkan rantai hidrokarbon pendek atau partikel karbon. Gas
    hidrokarbon dapat bercampur dengan gas buangan lainnya. Cairan hidrokarbon membentuk kabut
    minyak (droplet). Padatan hidrokarbon akan membentuk asap pekat dan menggumpal menjadi
    debu/partikel. Hidrokarbon bereaksi dengan NO2 dan O2 mengahsilkan PAN (Peroxy Acetyl
    Nitrates). Campuran PAN dengan gas CO dan O3 disebut kabut foto kimia (Photo Chemistry
    Smog) yang dapat merusak tanaman. Daun menjadi pucat karena selnya mati. Jika hidrokarbon
    bercampur bahan lain toksitasnya akan meningkat.

    BalasHapus
  16. @D24-Alvian
    Kimia lingkungan berfokus pada peningkatan pemahaman dan penelitian mengenai berbagai sifat dan proses kimia, sehingga kegiatan manusia yang berkaitan dengan lingkungan dapat dievaluasi secara akurat. Lingkungan harus selalu dievaluasi secara akurat, agar dampaknya tidak selalu negatif untuk kita. Kimia lingkungan juga memiliki definisi yang lain yaitu cabang ilmu kimia yang berhubungan dengan produksi, transportasi, reaksi, efek, dan zat kikia tertentu yang terpapar dalam air, udara, darat, dan lingkungan biologis, serta bagaimana efeknya terhadap kehidupan manusia.

    BalasHapus
  17. @D25-Bendy
    Kimia lingkungan adalah ilmu tentang sumber, reaksi, aliran, dan efek dari bahan-bahan kimia dalam air, tanah, udara, dan lingkungan hidup. Definisi ini diilustrasikan untuk polutan atau bahan kimia tertentu. Misalnya polutan sulfur dioksida yang dihasilkan dari pembakaran belerang yang ada pada batu bara, hasil pembakaran dibuang ke atmosfer melalui cerobong asap, kemudian dioksidasi dengan proses kimia dan fotokimia menjadi asam belerang. Asam belerang tersebut kemudian jatuh sebagai hujan asam yang memiliki efek merusak untuk pohon dan tanaman lainnya. Asam belerang tersebut kemudian terbawa oleh aliran air sampai ke danau atau laut lalu tersimpan didalamnya.

    Dalam sebuah sistem lingkungan, terdapat variasi temperatur, intensitas dari radiasi solar, pemasukan material, dan berbagai macam faktor yang mempengaruhi kondisi bahan kimia dan sifatnya. Karena kerumitannya, kimia lingkungan harus didekati dengan model sederhana.

    BalasHapus
  18. @D10-Khalil Pencemaran lingkungan manusia merupakan efek dari perubahan yang tidak diinginkan dalam lingkungan, yang secara langsung berpengaruh buruk terhadap kondisi tumbuhan, hewan dan manusia. Pencemaran adalah peristiwa penyebaran bahan kimia dengan kadar tertentu yang dapat merubah keadaan keseimbangan pada daur materi dalam lingkungan.Pencemaran lingkungan yang utama meliputi pencemaran udara , air dan tanah

    BalasHapus
  19. @D09-Huda
    Pencemaran udara sangat membahayakan kehidupan manusia, urgensinya ialah berkaitan dengan sistem pernafasan dan kualitas kesehatan manusia secara keseluruhan yang sangat membutuhkan oksigen.

    BalasHapus
  20. @D23-Abi
    pencemaran lingkungan sudah mencapai skala yang sangat besar, upaya masyarakat dalam mencegah hanya dilakukan oleh orang-orang yang sadar akan bahaya yang sudah dekat dikehidupan mereka. Upaya besar pemerintah sangatlah dibutuhkan, guna dalam penghematan SDA dengan pencarian alternatif dalam eksplorasi bahan alam apalagi yang tidak merusak alam serta menimbulkan efek jangka panjang dikemudian hari. Karena bumi, air dan udara merupakan media vital dalam kehidupan manusia, jika itu disalahgunakan maka timbul juga masalah yang menimpa pelakunya. Sebagai masyarakat dunia sebaiknya kita lakukan hal-hal yang menguntungan bukan untuk kita saja tetapi juga lingkungan sekitar.

    BalasHapus
  21. @D30-Rafli
    Pencemaran tidak bisa kita hindari lagi di manapun kita berada, tetapi kita sebagai mahasiswa seharusnya membuat ide solusi yang dapat mengurangi pencemaran tersebut.

    BalasHapus
  22. @D30-Rafli
    Pencemaran tidak bisa kita hindari lagi di manapun kita berada, tetapi kita sebagai mahasiswa seharusnya membuat ide solusi yang dapat mengurangi pencemaran tersebut.

    BalasHapus
  23. @D26-Niko
    Permukaan planet bumi meliputi dua pertidaksamaan bagian ditutup oleh perairan dan sepertiga oleh daratan. Kualitas dan kuantitas sumberdaya perairan terus mengalami degradasi, makin banyak penduduk yang tidak memiliki akses terhadap air yang sehat. Berdasarkan catatan World Wild Fund (WWF), bahwa pencemaran oleh bahan kimia beracun telah mengancam kehidupan di planet bum, baik dilautan maupun daratan, mulai dari daerah tropis sampai kutub semuanya sudah terkontaminasi. Sumberdaya perairan di planet bumi meliputi air permukaan yang meliputi lautan, danau, sungai dan sebagainya. Volume air secara keseluruhan dipermukaan planet bumi diperkirakan mencapai1, 4 triliun kilometer kubik (330 juta mil). Pencemaran air merupakan pencemaran serius yang sedang dihadapi setiap negara terutama Indonesia semua itu akibat aktivitas masyarakat yang tidak peduli.

    BalasHapus
  24. @D15-Lutfi
    residu kimia seperti logam beret dapat terakumulasi dan mempengaruhi metabolisme tanam. ancaman terbesar untuk pertanian muncul dari adanya karbondioksida yang terakumulasi di atmosfoir, bersama sama gas rumah kaca lain menyebabkan pemanasan global dan perubahan kimia.

    BalasHapus
  25. @D08-Arief
    Kimia lingkungan mempelajari tentang lingkungan hidup yang berkaitan dengan reaksi kimia serta penerapan pengetahuan kimia untuk melindungi dan memperbaiki lingkungan hidup…..
    Pencemaran lingkungan sebagian besar disebabkan oleh zat-zat kimia,sehingga kita harus memahami sifat zar-zat kimia dan reaksi-reaksinya yang dapat menimbulkan masalah pencemaran lingkungan tersebut.Dengan memahami kimia lingkungan,kita dapat menjaga kelestarian lingkungan dengan menghindari dampak negative dari bebereapa zat kimia..

    BalasHapus
  26. oleh : Sheva Salsabilah
    @D27-SHEVA

    Kualitas dan kuantitas sumberdaya perairan terus mengalami degradasi, makin banyak penduduk yang tidak memiliki akses terhadap air yang sehat. pencemaran air terjadi dimana-mana, baik dilautan, sungai, danau, bahkan air tanah. pencemaran air merupakan persoalan serius. karena, air itu sendiri adalah hal yang paling utama bagi kehidupan manusia.

    BalasHapus
  27. @D20-Novia
    Para ahli kimia lingkungan berupaya memonitor kondisi udara, perairan dan tanah, antara lain untuk mempelajari bagaimana bahan kimia tertentu mengkontaminasi lingkungan baik secara kontak atau sistemik, secara umum dikaji juga juga bagaimana aktivitas manusia mempengaruhi lingkungan

    BalasHapus
  28. @D17-Nabila
    Pencemaran adalah peristiwa penyebaran bahan kimia dengan kadar tertentu yang dapat
    merubah keadaan keseimbangan pada daur materi dalam lingkungan (keseimbangan lingkungan) baik keadaan struktur maupun fungsinya sehingga dapat mengganggu kesejahteraan/kelangsungan hidup manusia. Pencemaran lingkungan meliputi pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran tanah (daratan).
    Lingkungan dapat tercemar karena:
    Kecepatan hilangnya senyawa tertentu dari lingkungan lebih besar daripada kecepatan masuknya senyawa pengganti.
    Rusaknya atau putusnya alur siklus biokimia.
    Kecepatan masuknya senyawa ke dalam lingkungan lebih besar daripada kecepatan
    pengambilannya.
    Masuknya senyawa yang tidak terdegredasi ke dalam lingkungan.

    BalasHapus
  29. @D16-Fauzi
    Pencemaran udara dampaknya sangat berbahaya bagi kesehatan manusia maupun makhluk hidup lain, terutama pada sistem pernafasan. Terjadinya polusi udara ini tidak lain dan tidak bukan merupakan dampak dari ulah manusia sendiri. Misalnya aktivitas merokok di kalangan manusia juga menyumbang dampak yang cukup siginifikan terhadap tingkat polusi udara dan juga asap- asap kendaraan bermotor pun demikian. Asap- asap yang menyebabkan pencemaran udara ini akan semakin banyak kita temui ketika zaman yang kita tempati ini semakin modern dan semakin banyak aktivitas- aktivitas industri manusia. Beberapa solusi mengurangi polusi antara lain sebagai berikut:
    -Mengurangi jumlah kendaraan pribadi dan membiasakan diri menggunakan transportasi umum atau mulai hidup sehat dengan menggunakan sepeda.
    -Mengganti bahan bakar kendaraan menjadi bahan bakar yang ramah lingkungan, seperti biogas.
    -Menjaga kelestarian hutan. Dengan kata lain juga ikut melakukan tanam seribu pohon atau penghijauan dan menghindarkan diri dari orang- orang yang berniat jahat terhadap hutan.
    -Mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan.
    -Ikut serta menjaga kebersihan lingkungan yang ada di sekitar kita dan tidak membiarkan sampah berserakan.
    -Melakukan penyuluhan terhadap masyarakat mengenai pentingnya udara yang bersih dan juga bebas dari polusi.

    BalasHapus
  30. @D07-aldy
    Permukaan planet bumi meliputi Dua pertiga bagian ditutupi oleh perairan dan sepertiga oleh daratan. Jumlah penduduk planet bumi terus meningkat saat ini sudah melampaui 7 miliar jiwa, Hal itu membuat kebutuhan terhadap sumber daya alam termasuk air terus meningkat. Di sisi lain kebutuhan ruang yang terus meningkat justru mengancam keberadaan sumberdaya air.
    Pencemaran merupakan persoalan serius yang dihadapi oleh penduduk planet bumi.
    Beragam Pencemaran Air
    Sumber daya perairan di planet bumi meliputi air permukaan yang meliputi lautan, Danau, sungai, dan sebagainya. Pencemaran air tidak hanya terjadi pada air permukaan tetapi juga pada air tanah. Penggunaan herbisida yang berlebihan untuk mengendalikan gulma secara langsung menyebabkankontaminasi terhadap air tanah. Penanganan pencemaran air gambaran yang polusinya berasal dari suatu sumber dengan yang berasal dari beberapa sumber tentu berbeda. Tumpahan minyak dari kapal tanker misalnya, pilutan kentonsentrasi di sekitar sumber.
    Pencemaran air terjadi setiap saat ada yang kasat mata karena perubahan warna air sesuai dengan polutan dominan yang masuk ada yang teridentifikasi oleh indra penciuman karena bau yang menyengat namun ada pula yang tidak tampak dan tidak berbau.
    aktivitas manusia berpotensi untuk menimbulkan pencemaran air sehingga berdampak terhadap penurunan kualitas air.

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. @D04-Rizky
    Wow animasi videonya bagus, semoga banyak yang tersindir.
    Kimia lingkungan sangat berkaitan dengan aktivitas manusia. Tugas kimia lingkungan adalah meningkatkan pemahaman manusia untuk lebih peduli terhadap lingkungannya. Karena saat ini lingkungan sudah tidak sehat karena banyak sekali pencemaran yang terjadi baik dalam bentuk padat, cair, dan gas. Kondisi lingkungan sangat berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan dan kesehatan populasi manusia. Pencemaran dapat dibagi menjadi pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran tanah; juga terdapat jenis pencemaran pertanian, pencemaran industri, pencemaran transportasi, pencemaran sektor domestik dan komersil, pencemaran radioaktif, pencemaran kimia, pencemaran cahaya, pencemaran suara dan pencemaran visual.

    BalasHapus
  33. @D11-Fateh
    Kimia lingkungan adalah studi untuk menyadarkan kita akan bahayanya pencemaran lingkungan. Kebanyakan dari kita masih tidak peduli dengan pencemaran lingkungan. Maka dari itu kita sebagai generasi muda harus berinovasi untuk bisa menanggulangi pencemaran lingkungan tersebut

    BalasHapus
  34. @E10-Farhan
    kimia lingkungan merupakan studi mengenai sumber,reaksi, pengaruh dan akhir zat kimia dalam tanah,air,udara juga di Kimia lingkungan studi air, gejala kimia di lingkung dan akhir zat dalam tanah, studi tentang bahwa kimia ialah lingkungan adalah cabang bahwa kimia an kita. dengan uksi, trans reaksi, efek, dan ilmu kimia yang berhubungan "nasib" zat kimia tertentu yang terpapar dalam air, udara, darat, dan lingkun- gan biologis, serta Pada tahun muncul peraturan dan perundang-undangan yang diterapkan untuk mengendalikan polusi udara dan air, serta angan untuk me bersihkan limbah berbahaya. Munculnya ketentuan untuk mengelolah terlebih dahulu sebelum lingkungan, telah berhasil mengurangi pencemaran lingkungan.

    BalasHapus
  35. @E12-Guntur,
    Menurut Manahan,2009. Kimia lingkungan adalah cabang ilmu kimia yang berhubungan dengan produksi, transportasi, reaksi, efek dan "nasib" zat kimia tertentu yang terpapar dalam air, udara, darat dan lingkungan biologis, serta bagaimana efeknya terhadap kehidupan manusia. Dampak dari kimia lingkungan dapat dirasakan pada skala lokal. Oleh karena itu pada tahun 1970-an muncul peraturan perundang-undangan guna mengendalikan polusi udara dan air, serta limbah yang dihasilkannya. Pendekatan secara regulasi telah diketahui dapat mengurangi tingkat pencemaran lingkungan dan melakukan pengolahan daur ulang hingga tidak membuang limbah sama sekali demi berlangsungnya kehidupan.

    BalasHapus
  36. @E03-Rayhan
    Kimia lingkungan adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang interaksi yang melibatkan zat dan reaksi kimia di alam, serta polusi di alam.

    BalasHapus
  37. @E15-Anastasia

    Pencemaran lingkungan merupakan efek dari perubahan yang tidak diinginkan dalam lingkungan,yang secara langsung berpengaruh terhadap kondisi tumbuhan,hewan, dan manusia.
    Jenis dan penyebab pencemaran lingkungan yaitu:
    1.Pencemaran udara
    2.Pencemaran air
    3.Pencemaran tanah
    4.Pencemaran suara
    5.Pencemaran radioaktif
    6.Pencemaran termal
    7.Pencemaran cahaya

    Dampak dari pencemaran lingkungan yaitu:
    1.Degradasi kualitas lingkungan
    2.Kesehatan manusia menurun
    3.Pemanasan global
    4.Penipisan lapisan ozon
    5.Kesuburan tanah berkurang

    BalasHapus
  38. @E11-Yan
    Kimia lingkungan merupakan studi mengenai sumber, reaksi, pengaruh dan akhir zat kimia dalam tanah, air dan udara disekitar kita. Dapat juga dikatakan bahwa kimia lingkungan ialah studi tentang gejala kimia dilingkungan kita. Definisi lainnya menyebutkan bahwa kimia lingkungan adalah cabang ilmu kimia yang berhubungan dengan produksi, transportasi, reaksi, efek dan "nasib" zat kimia tertentu yang terkapar dalam udara, air, darat dan lingkungan biologis serta bagaimana efeknya terhadap kehidupan manusia. Lingkup kimia lingkungan cukup luas dan interdisipliner, beririsan dengan keilmuan biologi, geologi, ekologi, sedimentologi, mineralogi, genetika, ilmu tanah, kimia air, hidrodrologi, toksikologi, matematika, dan rekayasa. Bidang kimia lingkungan berkembang sangat pesat, terutama karena adanya sinergi antara perguruan tinggi dan lembaga penelitian, dunia dan pemerintah berbagai negara.

    BalasHapus
  39. @E19-Lestari

    Kimia lingkungan merupakan bidang ilmu yang mempelajari proses kimia dalam lingkungan yang dipengaruhi oleh aktifitas manusia.
    Kimia lingkungan juga merupakan studi mengenai sumber, reaksi, pengaruh, dan akhir zat kimia dalam tanah, air, dan udara di sekitar kita. Pendekatan secara regulasi telah diketahui dapat mengurangi tingkat pencemaran lingkungan.
    Pencemaran lingkungan meruokaan efek dari perubahan yang tidak diinginkan dalam lingkungan, yang secara langsung berpengaruh buruk terhadap kondisi tumbuban , hewan dan manusia. Sebagai contoh dari pencemaran lingkungan yang sering kita temui adalah efek rumah kaca.

    BalasHapus
  40. @E01-Faldy


    kimia lingkungan merupakan bidang ilmu yang mempelajari proses kimia dalam lingkungan yang disebabkan oleh aktivitas manusia. sebagai contoh pencemaran lingkungan yaitu banyaknya sampah digunung yang disebabkan oleh pendaki, sampah-sampah digunung didominasi dengan bahan plastik. hal ini menyebabkan rusaknya ekosistem dalam tanah karena plastik sulit untuk diurai oleh tanah dan dapat mempengaruhi pertumbuhan pohon disana.

    BalasHapus
  41. @E16-Tania

    Kimia lingkungan merupakan bidang ilmu yang mempelajari proses kimia dalam lingkungan yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia. Fokus kimia lingkungan ialah meningkatkan pemahaman dan penelitian mengenai berbagai sifat dan proses kimia, sehingga kegiatan manusia yang berkaitan dengan lingkungan dapat dievaluasi secara akurat (utoronto, 2015). Lingkup kimia lingkungan cukup luas dan interdisipliner, berisirisan dengan keilmuan biologi, geologi, ekologi, sedimentologi, mimeralogi, genetika, ilmu tanah, kimia air, hidrologi, toksikologi, matematika, dan rekayasa. Kajian kimia lingkungan cukup beragam, sebagai contoh yang dilakukan di Universitas Toronto, mulai dari studi tentang atmosfer, kimia, air, fotokimia, kimia dan transportasi.

    BalasHapus
  42. @E04-Chrispendi

    Pencemaran lingkungan merupakan efek dari perubahan yang tidak diinginkan dalam lingkungan, yang secara langsung berpengaruh buruk terhadap kondisi tumbuhan, hewan dan manusia. yang menyebabkan pencemaran lingkungan dikenal sebagai polutan, dapat berbentuk padat, cair dan gas.

    BalasHapus
  43. @E04-Chrispendi

    Pencemaran lingkungan merupakan efek dari perubahan yang tidak diinginkan dalam lingkungan, yang secara langsung berpengaruh buruk terhadap kondisi tumbuhan, hewan dan manusia. yang menyebabkan pencemaran lingkungan dikenal sebagai polutan, dapat berbentuk padat, cair dan gas.

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. @D21-Nisa

    Peranan ilmu kimia lingkungan diantaranya adalah:
    Mempelajari sifat dan fungsi bahan kimia dalam lingkungan hidup dan Mempelajari dan menelaah bahan kimia terhadap suatu komponen lain dan terhadap lingkungan hidup secara menyluruh, terutama jika bahan kimia itu tersebar dan berkontaminasi dengan lingkungan, sehingga keseimbangan terganggu.

    BalasHapus
  46. @E22-Reno
    Lingkup kimia lingkungan cukup luas dan interdisipliner,berisirisan dengan keilmuan biologi, geologi, ekologi, sedimentologi, mineralogi, ilmu tanah, kimia air, matematika dan rekayasa.

    BalasHapus
  47. @D22-Maytasya
    Kimia lingkungan meliputi pemahaman pertama bagaimana kerja lingkungan yang tidak tercemar, di mana zat-zat kimia apakah dalam konsentrasi yang ada secara alami, dan dengan pengaruh apa. Tanpa ini kimia lingkungan akan tidak mungkin untuk dipelajari dengan tepat karena pengaruh manusia telah berlangsung pada lingkungan melalui pelepasan zat-zat kimia.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.