.

Sabtu, 25 Agustus 2018

Realisasi Industri Hijau








 Realisasi Industri Hijau

 







                                   

                                                  
Abstrak
Industrialisasi merupakan langkah yang tepat untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Dampak eksternal sektor industri dan insentif ekonomi lebih besar dibandingkan dengan sektor pertanian. Selain itu tingkat produktivitas dan efisiensi sektor industri lebih tinggi dan menyerap tenaga lebih banyak.

Pembahasan  
Industri Hijau dapat didefinisikan sebagai industri kawasan lingkungan yang menyelaraskan pertumbuhan dengan kelestarian lingkungan hidup, mengutamakan efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya alam serta bermasyarakat(Permenperin,2011). 
Industri Hijau merupakan industri yang berkomitmen untuk ramah lingkungan dengan berfokus pada pengembangan dan perbaikan secara terus-menerus, dan praktek bisnis yang betanggung jawab terhadap masyarakat baik di dalam maupun di luar organisasi, serta memperhatikan rantai pasok untuk pembangunan berkelanjutan. Industri Hijau didasarkan pada dua prinsip yaitu perbaikan terus-menerus dan pembangunan berkelanjutan (Simachokedee dalam GIM,2013).
Pada tanggal 9-11 September 2009, telah disepakati Deklarasi Manila oleh para menteri yang mewakili Pemerintah Negaar-negara di Asia pada tahun 2009 di Manila Filipina sepakat mendeklarasikan kriteria dan langkah-langkah mengurangi eksplorasi sumberdaya dan emisi karbon melalui :

1.      Produksi bersih (Cleaner Production)
2.      Inovasi Hijau (Green Innovation)
3.      Daur ulang dan Pengelolaan limbah (Recycling and waste management)

Ada beberapa strategi negara-negara berkembang untuk mewujudkan industri hijau diantaranya adalah sebagai berikut :

1.      Efisiensi pemanfaatan sumberdaya
2.      Mengurangi dampak lingkungan industri
3.      Pemenuhan standar nasional yang ditetapkan oleh standar internasional (UNINDO, 2009)
     
      Kesimpulan
      Industri berpengaruh besar terhadap permasalahan lingkungan, contohnya masalah pencemaran lingkungan yang dihasilkan oleh limbah industri. Solusi dari masalah ini adalah dengan cara mengembangkan Industri Hijau (Green Industry) Industri hijau dalam proses produksinya menerapkan efisiensi dan efektifitas hal ini meliputi sumber daya alam. Industri hijau berkomitmen untuk ramah lingkungan dalam hal ini  pengelolaan limbah sangat mendukung untuk mengurangi beragam dampak lingkungan dalam proses produksi. Dengan adanya industri hijau maka dapat membantu mengembangkan  perusahaan-perusahaan yang bergerak  di bidang daur ulang limbah, contohnya pengolahan air limbah, peralatan pengolahan limbah, jasa konsultan limbah dan sebagainya. Nanoteknologi dan bioteknologi sangat berperan dalam realisasi konsep industri hijau. Pada tanggal 21 Mei 2014 diselenggarakan SEMINAR NASIONAL oleh Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri (BBTPPI) dengan tema “Litbangyasa  Untuk Mendukung Realisasi Industri Hijau” seminar ini memberikan kesempatan  bagi para peneliti, perekayasa, praktisi industri, dan ilmuwan untuk mempresentasikan hasil penelitian dan pengembangan yang berkaitan dengan penerapan industri hijau menunjang Pencapaian Program Pemerintah MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011-2025).
      Daftar Pustaka
      -  Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil. 2017. Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Patona Media : Jakarta
-       Mulya, Rudini. 2018. Apa Itu Industri. https://id.scribd.com/document/105397640/Apa-Itu-Industri-Hijau-Rudini-Mulya (diunduh pada tanggal 25 Agustus 2018)
-       Replubika. 2016. Indonesia Masih Butuh Inovasi Industri Hijau. http://republika.co.id/berita/ekonomi/makro/16/08/26/ociaas383-indonesia-masih-butuh-inovasi-industri-hijau (diunduh pada tanggal 25 Agustus 2018)
-   Setyawati, Ekaterina. 2014. Industri Hijau Dalam Pengelolaan Industri. http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=521488 (diunduh pada tanggal 25 Agustus 2018).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.